Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara menggunakan USB OTG di semua Android

Cara menggunakan USB OTG – Saat ini, kebiasaan masyarakat semakin mengarah ke era mobile. Dimana orang sering bepergian namun tetap membawa gadget yang memenuhi segala kebutuhannya. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan widget Android yang memiliki banyak fitur.

Salah satu fitur yang sangat memudahkan sebagian orang adalah fitur USB OTG. Apa itu USB OTG? Juga dikenal sebagai OTG atau USB On The Go, ini adalah fitur yang memungkinkan Android terhubung ke perangkat portabel seperti keyboard, mouse, atau printer.

Masih banyak perangkat lain yang bisa dihubungkan ke Android menggunakan fitur USB OTG. Tidak semua orang mengerti cara menggunakan alat ini, jadi kami di sini untuk memandu Anda. Untuk detail lihat:

Baca juga: [100% Tes Work] Bagaimana Android USB tidak ditemukan di komputer/laptop.

Cara menggunakan USB OTG di semua Android

Pertama-tama Anda perlu memastikan bahwa perangkat Android Anda mendukung fitur USB OTG, dengan begitu Anda bisa mendapatkan detail lengkap dari ponsel Anda. Lihat di spesifikasi yang menjelaskan apakah Android Anda memiliki fitur “host USB”. Akan lebih mudah jika menggunakan aplikasi bernama USB OTG Checker yang ada di Playstore.

Cara menggunakan USB OTG di smartphone dan tablet Android

Selanjutnya anda perlu menyiapkan kabel USB OTG yang bisa anda beli di toko aksesoris handphone biasanya 15-30rb. Jika demikian, Anda siap untuk melanjutkan.

Baca Juga: Sandisk Rilis Ultra Dual Drive USB Type-C Flash Drive

Cara menggunakan USB OTG di smartphone dan tablet Android

  1. Sambungkan kabel USB OTG yang baru saja Anda beli ke ponsel.
  2. Kemudian buka File Manager/Browser. Jika belum, Anda bisa mendownload aplikasinya di Playstore.
  3. Temukan perangkat USB dalam daftar memori yang tersedia. Misalnya di ponsel Asus. Portabel / USB disk 1. Di hp xiaomi biasanya ada di folder OTG.
  4. Di sana Anda dapat memindahkan atau menyalin file langsung ke memori internal ponsel atau dari ponsel ke flash drive.
  5. Jika sudah selesai, sama seperti flashdisk di PC anda yang harus anda tolak. Cara masuk Pengaturan > Penyimpanan > Klik Lepas penyimpanan eksternal di bagian penyimpanan USB > Tunggu hingga proses selesai dan cabut USB.
  6. Selesai.

Setelah menghubungkan flash drive ke ponsel Anda, Anda dapat menggunakan OTG untuk menghubungkan pengontrol game (stik), printer, mouse, keyboard, dan kamera DSLR ke ponsel Android. Cara menyambungnya mirip dengan cara di atas.

Cara menggunakan USB OTG di smartphone dan tablet Android

Baca Juga: USB Killer 2.0, menginfeksi komputer dalam hitungan detik.