Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teknologi jaringan pribadi 5G telah membuat perbedaan besar dalam industri ini

Contoh jaringan 5G. (Pixbay)

Kelasmekanik.com – Penerapan teknologi 5G dipandang sebagai bagian penting dalam mendukung kesiapan Revolusi Industri 4.0 di berbagai lini.

Revolusi Industri 4.0 sudah di depan mata, banyak negara maju dan berkembang sudah memulai era ini. Selain itu, Revolusi Industri 4.0 telah masuk dalam agenda nasional dalam upaya peningkatan daya saing di pasar global.

Revolusi Industri 4.0 mencakup berbagai teknologi canggih seperti Artificial Intelligence (AI), IoT, perangkat yang dapat dikenakan, robotika canggih, dan pencetakan 3D.

Bagi Indonesia, Revolusi Industri 4.0 memberikan peluang untuk merevitalisasi sektor manufaktur dan mempercepat visi 10 ekonomi teratas Indonesia pada tahun 2030.

Optimalisasi Revolusi Industri 4.0 dicapai melalui otomatisasi, komunikasi mesin-ke-mesin, komunikasi manusia-ke-mesin, AI, dan kemajuan teknologi berkelanjutan.

Ada empat faktor pendorong utama dalam kinerja: Peningkatan kapasitas data, daya komputasi, komunikasi dan analitik, serta kemampuan intelijen bisnis.

Teknologi 5G diharapkan dapat membuat perbedaan besar di industri Indonesia. Selain itu, teknologi dan jaringan telekomunikasi 5G mampu mentransmisikan data yang besar, cepat, stabil, dan aman, memungkinkan banyak perangkat terhubung ke Internet dan meningkatkan otomatisasi industri.

Teknologi jaringan pribadi 5G diharapkan dapat membuat perbedaan besar di industri ini.(Qualcomm)
Teknologi jaringan pribadi 5G diharapkan dapat membuat perbedaan besar di industri ini.(Qualcomm)

Menurut Aju Widiya Sari, Direktur Jenderal Direktorat Jenderal Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, penerapan 5G tidak hanya meningkatkan kecepatan transfer data dibandingkan teknologi sebelumnya.

Namun, untuk meningkatkan produktivitas dan perekonomian nasional, jaringan 5G membuka lebih banyak layanan, peluang atau masalah baru di sektor B2C dan Enterprise B2B.

Pertama-tama, kita perlu tahu bahwa 5G telah memperkenalkan banyak teknologi mobile broadband. Tapi sebenarnya, tujuan utamanya bukan di situ. Tujuan akhir 5G adalah dukungan jaringan ke mesin dan latensi rendah yang mendukung aplikasi atau aktivitas industri lainnya.“Aju mengumumkan pada Selasa (7/6/2022) bahwa Qualcomm telah bermitra dengan Qualcomm sebagai game changer untuk kota-kota industri pada webinar jaringan pribadi 5G untuk kota-kota industri.

Sebagai teknologi inti untuk mendukung otomatisasi dalam bisnis transfer data yang besar dan cepat, hal ini tentu menjadi tantangan bagi banyak perusahaan, namun sekaligus membuka banyak peluang.

Selain itu, tidak mudah untuk mengelola jaringan yang terus meningkat, di mana banyak dan banyak perangkat yang terhubung satu sama lain, menciptakan lalu lintas data dalam jumlah besar dan berjalan cepat, sehingga dapat terus beroperasi secara efisien dan aman.

Marfani Hassan, Vice President of Telecom Network Architecture and Design, mengakui ekosistem Indonesia belum sepenuhnya siap mengadopsi teknologi 5G.

Namun pihaknya berupaya untuk mengadakan workshop dan seminar tentang manfaat teknologi 5G, khususnya untuk SOA dan MMSE.

Teknologi jaringan pribadi 5G untuk mengevaluasi perubahan besar dalam industri
Teknologi jaringan pribadi 5G diharapkan dapat membuat perbedaan besar di industri ini.(Qualcomm)

Marfani diharapkan memiliki dampak yang signifikan pada perusahaannya sendiri di bidang pendidikan, teknologi dan industri, masyarakat dan telekomunikasi.

Telecom dapat membuka lebih banyak peluang dan peluang bagi pelanggan, pelaku industri, dan instansi pemerintah dengan memanfaatkan teknologi jaringan seluler terbaru, yang dapat lebih mendorong inovasi dan lebih mengubah kehidupan sehari-hari mereka.

Misalnya, kami mencoba untuk terus maju dengan proyek katalis 5G, seperti yang kami lakukan dengan Freport. Dan kami pun mulai mengobrol dengan teman-teman kami di IKN (ibukota Nusantara) yang salah satunya adalah otomotif. Di masa depan, kami akan mengembangkan sejumlah solusi potensial untuk industri, termasuk jaringan 5G yang kuat.dia berkata.

Lebih buruk lagi, industri dapat mengambil kendali penuh atas data, keamanan, dan jaringan untuk masalah pemanfaatan latensi rendah yang paling aman seperti IoT Industri dan Robotika, menggunakan teknologi jaringan pribadi 5G yang memecahkan masalah bandwidth.

Tidak seperti jaringan publik, jaringan pribadi 5G dapat disesuaikan dengan kebutuhan pabrik dan memiliki tujuan khusus untuk memberi perusahaan kendali penuh atas kualitas, produktivitas, otomatisasi, dan efisiensi industri.

“5G Private Networks adalah jaringan unik yang hemat biaya, skalabel, dan berkembang pesat yang akan membantu perusahaan dan semua lini industri menuju transformasi digital,” kata Shanned Ong, direktur Qualkom Indonesia.

Qualcomm, dalam kemitraan dengan Microsoft dan mitra global lainnya, bekerja untuk menghadirkan jaringan pribadi E2E 5G terintegrasi dari perangkat ujung ke ujung ke Radio Access Network (RAN) dan Core, solusi chip-ke-cloud pertama di industri.

Mengingat 5G membuat perubahan yang signifikan, penggunaan teknologi 5G untuk tujuan komersial menjadi isu utama. Jika kita melihat data global, ada 850 juta orang yang pertama kali mengakses internet dan itu adalah potensi. Jika kita dapat mempertahankan kapasitas ini, Pada tahun 2032, itu bisa membuat perbedaan besar dengan menambahkan $ 3,3 triliun dalam PDB.,” dia berkata.

Saat ini muncul kawasan industri yang terintegrasi dengan pusat komersial dan kawasan pemukiman. Kota industri “pintar” ini dirancang karena kompleksitas teknologi, seperti IOT, salah satu tren industri global: otomatisasi dan transfer data serta dukungan jaringan yang andal dalam proses manufaktur. Kota industri ini menyediakan segala kebutuhan pelaku industri dalam satu ekosistem yang terintegrasi.

Selain pengelolaan negara industri, komputasi otomatis dan cerdas dapat dilakukan dalam manajemen multi-sumber daya sektor perumahan dan komersial. Meningkatkan ekosistem digital adalah kunci pembangunan industri 4.0.

Kunci lainnya adalah kolaborasi dengan pemerintah, operator, dan pelaku industri teknologi untuk membantu mewujudkan jaringan pribadi 5G. Ini memang jaringan yang sangat unik, karena tidak bisa hanya mengandalkan arsitektur jaringan tradisional. Arsitektur hibrid dalam jaringan penyedia layanan adalah contoh yang baik, dan yang paling penting, spektrumkata Shandi.


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news