Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab mobil goyang dan cara mengatasinya

Kelasmekanik.com – Pernahkah Anda mengendarai mobil dan tiba-tiba mobil menjadi tidak stabil selama perjalanan? Tidak stabil atau goyah Apa yang terjadi saat mengemudi sangat berbahaya, terutama bagi pengemudi pemula. Jika hal ini terjadi pada mobil Anda, penyebab mobil tidak stabil harus diketahui agar Anda dapat segera mengambil tindakan.

Pusing juga tergantung pada tingkat perilaku bodi mobil. Bus dan truk pasti bisa terasa pusing saat di jalan dibandingkan sedan yang lebih kecil dan ceper.

Namun bukan berarti mobil kecil aman dari kekurangan yang berbahaya. Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan mobil tidak stabil atau terbalik saat berjalan kaki. Jadi apa sebenarnya yang membuat mobil bergetar? Inilah jawabannya.

Penyebab mobil goyang dan cara mengatasinya

Ledakan ban mobil

1. Penyerapan sup lemah

Penyebab mobil tidak stabil Yang pertama adalah ketel sup yang lemah. Shock absorber merupakan salah satu komponen pada mobil yang berfungsi untuk mengurangi pergerakan mobil saat melewati permukaan yang tidak rata. Jika peredam kejut lemah, akan sulit meredam getaran mobil dan menimbulkan getaran yang menyebabkan mobil bergetar.

2. Kurangnya tekanan ban

Minimnya tekanan angin pada ban tentunya akan mempengaruhi lambatnya pergerakan mobil dan traksi mobil saat berjalan. Hal ini pada akhirnya menyebabkan mobil goyah karena ban kesulitan menyeimbangkan. Pastikan ban dalam kondisi baik dan siap pakai. Isi bensin di garasi atau pom bensin agar tidak pusing saat di perjalanan.

3. Ada bentuk yang pecah di balok

Kemunduran atau perubahan pada sistem suspensi menjadi penyebab lain mengapa mobil oleng. Komponen cacat tertentu, seperti penstabil ban yang bengkok atau peredam kejut yang rusak, sebenarnya dapat menyebabkan perubahan pada sistem kemudi dan menyebabkan belokan. Servis dan perawatan rutin di bengkel resmi akan sangat membantu mencegah mobil dari kerusakan parah.

4. Kerusakan pada suspensi penghenti karet

Alasan lain Mobil yang tidak stabil Bushing ban yang rusak dapat menyebabkan perubahan pada sistem kemudi, seperti sudut camber dan caster. Ini sangat berbahaya, karena pergeseran yang terus terjadi saat mobil berjalan menyebabkan mobil menyentak tanpa sebab.

Baca juga: Penyebab Tabrakan Mobil dan Cara Mengatasinya

Cara mengatasi mobil labil

Selain empat hal yang bisa menyebabkan mobil terjungkir, Anda perlu mengetahui cara menanganinya agar tidak terjungkir dan terjungkal.

Inilah yang harus dilakukan jika mobil Anda tidak stabil saat Anda berjalan:

1. Periksa kondisi mesin

Jika mesin rusak, segera ganti bagian yang rusak dan cacat tersebut. Periksa bagian-bagian mesin seperti busi, filter udara, dan peredam kejut tanpa ada peredam kejut agar masalah cepat teratasi dan mobil dapat berjalan dengan baik kembali. Jangan lupa untuk selalu mengecek level bahan bakar agar tidak kehabisan selama perjalanan.

2. Pastikan ban dalam kondisi baik dan aman

Periksa ban dan as roda sebelum mobil siap dijalankan. Lakukan perbaikan dan perawatan secara berkala di bengkel resmi agar kerusakan mobil dapat terdeteksi jauh sebelum terlambat. Ini bisa sangat berbahaya jika mobil melaju dengan kecepatan tinggi.

Baca Juga : Penyebab Mobil Overpowered dan Cara Mengatasinya

3. Menjaga performa rem

Rem yang terlalu panas bisa berbahaya jika tidak ditangani. Jika hal ini terjadi, segera bawa mobil Anda ke bengkel resmi terdekat agar mobil tidak goyang. Hal utama yang menyebabkan rem panas adalah beban mobil yang sangat berat sehingga mengubah bentuk rotor.

4. Gunakan ban yang lebih besar

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa mobil dengan ban yang lebih besar dapat meningkatkan stabilitas kemudi, karena dengan menggunakan ban yang lebih besar, maka cengkeraman dan keseimbangan mobil akan meningkat ketika menyentuh permukaan lintasan yang dilaluinya.

5. Pelayanan dan penggantian kawasan hutan

Cara lain untuk mengatasi penyebab mobil tidak stabil adalah dengan mengunjungi bengkel terdekat untuk mengganti bushing secara berkala. Bushing sangat mudah ditemukan, bahkan di toko suku cadang mobil. Semak sekarang tersedia dalam bahan poliuretan, bahan sintetis yang tahan lama. Bushing yang rusak menyebabkan pusing di dalam mobil. Hindari jalan berlubang dan rusak, hindari kerusakan hutan. Karena salah satu fungsi dari bushing adalah untuk menopang perangkat suspensi lainnya agar mobil tidak terayun saat bergerak.

Ada beberapa. Penyebab mobil tidak stabil dan cara mengatasinya. Semoga tips ini dapat membantu mencegah mobil Anda terguling atau terguling secara tidak sengaja. Semoga bermanfaat, ya!


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news