Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips merawat peredam kejut mobil saat musim hujan

Tips merawat peredam kejut mobil saat musim hujan

Reporter: Gooto.com

Editor: Rafif Rahadian

Minggu, 20 November 2022 14:00 WIB

Contoh peredam kejut mobil. (daihatsu)

Kelasmekanik.com, Jakarta – Perawatan peredam kejut sangat penting bagi pemilik mobil. Pasalnya, komponen tersebut berperan sangat penting dalam menopang kaki-kaki mobil dan membuat nyaman penumpangnya.

Saat musim hujan tiba, pembuat kepanikan akan menjadi salah satu bagian yang perlu diperhatikan. Pemilik mobil diminta untuk lebih menjaga komponen tersebut selama periode ini.

Dalam hal ini redaksi Gooto.com Dirangkum beberapa tips perawatan shock breaker mobil saat musim penghujan mendekat. Berikut review yang dilansir Auto2000 hari ini, Minggu 20 November 2022.

  1. Berkendara perlahan

Tips perawatan peredam kejut mobil yang pertama adalah berkendara dengan halus dan tenang, terutama saat berkendara di jalan bergelombang atau dengan kecepatan tinggi. Selain itu, hindari pengereman mendadak saat berakselerasi.

  1. Periksa kondisi peredam kejut

Kedua, pemilik mobil juga harus rutin mengecek kondisi shock absorber. Salah satu bagian yang diperiksa adalah pegas, hidrolik dan oli. Tidak hanya itu, karet pelindung undercarriage, stop, dan bagian karet lainnya harus diperiksa.

  1. Batasi beban mobil

Selain itu, pemilik kendaraan roda empat disarankan untuk menentukan kapasitas muatan mobilnya. Jika dibiarkan membawa gaya yang melebihi batas maksimal, shock absorber mobil bisa bocor hingga rusak.

  1. Lakukan sparring dan balancing secara teratur

Sporing harus dilakukan untuk mengatur sudut keselarasan roda mobil. Saat shock absorber bermasalah, sporing menjadi sulit. Sementara itu, balancing juga berfungsi untuk mengontrol roda agar tidak berputar. Disarankan juga agar menggoda dan menyeimbangkan bekerja lebih baik bersama agar tidak mengganggu.

  1. Rotasi ban

Tips terakhir adalah memutar roda depan dengan belakang. Hal ini dilakukan agar tingkat keausan semua ban mobil sama. Jika kondisi ban sudah besar, maka dapat membantu shock absorber bekerja dengan mudah dalam meredam guncangan.

Baca juga: 5 Merek yang Penjualan Mobilnya Meningkat di Oktober 2022

AUTO2000

Ingin mendiskusikan artikel di atas dengan editor? Mari bergabung dengan grup Telegram Pergi ke


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news