Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara termudah untuk menguji Versi Windows 10

Variasi Cara memeriksa versi Windows 10 sederhana dan efektif. Itu bisa dilakukan oleh siapa saja. Ketahui versi terbaru Windows Anda agar tidak ketinggalan pembaruan.


Windows 10 adalah sistem berjalan yang biasanya merilis versi terbaru. Itu sebabnya setiap pengguna harus tahu Cara memeriksa versi Windows 10 siapa yang menggunakannya. Menemukan, tentu saja, tidak sulit. Siapapun bisa melakukannya, bahkan pemula sekalipun.

Anda ingin tahu cara memeriksa versi terbaru dari Windows 10? Jangan khawatir, kami akan menjelaskannya kepada Anda. Jadi, baca artikel ini sampai habis ya?

Manfaat Windows 10

Windows 10

Sebelum kita berbicara tentang sistem, kami berbagi sedikit informasi tentang sistem Windows terbaru. Dibandingkan dengan seri sebelumnya, ada banyak manfaat yang ditambahkan ke Windows 10. Berikut akan kami jelaskan apa saja manfaatnya untuk Anda:

Ada Bagian Asisten Digital

Di Windows 10, ada fitur yang disebut Cortana. Fitur ini memungkinkan kita untuk menanggapi pesan suara. Selain itu, kami juga dapat memberikan instruksi atau pertanyaan. Cortana juga memiliki banyak fungsi lainnya sebagai berikut:

  • Pengingat didasarkan pada waktu, tempat, atau orang.
  • Menjadi pengatur waktu penerbangan.
  • Kirim email atau pesan lainnya.
  • Kami mencari berbagai jenis file dan informasi yang kami butuhkan.
  • Membuka kunci perangkat lain yang tersedia untuk sistem.

Upgrade gratis

Untuk pemilik Windows 7 dan 8, Anda dapat langsung meningkatkan ke versi 10 tanpa biaya. Namun, ini berlaku untuk mereka yang menggunakan sistem operasi pertama, atau tidak bajakan.

Proses peningkatannya sangat sederhana. Anda bisa langsung menuju ke halaman yang bernama Windows 10 Free Upgrade. Setelah itu, silahkan klik tombol Upgrade dan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Fitur Penguat Game

Bagi penggemar olahraga, Anda tidak perlu lagi memasang perlengkapan tambahan yaitu sport booster. Pasalnya, di seri terbaru ini sudah ada fitur pengubah permainan. Fitur-fitur ini memiliki fungsi dan kemampuan yang sama dengan game.

Fungsi dari komponen ini adalah untuk meningkatkan kinerja komputer saat bermain game. Kualitas game yang kami mainkan akan semakin meningkat.

Kompatibel dengan berbagai Perangkat

Kompatibilitas seri terbaru ini layak untuk diperhatikan. Berbagai proses dapat dijalankan menggunakan sistem operasi ini. Tidak hanya untuk serangkaian komputer atau laptop, bahkan kompatibilitasnya dapat didengar di smartphone dan tablet.

Di Windows 8, kita akan mengalami masalah saat masuk ke menu Start. Namun, tidak demikian pada versi terbaru ini. Kembalinya menu Start, adalah salah satu manfaatnya. Apalagi menu “Start” di versi terbaru ini, diklaim lebih bertenaga dan efisien.

Jika kita perhatikan sedikit, menu Start Windows 10 seperti campuran antara versi 7 dan 8. Kita akan lebih mudah saat mendapatkannya.

Cara memeriksa Versi Windows 10

Cara memeriksa Versi Windows 10

Memeriksa versi Windows 10 tidak sulit. Setidaknya ada 6 cara untuk menemukan jenis sistem operasi. Nah, berikut kami jelaskan cara memeriksa 10 jendela pertama tipe lengkap:

Cara Memeriksa di Pengaturan-Sistem

Silakan temukan tombol Mulai di sudut kiri bawah, dan klik. Selanjutnya, pilih tombol Pengaturan. Setelah menu Pengaturan terbuka, pilih Sistem (perangkat, daya, tampilan). Setelah itu, sistem akan muncul. Kemudian pilih About, yang akan menampilkan nomor konstruksi dan nomor jenis.

Di menu ini, Anda dapat menemukan detail lebih lanjut di sebelah kanan.

Cara Melihat dengan DxDiag

Dxdiag juga dapat digunakan sebagai Windows 10 format 32 bit atau 64 bit. Metode ini sangat sederhana. Anda tinggal klik ‘dxdiag’ di menu RUN. Untuk membuka menu RUN, silahkan tekan tombol Windows + R.

Setelah itu, daftar detail yang terkait dengan komputer yang Anda gunakan akan muncul. Detail lengkap juga disediakan dengan versi Windows 10.

Cara cek menggunakan Command Prompt (CMD)

Pertama-tama silahkan buka CMD atau Command Prompt terlebih dahulu. Untuk membukanya, cukup dengan membuka menu RUN. Selanjutnya, ketik CMD di menu RUN, dan jendela CMD akan muncul.

Setelah jendela CMD terbuka, Anda dapat melihat informasinya langsung di menu utama. Metode ini sesederhana dxdiag. Namun, untuk detail lebih lanjut, Anda dapat mengirimkan instruksi ke CMD jika diperlukan.

Cara memeriksa menggunakan Msinfo32

Bisa juga begitu cara melihat tipe Windows 32 bit atau 64 bit dan terjemahan cepat. Untuk membuka daftar ini, Anda dapat mencarinya langsung di RUN. Silahkan buka RUN. Setelah itu, ketik ‘Msinfo32’.

Semua informasi yang berhubungan dengan komputer, di dalamnya. Selain versi Windows, ada juga sejumlah RAM, jenis prosesor, dan banyak fitur lain yang dapat Anda akses. Menunya lengkap seperti dxdiag

Bagaimana cara memeriksa menggunakan Winver

Bagi yang ingin tahu cara memeriksa pembaruan Windows 10 sudah terinstall, bisa lewat winver. Caranya sama dengan dxdiag dan msinfo32. Pertama-tama silahkan buka menu RUN terlebih dahulu. Selanjutnya, ketik ‘winver’.

Kemudian akan muncul pop-up dengan informasi tentang jenis Windows yang Anda gunakan. Menu ini hanya menampilkan informasi yang berkaitan dengan sistem operasi. Artinya, tidak sempurna seperti dxdiag dan msinfo32.

Metode pemeriksaan registri

Cara yang terakhir ini jauh lebih kompleks dibandingkan dengan cara-cara di atas. Tapi, Anda bisa mendapatkan struktur atau tipe secara lengkap. Untuk mengakses daftar ini, silahkan buka RUN terlebih dahulu. Selanjutnya, ketik ‘regedit’ di RUN.

Jika sudah masuk ke menu silahkan kunjungi HKEY_LOCAL-MACHINESOFTWAREMicrosoftWindowsNTCurentVersion. Bangunan akan terdaftar dengan jelas di bagian ‘CurrentBuild’ dari folder.

Tamat

cara memeriksa versi Windows 10

Untuk menemukan versi Windows 10, ternyata ada banyak pilihan yang bisa Anda lakukan. Di atas, kami telah membagikan 6 opsi. Mengetahui jenis sistem operasi sangat penting. Salah satu tujuan mengetahui itu adalah untuk mengetahui kapan sistem operasi perlu diperbarui.

Nah, itu nomornya Cara memeriksa versi Windows 10 apa yang dapat Anda lakukan. Bagaimana, tidak mudah? Silahkan pilih cara yang menurut anda lebih mudah dari informasi yang telah kami berikan diatas.

Baca juga:

Sumber Artikel: blogpress


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news