Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Merawat Jas Hujan Agar Awet, Wajib Diketahui Pengendara Motor

5 Tips Merawat Jas Hujan Agar Awet, Wajib Diketahui Pengendara Motor


Contoh pedagang jas hujan. ANTARA/Rivan Awal Lingga

Kelasmekanik.com, Jakarta – Saat memasuki musim hujan, jas hujan merupakan salah satu alat pelindung diri yang harus dimiliki setiap pengendara sepeda motor. Oleh karena itu, penting untuk merawat kulit hujan bagi pengendara sepeda motor.

Jika Anda tidak merawatnya dengan baik, kulit hujan dapat dengan cepat pecah, berjamur, dan mengeluarkan bau yang tidak sedap. Pengendara sepeda motor perlu memahami cara merawat jas hujan dengan benar.

Berikut 5 langkah merawat jas hujan yang diposting Moldin pada Selasa, 13 September 2022:

1. Bersihkan jas hujan sesampainya di tempat tujuanCara merawat kulit hujan yang pertama adalah dengan segera membersihkannya saat sudah sampai tujuan. Air hujan yang masih tersisa tidak hanya akan membuat kulit hujan menjadi kotor dan kusam. Air hujan bercampur kotoran juga bisa berbau.

2. Keringkan jas hujanSetelah dibersihkan, jas hujan dikeringkan dengan udara. Pengendara sepeda motor dapat diikat ke halangan. Jangan menjemur jas hujan di bawah sinar matahari karena akan merusak bahan. Karena musim hujan, kulit hujan sering digantung di tempat teduh.

3. Lipat dengan baik Setelah jas hujan benar-benar kering, lipat jas hujan mengikuti pola lipatan dan jahitannya. Jadi nanti pas pakai jas hujan lagi jadi nyaman. Kemudian masukkan ke dalam tas atau plastik agar lebih terlindungi. Jangan sekali-kali melipat jas hujan yang masih basah, karena akan membuat lengket dan sulit digunakan.

4. Jangan simpan di bawah jok motorKulit hujan tidak disarankan untuk ditempatkan di kursi sepeda motor. Pasalnya, bagasi di bawah jok sering terkena suhu mesin yang tinggi. Jika terus-menerus terkena panas, bahan kulit hujan mungkin tidak terlalu bagus untuk menahan air hujan.

5. Gunakan sabun untuk kotoran yang kerasJika ada kotoran yang sulit dihilangkan, Anda bisa dengan hati-hati menggosok kulit hujan dengan sabun cuci piring atau sabun. Caranya cukup campurkan sabun dengan sedikit air, lalu cuci dengan hati-hati dengan jari atau sikat gigi yang tidak terpakai.

Membaca: Empat Alasan Jas Hujan Ponco Tidak Direkomendasikan untuk Pengendara Sepeda

Ingin mendiskusikan artikel di atas dengan editor? Ayo gabung di grup Telegram Pergi ke


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news