Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Masalah yang Mungkin Terjadi di Jalan Tol Saat Libur Nataru

Kelasmekanik.com, Jakarta – Saat ini masyarakat Indonesia telah memasuki libur Natal dan Tahun Baru 2023 atau Nataru. Mereka kerap memilih menggunakan waktu tersebut untuk berlibur, baik di dalam kota maupun di luar kota.

Bagi yang memilih berkendara jarak jauh, maka ada baiknya mengetahui beberapa masalah yang bisa terjadi di jalan raya. Dengan cara ini, Anda dapat menyingkirkan hal-hal yang tidak diinginkan sambil menikmati liburan alami Anda.

“Jangan lengah saat berkendara di jalan tol mengingat potensi kecelakaan saat liburan tahun baru,” kata Kepala Bagian Purna Jual Auto2000 Nur Emansia Tara dalam keterangan resmi.

Bersiaplah untuk kesempatan ini tempo.co Ini merangkum 5 masalah yang harus dihindari dalam metode pembayaran. Berikut review yang dilansir Auto2000 pada hari ini, Rabu 28 Desember 2022.

  1. Jalan yang tidak rata

Masalah pertama yang sering dihadapi pengendara adalah jalan yang tidak mulus. Dampak buruk dari jalan bergelombang ini bisa sangat berbahaya bagi pengguna jalan tol. Tips mengatasi hal ini adalah jangan mengerem mendadak.

Selain itu, pengemudi tidak disarankan untuk berpindah jalur tanpa memberi sinyal. Jika ingin menghindari jalan berlubang, Anda harus melihat kondisi sekitar sebelum berpindah jalur.

  1. Dia sedang tidur

Bukan masalah baru bagi pengemudi mobil untuk mengalami kantuk berat saat berkendara jarak jauh. Apalagi sebagian besar jalan tol di Trans Jawa relatif lurus sehingga membuat pengendara bosan.

  1. Aquaplaning

Aquaplaning merupakan masalah serius bagi pengemudi saat berkendara di jalan basah. Ban mobil kehilangan traksi karena tidak bisa menyentuh permukaan jalan. Hal ini dapat menyebabkan mobil selip. Salah satu tips untuk menghindari masalah aquaplaning adalah dengan mengurangi kecepatan.

  1. Ledakan ban

Sebelum menikmati festival Nataru, setiap pemilik kendaraan wajib melakukan pengecekan ban mobilnya. Jika tidak, ban mobil bisa membahayakan pengemudi. Ban kempes atau ban kurang angin dikatakan memiliki potensi pecah yang lebih tinggi. Sementara ban yang banyak membuat pengendalian kendaraan menjadi sulit.

  1. Pengguna jalan lainnya

Pengemudi diimbau untuk memperhatikan pengguna jalan lain saat berkendara di jalan tol. Karena kecelakaan bisa datang dari kesalahan orang lain. Oleh karena itu, pengemudi diimbau untuk tidak menghalangi jalan orang lain dan menjaga jarak aman

Baca juga:

Ingin mendiskusikan artikel di atas dengan editor? Mari bergabung dengan grup Telegram Pergi ke


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news