Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab mobil goyang di jalan dan cara yang tepat untuk mengatasinya

autoilenia.com Mobil yang bergetar saat berjalan pasti akan mengganggu ketenangan pengemudi dan penumpang. Selain itu, Anda mungkin mengalami shock ketika mobil yang Anda kendarai tiba-tiba bergetar selama perjalanan. Mobil yang bergetar di jalan harus diketahui oleh pengemudi mobil untuk menghindari getaran dan guncangan tak terduga yang dapat menyebabkan cedera.

Banyak pengemudi mobil mengalami hal ini saat dalam perjalanan yang menyebabkan pengemudi mobil tiba-tiba menghentikan mobil dan mengganggu arus lalu lintas. Bagi Anda yang masih pemula dalam berkendara, sangat penting untuk menambahkan informasi tentang penanganan mobil bergetar saat bepergian.

Berikut adalah beberapa di antaranya. Apa penyebab mobil bergetar saat dikendarai? Dan tips cara mengatasinya. Semoga informasi dan tips ini bermanfaat untuk semua driver, tidak hanya untuk driver baru ya.

Penyebab mobil bergetar saat berjalan

Mobil bergetar.

Merasakan getaran yang tiba-tiba saat mobil berjalan dapat menyebabkan ketidaknyamanan saat berkendara dan ketakutan akan merugikan diri sendiri dan orang lain. Untuk itu, Anda perlu mengetahui apa saja penyebabnya, antara lain:

1. Kualitas ban

Salah satu penyebab mobil bergetar di jalan adalah kualitas ban. Perhatikan kondisi ban sebelum bepergian. Ban dengan terlalu banyak gundukan dapat menyebabkan getaran selama perjalanan. Tak hanya itu, ban yang sudah rusak dan perlu diganti bisa menyebabkan mobil selip saat direm meski sedang melaju dengan kecepatan rendah.

2. Kondisi velg langka

Seperti yang diketahui banyak pengendara mobil, roda merupakan salah satu bagian terpenting dari sebuah mobil. Perhatikan performa ban mobil dengan melakukan pengecekan secara berkala. Ban yang rusak dapat menyebabkan mobil tiba-tiba goyang dan kehilangan keseimbangan saat berkendara, yang membahayakan nyawa pengemudi dan orang lain.

3. As

As roda merupakan salah satu bagian penting dari mobil yang harus diperhatikan. Lakukan servis rutin untuk mengetahui apakah ada kerusakan pada gardan yang menyebabkan mobil bergetar saat dijalankan.

Baca juga: Penyebab Kecelakaan Mobil dan Cara Mengatasinya yang Tepat

4. Mesin rusak

Hal lain yang menyebabkan mobil bergetar di jalan adalah kerusakan mesin. Meski kerusakan mesin bisa dengan mudah dideteksi, pemeriksaan performa mesin secara rutin bisa membantu menghilangkan getaran mobil saat di jalan. Sabuk kipas yang lebih keras dan retak dapat membuat mobil mogok dan membuatnya lebih sulit untuk dijalankan. Selain itu, pengisian bahan bakar yang terlambat akan menyebabkan mobil cepat rusak dan menurunkan kualitas kerjanya.

5. Penutup kopling

Hal lain yang dapat menyebabkan getaran pada mobil di jalan adalah penutup kopling yang aus. Bantalan kopling yang aus atau aus dapat menyebabkan mobil bergetar. Selalu periksa kualitas penutup kopling mobil Anda dan lakukan pemeriksaan rutin untuk menghindari getaran yang tidak diinginkan saat berkendara.

Selain penutup kopling, hal penting lainnya yang perlu diperhatikan adalah flywheel. Ketidakseimbangan flywheel menyebabkan getaran yang sulit dihilangkan. Untuk pembuatan fly slip, di bengkel resmi terdapat alat modern yang disebut Dial Gauge.

Cara mengatasi mobil goyang saat berjalan

Setelah mengetahui Apa penyebab mobil bergetar saat dikendarai?Saatnya mempelajari cara menangani mobil yang goyang di jalan agar tidak menimbulkan goncangan yang serius dan menyebabkan kecelakaan yang tidak diinginkan.

1. Periksa kondisi mobil

Selalu periksa kondisi mobil setiap kali Anda melakukan perjalanan. Cara termudah untuk menguji mesin mobil adalah dengan membuka busi dan menempelkannya pada logam pada mobil. Jika nyala api yang dihasilkan oleh lilin tersebut menghasilkan warna biru, maka kualitas lilin tersebut sangat baik. Namun, jika warna luka bakarnya merah atau kuning, maka busi sudah tidak bisa digunakan lagi, sehingga harus diganti dan diperbaiki.

Baca Juga: Penyebab Mobil Bahan Bakar Kotor Dan Cara Mengalahkannya Secara Permanen!

2. Karburator yang diperlukan

Hal lain yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi mobil goyang di jalan adalah dengan memeriksa karburator. Karburator yang rusak tentunya akan menimbulkan getaran pada mobil. Segera bawa mobil ke bengkel untuk memasang karburator baru.

3. Dudukan motor

Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan agar terhindar dari getaran pada mobil adalah engine mount. Yang paling berbahaya adalah saat ban dan engine mount bergetar saat mobil berjalan.

Pastikan karet dan dudukan mesin terpasang dengan benar dan periksa sebelum mengemudi bahwa karet dan dudukan mesin tidak bergetar saat menghidupkan mesin dan menghidupkan mesin.

Ada beberapa. Penyebab mobil goyang saat di jalan dan cara mengatasinya Baik. Selain beberapa tips yang disebutkan di atas, tetap tenang saat berkendara sangat penting dan harus diperhatikan.


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news