Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab mesin uap pada mesin 4 tak dan cara mengatasinya

autoilenia.com – Mesin 4 tak ramah lingkungan karena tidak banyak mengeluarkan sisa pembakaran dan tidak banyak mengeluarkan suara bising seperti mesin. Sepeda Motor 2 Tak. Akibatnya, lebih dari 2 mesin saat ini diproduksi di mesin 4 tak. Namun, meskipun mesin sepeda motor 4 tak ramah lingkungan dan tidak mengeluarkan asap tebal atau asap knalpot, terkadang kerusakan bodi atau faktor lain dapat menyebabkan mesin mengeluarkan banyak asap.

Hal ini membuat pengendara merasa nyaman di area tersebut dan mungkin memalukan. Dan perlu dilakukan tindakan untuk memperbaikinya, karena jika tidak diperbaiki terus menerus masih dapat merusak komponen baik lainnya.

Penyebab mesin uap pada mesin 4 tak dan cara mengatasinya

Penyebab Motor Berjalan

Berikut adalah beberapa opsi yang perlu diingat saat sepeda motor Anda meledak.

1. Ring Piston Panas (Aus)

Jika ring piston mesin aus atau tipis dan perekat pada piston/piston tidak normal, akibatnya akan terjadi kompresi pada mesin dan oli yang digunakan untuk melumasi bagian luar piston akan menembus. Silinder dan oli dicampur dengan proses kompresi.

Penyetelannya adalah mengganti ring piston dengan yang baru, dan memeriksa apakah piston terlihat karena biasanya ring piston juga aus.

Baca juga: Penyebab Motor Susah Bertahan dan Cara Mengatasinya

2. Memukul silinder mesin

Jika kita berbicara tentang silinder mesin, kita masih mengevaluasi area piston mesin, karena mungkin saja silinder motor yang dimuat bertabrakan dengan piston atau ring. Ring piston yang rusak menyebabkan silinder mesin tergores, kurang baik dengan pelumasan oli mesin, hal ini akan menyebabkan mesin menebal dengan lubang buang.

Cara memperbaiki penyebab mesin karena knalpot silinder mesin Kotak lubang silinder Atau melebarkan lubang silinder sehingga strip yang ada menjadi rata kembali.

3. Segel katup tetes

Hal ini masih berlaku pada mesin, fungsi klep atau klep pada mesin untuk mensuplai udara ke proses pembakaran dan juga untuk mengontrol gas sisa pembakaran (intake dan exhaust). Kebocoran pada segel katup menyebabkan minyak pelumas masuk ke ruang bakar, menyebabkan pembakaran membentuk asap tebal dan mesin membengkak pada knalpot.

Ini adalah solusi. Ganti stempel katup Baru dan uji celah katup untuk kembali normal.

4. Pemasangan katup yang salah

Katup ini masih mirip dengan pembahasan poin di atas, jika nilai katup tidak benar atau bingung satu sama lain, katup dapat menyebabkan penundaan. Meskipun kedua receiver adalah katup, posisi kedua katup ini tidak boleh disamakan dengan pemasangan, karena memiliki sedikit perbedaan dalam isolasi, sehingga pemasangannya harus benar.

5. Mengemas silinder yang rusak

Jika ada asap di cerobong asap atau di area mesin, bisa jadi karena seal silinder rusak atau bocor. Paket ini menghubungkan blok mesin ke ruang bakar antara kepala silinder mesin. Biarkan asap menumpuk di mesin serta knalpot sepeda motor.

Solusinya ganti seal kepala silinder dengan yang baru, dan harus benar-benar kencang.

6. Minyak sangat cair

Oli memiliki ukuran viskositas (SAE) tersendiri, sehingga perlu diketahui bahwa mesin power CC kecil dan besar pasti memiliki viskositas oli yang berbeda. Oli yang sangat lemah dibiarkan masuk ke ruang bakar dan asap tebal terperangkap di antara segel.

Oli motor yang baik dapat ditentukan dari jenis mesin dan temperaturnya. . Informasi berbasis minyak dapat dilihat di kompartemen penyimpanan minyak.

Baca juga penyebab mesin mati total dan cara mengatasinya

7. Karburator kotor

Selain menimbulkan asap knalpot mesin, juga bisa terjadi di sekitar komponen karburator. Jika karburator kotor, proses pembentukan gas dari uap bahan bakar juga kotor, kemudian masuk ke ruang bakar dalam keadaan kotor. Untuk mengeluarkan asap kotor.

Solusi penyebab motor bengkak adalah dengan melakukan service secara rutin pada seluruh bagian motor yang sangat menunjang aktivitas motorik sehingga aman dan selalu bersih.

8. Efek knalpot

Jika semua bahan di atas terbukti dan tidak menyebabkan kerusakan, sebaiknya periksa bagian knalpot, karena knalpot itu sendiri dapat menimbulkan asap pada sepeda motor, yang dapat merusak pipa knalpot dan knalpot yang dimodifikasi.

Jika cerobong memiliki kerak karena akumulasi asap, juga akan berubah menjadi hitam setiap kali asap keluar dari cerobong asap. Solusinya adalah dengan membersihkan cerobong asap dan lihat perbedaannya.

Asap knalpot yang disesuaikan juga meningkatkan asap knalpot dan meskipun tidak hitam, hal ini sering terjadi karena lebih banyak bensin yang dikeluarkan dari karburator daripada biasanya, karena knalpot modifikasi balap membutuhkan semprotan bensin yang lebih tinggi untuk meningkatkan kapasitas mesin. , Dampak dari asap knalpot di knalpot akan besar.

Jika Anda ingin menghilangkan asap dari sepeda motor Anda, yang terbaik adalah mengurangi jumlah bensin di karburator atau mengembalikan knalpot seperti biasa.

Semoga Tips cara berintegrasi dengan sepeda motor Ini bisa diatasi, dan Anda bisa merawat sepeda motor dengan lebih baik.


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news