Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Temukan cover mobil yang paling cocok selama PSBB

Cakupan mobil selama Corona

Jakarta – Cover atau sering disebut selimut mobil memiliki fungsi untuk melindungi mobil dari debu, hujan dan paparan sinar matahari langsung yang dapat merusak lapisan cat atau body kendaraan. Banyak penutup mobil datang dengan bahan yang berbeda.

Menurut Danny Pravira, pemilik situs jual beli cover mobil online, setiap material menentukan tampilan eksterior mobil dan kemampuannya untuk mempertahankan ketebalannya. Covernya bisa dikatakan berkualitas baik karena memiliki banyak lapisan.

Selain itu, seperti yang dijelaskan Danny, hampir semua bahan pelapis menggunakan permukaan yang halus dan licin. Ini tidak hanya untuk mencegah air masuk, tetapi juga untuk mencegah tubuh mudah tergores saat penutup dipasang.

Meski praktis semua bahan pelapis memiliki sifat tahan air, namun dalam hal melindungi bodi, masing-masing bahan memiliki kemampuan yang berbeda-beda.

Berikut jenis bahan yang biasa digunakan pada cover mobil.

1. Bahan Jenis nilon Terbuat dari serat karet sintetis dengan fitur tekstur lembut, kuat dan tidak mudah sobek. Jenis bahan ini sangat fleksibel dan tahan air.

2. Bahan Ripstock Ini adalah jenis kain dengan lapisan tahan air di dalam dan di luar. Bisa dibilang bahan jenis ini 100 persen tahan air.

3. Bahan Parasit Ini sering digunakan untuk penutup mobil. Bahan ini dikenal kuat dan tahan lama serta memiliki tekstur yang halus dan tahan air. Manfaat bahan ini adalah memberikan perlindungan maksimal dari efek sinar matahari.

4. Bahan Poliester Atau yang biasa dikenal dengan waterproof, merupakan jenis kain yang tahan terhadap cuaca hujan dan panas. Jenis kain ini memiliki sifat yang kuat dan tidak mudah luntur serta sering digunakan untuk membuat cover mobil di area terbuka.

Artikel ini dipublikasikan di okezone.com