Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Saat musim hujan, lihat 5 penyebab wiper mobil mati


Contoh karet wiper mobil. TEMPO/Wawan Priyanto

Kelasmekanik.com, Jakarta – Wiper berperan penting dalam mengemudikan mobil saat musim hujan.

Oleh karena itu, penting untuk merawat wiper mobil, terutama saat mulai memasuki musim hujan. Berikut beberapa penyebab wiper mobil mati dari situs tersebut: Auto2000 Hari ini Selasa, 13 September 2022:

1. Roda wiper mobil yang dimuatHal pertama yang harus diperhatikan pemilik mobil adalah kondisi karet wiper. Saat aus atau lelah, sebaiknya diganti dengan ban pengganti. Selain menyebabkan gesekan air yang tidak merata pada permukaan kaca, kekuatan lentur ban juga berpotensi menimbulkan goresan pada kaca depan. Bila ini terjadi, biaya pemulihan menjadi sangat mahal.

2. Gerakan menyapu lambatAuto2000 Fenomena ini biasanya disebabkan oleh bagian kotor dari sistem penggerak wiper. Ini mempengaruhi arus listrik dan sering menyebabkan engkol wiper menutup. Cara mengatasinya adalah dengan membersihkan coil protector. Selain itu, penyebab wiper lambat adalah adanya karat pada elemen wiper. Cara mengatasinya adalah dengan membersihkan engkol dari karat dan menyemprot bagian tersebut dengan cairan anti karat. Jika keras, itu harus ditekuk atau diganti.

3. Wiper mobil tidak berfungsiTerkadang ada kasus dimana wiper tidak mau bergerak sama sekali. Opsi pertama adalah motor listrik yang sudah ketinggalan zaman. Jika ini terjadi, tidak ada pilihan lain selain menggantinya dengan yang baru. Kedua, sekringnya bermasalah. Ada dua masalah dengan sekering. Jika sekring putus, berarti ada arus yang berlebihan. Oleh karena itu, perhatikan koneksi antara rangkaian dan kabel yang terhubung ke sekering.

4. Dinamo wiper rusakSeperti dinamo pada umumnya, kerusakan pada dinamo penyapu juga merupakan masalah burnout koil. Biasanya disebabkan oleh arus pendek pada arus listrik mobil. Jika ini masalahnya, wiper kaca depan benar-benar rusak dan harus diganti.

5. Semprotan air kurang dari mesin cuciMasalah umum lainnya adalah air yang disemprotkan dari kepala mesin cuci berkerudung kuat, kecil, atau tidak akurat. Semua masalah disebabkan oleh lubang yang tersumbat di kepala mesin cuci. Cara membersihkannya, tinggal copot pipa dan langsung campur pasir kerikil dan kocok sampai kotoran yang menempel di dinding pipa hilang.