Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 cara sederhana dan mudah untuk memeriksa IMEI asli atau asli iPhone

Definisi: Alternatifnya sederhana lihat IMEI iPhone untuk memastikan keasliannya. Uraiannya lengkap dengan informasi tips agar tidak salah beli iPhone.


Untuk saat ini, mengetahui IMEI HP sebelum membeli adalah suatu keharusan, terutama bagi pengguna iPhone. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa barang yang dibeli itu asli atau ilegal. Lihat IMEI iPhone dengan sendirinya itu sangat sederhana. Bagaimana Anda ingin tahu?

Tenang, berikut akan kami ceritakan secara detail. Tentu saja caranya lihat IMEI iPhone 12 dan topik lainnya, mereka tidak jauh berbeda. Ada beberapa pilihan yang bisa dipilih berdasarkan kenyamanan masing-masing.

Apa itu IMEI?

IMEI

Sebelum kami membagikan informasi cek IMEI di iPhone, kami membagikan beberapa informasi terkait IMEI terlebih dahulu.

International Mobile Equipment Identity adalah singkatan dari IMEI. Nomor seri adalah kode verifikasi telepon. Sederhananya, nomor seri adalah akta kelahiran dari ponsel. Jadi, antara HP dengan ponsel lain tidak mungkin IMEInya sama.

Dalam satu panggilan, mungkin ada 2 IMEI yang berbeda. Ini berlaku untuk pengguna kartu SIM ganda. Sebab, untuk ponsel jenis ini, setiap slot sim card memiliki serial number yang berbeda.

Fungsi IMEI iPhone

Fungsi IMEI iPhone

Dari serial number IMEI iPhone ternyata banyak sekali informasi yang bisa kita dapatkan. Yang dapat kita ketahui antara lain seperti:

1. Informasi Model dan Negara Asal

Hingga saat ini, sebagian besar iPhone dijual di Asia Pasifik yang dikenal sebagai pasar Singapura. Namun, ada juga rilis di pasar Jepang. Keduanya biasanya memiliki sedikit perbedaan dalam fitur.

Ka Lokasi cek IMEI iPhonewww.imei.info, Anda dapat menemukan detail di atas dengan memasukkan nomor seri.

2. Waktu Garansi dan Nomor Seri

Dengan melacak nomor seri dari IMEI, Anda juga bisa langsung mendapatkan konfirmasi iPhone. Cukup dengan memasukkan nomor IMEI di situs cek IMEI iPhone onlinepemilik bisa mendapatkan informasi nomor seri.

3. Melaporkan iPhone Terakhir

Kita juga bisa menemukan iPhone yang hilang dengan nomor IMEI lho. Bagi yang memiliki informasi penting dapat segera melaporkannya agar iPhone tidak ditemukan oleh pencuri, atau orang yang menemukannya.

Untuk membuat kunci, Anda bisa melakukannya langsung di kolom email.info. Walaupun HP iPhone mungkin tidak bisa di restore, setidaknya perangkat tersebut tidak akan bisa digunakan.

Cara cek IMEI iPhone Asli

Cara memeriksa IMEI iPhone
Gambar dari cyberpost.co.id

Ada banyak cara untuk mendapatkan IMEI di iPhone. Berikut ini akan kami uraikan cara-caranya secara rinci:

1. Cara Memeriksa Melalui iTunes

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah berkenalan dengan iTunes. Ini juga mudah. Silakan ikuti langkah-langkah ini:

  • Hubungkan iPhone Anda ke laptop Mac.
  • Jika kedua perangkat sudah terhubung, silakan buka iTunes.
  • Silakan pilih atau tekan ikon panggilan di aplikasi iTunes.
  • Selanjutnya silahkan pilih ringkasan.

Lanjutkan dengan memilih nomor telepon dan menekan nomor telepon hingga muncul nomor seri IMEI.

2. Cara Memeriksa IMEI iPhone dari kotak

Tentu saja, ada cara praktis untuk mengetahuinya, yaitu dengan kotak. Setiap kali Anda membeli iPhone, nomor seri IMEI tercetak di kotaknya. Ini berlaku untuk membeli iPhone bekas yang masih ada kotaknya.

Nomor seri IMEI ada di kotak di bawah bagian belakang. Silakan periksa untuk mengetahuinya.

3. Cara Memeriksa IMEI dan Kode iPhone

Trik ini sudah tua. Untuk setiap ponsel, Anda biasanya memiliki kode khusus untuk mendapatkan nomor seri IMEI. Silahkan buka dialog tersebut, dan masukkan kode *#06#.

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, nomor seri IMEI akan langsung muncul. Mudah, bukan?

4. Lihat IMEI dari Slot Kartu Sim

Di iPhone, kita juga bisa melihat IMEI melalui slot SIM card. Bahkan, kita bisa melakukan ini di semua versi iPhone. Mulai dari seri iPhone 3G, hingga iPhone 11, kartu sim memiliki IMEI.

Namun, di setiap versi kartu SIM iPhone, IMEI ini memiliki lokasi yang berbeda. Ada yang di atas, ada yang di kiri.

5. Lihat Pengaturan Sistem

Berbeda dengan Cek IMEI Samsung, di iPhone bisa kita temukan di pengaturan. Untuk mengeceknya silahkan masuk ke Menu Setting > General > About > IMEI. Jika sudah maka akan muncul serial number IMEI.

Jika Anda menggunakan iPhone dengan pengaturan bahasa Indonesia, silakan ubah. Untuk menemukannya, silahkan masuk ke Settings > General > About > Tampilkan nomor IMEI.

Cara Memeriksa Verifikasi Nomor IMEI iPhone

Lihat Cabang Industri IMEI

Anda juga perlu mengecek keaslian nomor IMEI iPhone yang tertera. Apakah nomor IMEI yang tertera benar atau salah. Anda bisa mengeceknya di Kementerian Perindustrian. Bagi yang ingin tahu, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka situs review email, https://imei.kemenperin.go.id/
  2. Silakan masukkan nomor IMEI iPhone yang sudah Anda ketahui tentang cara-cara di atas.
  3. Kemudian, silakan, klik Periksa.
  4. Jika iPhone Anda adalah default, semua informasi perangkat lengkap akan muncul.

Detailnya meliputi kapasitas memori, OS, tipe, dan banyak lagi.

Tips Membeli iPhone Dasar

iPhone asli

Ada beberapa risiko jika Anda membeli iPhone palsu. Oleh karena itu, penting bagi semua yang ingin membelinya, mengetahui nomor IMEI terlebih dahulu. Agar tidak salah beli, berikut beberapa sarannya:

  1. Ketahui otentikasi iPhone dari IMEI. Pertama, cek serial numbernya, lalu masukkan di email.info. Jika ini yang pertama, maka akan ada banyak detail yang terkait dengan telepon.
  2. Pastikan iPhone tidak rusak ketika datang ke iTunes atau iCloud. Jika tidak ada kesalahan atau kesalahan, maka ponsel dapat diverifikasi sebagai asli.
  3. Cek harga resmi iPhone di pasaran. Jangan tergiur dengan iPhone baru yang murah karena bisa jadi palsu.
  4. Pastikan untuk membelinya dari Authorized Apple Indonesia. Dengan membelinya di tempat resmi, produk akan lebih aman.

Itu adalah ujian bagaimana lihat IMEI iPhone dengan langkah-langkah sederhana yang kami bagikan di atas. Silakan pilih salah satu dari metode ini untuk mengujinya. Semoga beruntung.

Baca lebih lanjut tentang IMEI dan iPhone.

Baca juga:

Sumber Artikel: blogpress


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news