Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengguna Poco M3 Pro 5G, berikut beberapa tips untuk Memperpanjang Daya Tahan Baterai HP

POCO M3 Pro 5G. (POCO Indonesia)

Kelasmekanik.com – POCO Indonesia berbagi tips memperpanjang usia baterai HP. Khusus untuk HP POCO M3 Pro 5G, perangkat lain sudah resmi dijual di Indonesia.

Seperti diketahui, POCO M3 Pro 5G menawarkan performa tinggi berkat chipset MediaTek Dimension 700 5G. Ia juga memiliki baterai HP dengan kapasitas 5.000 mAh.

Pengenalan chipset MediaTek Dimension 700 5G ini membuat baterai lebih hemat atau lebih mahal.

Meski bisa memakan waktu lama, ada tips dari POCO Indonesia yang bisa kamu lakukan untuk memperpanjang umur baterai agar bisa menemanimu seharian.

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda memperpanjang masa pakai baterai POCO M3 Pro 5G:

1. Batubara tidak digunakan

Fitur yang tidak terpakai namun masih aktif juga mempengaruhi penggunaan baterai smartphone POCO M3 Pro 5G. Mereka akan terus menyerap baterai. Oleh karena itu, saat tidak digunakan ada baiknya untuk mematikan fitur-fitur tersebut agar kekuatan smartphone bisa digunakan lebih banyak lagi.

Ada apa? Misalnya fitur komunikasi seperti Wi-Fi, Bluetooth, dan GPS atau lokasi. Jika Anda merasa tidak terlalu membutuhkannya, matikan saja. Cara termudah untuk mematikan semua komponen yang menghabiskan baterai ini adalah dengan menginstal Mode Pesawat.

Apalagi saat Anda berada di area tanpa layanan seluler, baterai akan cepat habis karena terus aktif mencari koneksi yang tersedia.

Dengan demikian, Flight Mode adalah perangkat hemat baterai yang efektif. Dan jangan lupa, jaringan seluler sering menggunakan lebih banyak baterai daripada Wi-Fi.

Selain komponen koneksi, mode getar juga disebut-sebut sebagai fitur yang banyak menyerap baterai. Pasalnya, saat getaran diaktifkan, perangkat akan secara aktif mencoba memutar perangkat penggerak untuk menghasilkan getaran. Hal inilah yang akan menyebabkan baterai lebih cepat habis.

POCO M3 Pro 5G.  (POCO Indonesia)
POCO M3 Pro 5G. (POCO Indonesia)

2. Tutup aplikasi setelah digunakan

Untuk saran ini, semua pengguna smartphone harus tahu. Membiarkan aplikasi terbuka di latar belakang akan menguras baterai ponsel cerdas dengan cepat. Bahkan smartphone terkadang suka melambat. Untuk melakukan ini, Anda tidak memerlukan aplikasi khusus.

Otoritas Android menunjukkan jika perangkat ‘aplikasi pembunuh’ khusus meningkatkan penggunaan baterai. Lagi pula, seberapa sulitkah mematikan aplikasi langsung dengan jari kita?

3. Gunakan Internet dengan bijak

Seperti disebutkan di atas, layanan seluler mengkonsumsi lebih banyak baterai daripada Wi-Fi. Oleh karena itu, saat berinteraksi dengan dunia maya, jika memungkinkan, gunakan koneksi data dari Wi-Fi. Apalagi menggunakan Wi-Fi dapat menghemat data seluler kita.

4. Atur layar

Kecerahan layar yang tinggi juga mampu menyerap banyak baterai. Bahkan layar adalah musuh besar baterai.

Jadi, turunkan kecerahan layar Anda sebanyak mungkin dari pengaturan smartphone. Atau Anda bisa menggunakan perangkat Adaptive Brightness yang memungkinkan cahaya layar menyesuaikan dengan kondisi dan kondisi pencahayaan di sekitarnya.

Juga, segera atur kunci layar. Yang terbaik adalah mengatur kunci layar selama 15 detik saat smartphone tidak digunakan.

5. Blokir lokasi dan data

Hampir semua aplikasi memerlukan informasi lokasi perangkat atau layanan lokasi. Ini juga salah satu fitur baterai. Oleh karena itu, sedapat mungkin matikan Layanan Lokasi dengan Pengaturan di perangkat POCO M3 Pro 5G.

Anda juga dapat mematikan opsi Lokasi dan Pencarian Google karena semua fitur ini membutuhkan penggunaan baterai yang signifikan.

6. Gunakan mode penyimpanan baterai

Mode hemat baterai dapat digambarkan sebagai ‘pahlawan’ untuk perangkat smartphone. Hampir semua pembuat smartphone memiliki fitur ini untuk dapat menghemat daya baterai lebih lama dari yang diharapkan.

Fitur hemat baterai mematikan fungsi latar belakang, mengelola fungsi dengan benar, mengontrol pengaturan smartphone itu sendiri, dan yang paling penting, mematikan fitur yang menghabiskan baterai dengan sendirinya.

Berikut enam tips memperpanjang masa pakai baterai HP di POCO M3 Pro 5G.



Sumber Artikel: https://www.hitekno.com/gadget/2022/02/15/162056/pengguna-poco-m3-pro-5g-ini-tips-memperpanjang-umur-baterai-hp


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news