Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 format gambar digital terpopuler di dunia

10 Format Gambar Digital Populer di Dunia – Gambar dapat berbicara banyak. Itu bisa menangkap setiap momen manusia. ini? Inilah sebabnya mengapa semua orang mencoba mengabadikan momen mereka dengan berfoto.

Selain itu, setiap gambar dapat digunakan sebagai penjelasan ketika Anda ingin menceritakan kisah masa lalu Anda kepada generasi berikutnya.

Jadi, jika kita perhatikan dengan seksama, setiap gambar memiliki format. Anehnya, ada beberapa format gambar. Apakah ada sesuatu Bagi mereka yang penasaran, berikut adalah 10 format gambar teratas yang harus Anda ketahui.

Format gambar terbaik

PCX

Format pertama adalah PCX. Adakah yang tahu format gambar terbaik untuk ini? Sepertinya masih banyak yang belum tahu. Oleh karena itu, format yang satu ini merupakan format terbaik yang populer di seluruh dunia. Sudah sejak 1985. Wah, udah lama banget ya?

Singkatan itu sendiri adalah pertukaran gambar. Ini adalah format yang dikembangkan oleh sebuah perusahaan besar di Amerika Serikat. Penggunaannya membuat foto Anda berkualitas sangat tinggi.

Saat pertama kali digunakan, format ini hanya dapat digunakan dengan indeks cahaya 256 warna. Tetapi dengan perkembangan selanjutnya, dimungkinkan untuk mencapai kedalaman warna yang sebenarnya.

Bukankah itu menarik? Seperti disebutkan di atas, kualitasnya sangat bagus. Namun sayangnya, kualitas yang baik memakan banyak ruang penyimpanan. Jadi bisa memakan banyak tempat.

BERTENGKAR

Rekomendasi format gambar terbaik berikutnya adalah TIFF. Format yang satu ini juga sangat populer di seluruh dunia. Dan itu sudah lama.

Tidak kurang panjang dari format sebelumnya. TIFF adalah singkatan dari Tagged Image File Format yang dikembangkan oleh Aldus Corporation dan kemudian dilanjutkan oleh Adobe. Karena ditemukan oleh Aldes. Format gambar yang satu ini memiliki banyak manfaat dan kelebihan.

Salah satunya adalah kualitas yang sangat tinggi, sangat baik ketika Anda mencetak gambar. Sekarang ini telah menyebabkan banyak pemindai memilih untuk menggunakan format TIFF.

Karena selain berkualitas tinggi, format ini juga sangat fleksibel, karena Anda dapat melihat informasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Biarkan menjadi deskripsi ukuran data komposisi. Fokus sangat bagus, kualitas terjaga, format TIFF ini membuat gambar lebih besar. Bagi yang belum mencoba format gambar ini, bisa mencobanya terlebih dahulu.

GIF

Kalau GIF, kita sudah tahu kan? Karena itu adalah salah satu format gambar terbaik yang banyak digunakan oleh masyarakat kita. GIF sendiri merupakan kependekan dari Graphic Interchange Format. Sudah sejak 1987.

Saat pertama kali muncul. GIF tersebut langsung menarik perhatian banyak orang. Termasuk www, alias world wide web.

teknologi situs internet. Yang, perusahaan melakukan format. GIF ini menunjukkan gambar bergerak alias animasi.

Salah satu keunggulan GIF ini adalah kemampuannya untuk mengompresi informasi. Sehingga dapat menghasilkan kualitas yang sangat baik. Namun, variasi warnanya tidak sekaya format lain.

BMP

BMP adalah salah satu format gambar terbaik yang banyak digunakan di Indonesia. Ini adalah format yang dikembangkan oleh Microsoft.

Untuk nama aslinya, formatnya sendiri adalah bitmap standar Windows. Penggunaannya sangat fleksibel. Bila menggunakan format ini untuk warna 24 bit, maka 16, 8 dan juga 4 bit. Kualitas gambar sangat bagus. Tapi ukurannya sangat besar. Sehingga dijamin akan menempati tempat yang sangat luas.

HEIF

Format gambar hebat lainnya adalah HEIF. Apakah Anda tahu format yang satu ini? Format ini merupakan format yang relatif baru. Karena itu hanya ada di abad ke-21. HEIF adalah singkatan dari Format File Gambar Efisiensi Tinggi. Itu diperkenalkan pada tahun 2015.

Masih baru kan? Tujuan utama pembuatan format ini adalah untuk membuat gambar berkualitas sangat tinggi. Khusus untuk pengguna iPhone, lalu Android, hingga kamera profesional. Masih tidak terlalu besar.

Format ini memiliki banyak keuntungan. Salah satunya dapat menyusup ke berbagai data seperti metadata HDR serta peta lokasi.

Tidak hanya itu, aplikasi ini bahkan dapat menampilkan gambar animasi. Untuk ini, ada banyak perangkat yang kompatibel dengan format yang satu ini. Dari windows 10, lalu mac os x high sierra ke atas, lalu android pie ke atas, ke ios 11 ke atas.

MENTAH

Format selanjutnya adalah RAW. Format gambar yang luar biasa ini juga sangat populer di seluruh dunia. Ini adalah format yang bagus untuk digunakan dan dipertimbangkan. Dan kebanyakan kamera fotografi profesional menawarkan format yang satu ini.

Kalau untuk handphone masih sedikit ya. Karena kemampuan fotografi mereka hanya terdapat pada ponsel di atas rata-rata. Hasil yang berkualitas membuat banyak orang tertarik menggunakan format yang satu ini.

PNG

Kalau PNG, kita sudah tahu. Kami tahu format gambar yang bagus ini dengan sangat baik. Karena hampir semuanya kompatibel dengan format gambar hebat ini. PNG, atau Portable Network Graphics, menggunakan metode kompresi yang tidak jauh berbeda dengan GIF.

Ini berarti mengompresi file gambar tanpa menghapus bagian dari gambar yang dikandungnya. PNG memiliki berbagai kelebihan dan kekurangan. Salah satu masalahnya adalah file yang besar, sehingga Anda dapat memperlambat kecepatan loading. Dan ini terjadi ketika ukurannya besar.

PDF

Yang lainnya adalah pdf. Apakah banyak dari Anda sudah akrab dengan PDF? Karena selama ini PDF menjadi salah satu format file atau dokumen yang paling populer dan banyak digunakan oleh banyak orang di tanah air.

Namun menariknya, pada tahun 1993 PDF sudah tersedia untuk format gambar saat itu. Dan sekarang sudah banyak PDF yang didukung dengan berbagai aplikasi pengedit dokumen. Jika Anda penasaran dengan format ini maka Anda pasti bisa mencoba format yang satu ini.

WebP

Web adalah format yang keluar pada milenium ke-3. Ini adalah format berbasis open source. Format ini dikembangkan oleh Google. Dan pada 2010, dia mulai berkencan.

JPG

Dan format gambar terbaik terakhir adalah JPG. Seperti PNG, JPG adalah salah satu format gambar paling populer di kalangan masyarakat Indonesia.

Berita baiknya adalah JPG adalah format yang terkenal di dunia. Oleh karena itu, tidak hanya populer di Indonesia. Salah satu keunggulan format ini adalah kedalaman warna, hingga standar warna sejati 24-bit. Jadi sangat cocok untuk banyak hal.

Itulah 10 format gambar terbaik di dunia. Ini bisa berguna.