Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 fitur canggih Windows 10

Kabar gembira bagi Anda pengguna sistem operasi Windows, karena Windows baru-baru ini merilis sistem terbarunya yang bernama Windows 10. Windows 10 sendiri diluncurkan di 190 negara di dunia, salah satunya Indonesia.

Windows 10 dikatakan sebagai salah satu generasi sistem operasi terbaik dalam sejarah sistem operasi. Ada banyak deskripsi dan keunggulan Windows 10 yang tidak dimiliki oleh generasi sebelumnya. Menariknya, Windows juga memiliki upgrade gratis untuk pengguna PC dan tablet berbasis Windows 7 dan 8.1.

Berbicara tentang keunggulan, Windows 10 tampaknya lebih profesional, aman, dan alami untuk meningkatkan produktivitas penggunanya. Karena Windows akan meluncurkan Microsoft, itu sudah didasarkan pada berbagai saran dari program Windows Insider.

Tidak hanya itu, fitur lain yang disediakan oleh Windows adalah kemampuannya untuk beradaptasi dengan mudah sesuai kebutuhan pengguna. Salah satunya adalah dukungan kuat untuk berbagai macam teknologi Internet of Things (IoT).

Bagi yang berencana untuk mengupgrade atau ingin memiliki Windows 10, berikut detail dan keunggulan Windows 10 yang akan dibahas secara detail. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Cortana, Asisten Digital Pribadi Windows 10

Cortona

Opsi pertama yang ditawarkan oleh Windows 10 adalah Cortana. Jadi, Cortana selalu ada dan hadir di Windows Phone. Namun, Cortana saat ini tersedia untuk semua perangkat Windows 10 berbasis hari ini.

Kelebihan Cortana adalah Windows 10 memiliki kemampuan sendiri untuk mendeteksi suara dengan lebih cerdas. Selain itu, fitur ini juga akan membantu pengguna Windows 10 untuk melakukan berbagai hal, terutama perintah menggunakan media suara.

Adapun contoh lain yang dapat dilakukan dengan menggunakan Cortana, untuk mencari informasi, menyediakan sumber daya, menjadwalkan waktu, hingga mencari dokumen di komputer dengan memasukkan suara.

Tidak hanya itu, penjelasan lain yang diberikan oleh Cortana adalah asisten pribadi Windows 10 ini dapat mempelajari opsi dan teknik penggunanya.

Selain itu, Cortana juga dapat digunakan untuk memutar musik, menceritakan berbagai lelucon, dan dapat digunakan sebagai bahan pembicaraan sebagai penolong sejati.

2. Dukungan Suara, Pena dan Gestur

Manfaat Windows 10

Dengan menggunakan Windows 10, Anda akan lebih mudah berinteraksi secara alami daripada menggunakan Windows versi sebelumnya. Windows 10 dapat berintegrasi dengan suara, gerakan, dan pena.

Dengan kemampuan seperti ini, menunjukkan bahwa keunggulan Windows 10 jauh lebih unggul dari Windows sebelumnya.

Karena Windows sebelumnya ketika melakukan interaksi instalasi hanya menggunakan perintah standar seperti menggunakan mouse atau layar sentuh.

3. Tombol Mulai & Ubin Langsung di Windows 10

Manfaat Windows 10

Pada versi Windows 8.1, pengguna merasa seperti kehilangan tombol start dimana tombol ini menjadi salah satu fitur Windows selama beberapa dekade.

Namun, kini dengan munculnya Windows 10 tombol start kembali seperti Windows 7. Dengan kembalinya tombol start, pengguna sudah familiar dengan tampilan Windows saat digunakan.

Tidak hanya tombol mulai yang menjadi manfaat Windows 10, tetapi fitur ubin langsung yang ada di Windows 8 kini terus diperbarui dengan peningkatan terbaru.

Peningkatan ini memungkinkan pengguna untuk membuka Live Tiles tanpa harus khawatir membuka perangkat.

4. Selamat datang di Microsoft Edge, Selamat tinggal Internet Explorer

Microsoft Edge

Kedatangan Windows 10 berarti Anda harus menyapa Internet Explorer. Pasalnya, Windows 10 kini telah meluncurkan browser modern bernama Microsoft Edge.

Kelebihan Microsoft Edge adalah dapat digunakan untuk menulis, menggambar, dan menulis catatan di halaman web. Menariknya, Anda bisa membagikannya langsung dengan pengguna lain.

Tidak hanya itu, integrasi Cortana dengan Microsoft Edge juga memungkinkan Anda untuk mencari jawaban hanya dengan kata yang ingin Anda ketahui lalu klik kanan.

Oleh karena itu Cortana akan memberikan penjelasan langsung dan segera dari frasa yang telah disebutkan.

Dan penerapan fitur membaca Microsoft Edge membuat pengguna lebih nyaman, terutama saat membaca halaman web atau menyimpan halaman untuk dibaca lebih lanjut.

5. Ketersediaan Windows Store terbaru

toko jendela

Keunggulan lain dari Windows 10 adalah munculnya Windows Store. Dengan demikian, toko Windows ini dapat digambarkan sebagai toko perangkat keras. Di Windows Store Anda dapat mengunduh berbagai aplikasi, video, game, atau musik.

Untuk menemukan semua ini, pengguna hanya perlu masuk ke Windows Store dan di sana Anda akan menemukan semua gadget, game, waktu, dan video terbaru yang mereka inginkan.

Windows Store juga merupakan tempat terbaik untuk berbelanja berbagai macam aplikasi gratis atau berbayar.

Di sini Anda dapat menemukan acara TV, lengkap, dan lebih mudah diakses di Windows 10.

Semua konten di Windows Store juga diverifikasi oleh Microsoft. Sehingga terjamin keamanan perangkat ini untuk menggunakannya.

Windows Store juga tidak menawarkan fungsionalitas pada Windows 8.1. Namun, ia juga menyediakan fitur Windows terbaru seperti twitter, game, aplikasi komersial, portal berita Indonesia dan banyak lagi.

6. Virtual Desktop dan Multi-Doing

Desktop Virtual

Keuntungan lain dari Windows 10 adalah kemampuannya untuk mendukung banyak desktop. Fitur ini tidak hanya mendukung satu komputer, tetapi hanya 3 desktop dalam satu layar.

Dengan opsi ini, memungkinkan pengguna untuk melihat 3 dokumen sekaligus. Jadi, ketika Anda melakukan pekerjaan itu, pengguna dapat menyelesaikannya dengan cepat hanya dengan menyeret dan menjatuhkan komputer.

7. XBOX, Aplikasi Bawaan dan Office Mobile

XBOX jendela 10

Tahukah Anda apa itu XBOX? Jadi, XBOX adalah game yang disediakan oleh Windows 10. Nah, Windows 10 mendukung penuh game yang satu ini bahkan pengguna bisa langsung membagikan hasil game tersebut kepada pemain lain.

Tidak hanya itu, selain XBOX, Windows 10 juga menawarkan keunggulan dimana Windows sudah menawarkan berbagai fitur bawaan seperti peta, foto, aplikasi Musik, Groove, Film dan serial TV.

Sedangkan untuk proses cloud file sharing, Windows 10 bisa dilakukan menggunakan OneDrive.

8. Pengembangan – Koneksi Antar Perangkat

Manfaat Windows 10 Ada Kontinuum

Continuum adalah salah satu keunggulan Windows 10 selanjutnya. Dengan demikian, Continuum adalah pusat komunikasi antar perangkat. Untuk menggunakan alat ini, pengguna hanya perlu menghubungkan smartphone mereka ke komputer atau laptop yang sudah menjalankan Windows 10.

Dengan demikian, tampilan smartphone akan langsung muncul di PC atau laptop atau sebaliknya. Selain itu, untuk menghubungkan Windows, pengguna dapat dengan mudah melakukan ini dengan menggunakan aplikasi Microsoft Phone.

Dengan demikian, pengguna Android, iPhone, Windows Phone dapat menghubungkan semua perangkat Windows secara langsung.

9. Pembaruan Gratis Windows 10

Pembaruan Gratis Windows 10

Keunggulan Windows 10 selanjutnya adalah dapat melakukan upgrade, pengguna dapat menikmatinya secara gratis.

Jadi bagi anda pengguna windows 8 dan windows 8.1 yang ingin mencoba dan menguji windows 10 maka anda bisa melakukannya dengan mudah, hanya saja tools untuk upgrade gratis ini hanya bisa dilakukan pada windows 7 dan 8.1.

Bagi kamu yang laptop atau PC-nya sudah terinstall Windows, kamu harus membayar untuk melakukan upgrade. Windows 10 juga hadir dalam dua versi, Windows 10 Home dan Windows 10 Pro.

Windows 10 Home dapat digunakan untuk Windows 7 Home Basic serta Windows 7 Home Premium., Windows 8 dan Windows 8.1.

Sedangkan Windows 10 Pro hanya bisa digunakan secara gratis oleh Windows 7 Pro dan Windows 8, 8.1 Pro, Ultimate dan Windows 7 Professional saja.

Tentu saja, memutakhirkan adalah ide yang bagus jika Anda perlu memulai dengan memeriksa apakah sistem operasi Windows yang Anda gunakan asli atau berbahaya.

Menjadi pengguna Windows sejati karena di sana Anda akan menemukan banyak keuntungan, salah satunya adalah dapat mengupgrade versi Windows 10.

Untuk pengguna non-core Windows 7 atau 8, untuk memiliki Windows 10 Home harus membayar USD 119 atau setara dengan Rp. 1,6 juta.

Sedangkan untuk Windows 10 Pro, Anda harus membayar USD 199 atau setara dengan Rp. 2,6 juta. Sementara itu, jika Anda menggunakan Windows di rumah dan ingin meningkatkan ke Pro.

Maka Anda harus membayar USD 99 atau setara dengan Rp. 1,3 juta. Apakah harga ini tidak terlalu mahal? Untuk itu, jangan coba-coba mengganti Windows asli dalam format bajakan.

10. Windows Hello – Keamanan Deteksi Biometrik

Windows Halo

Jika Anda harus menggunakan kata sandi di Windows sebelumnya untuk membuat perlindungan, maka ini tidak akan berfungsi lagi di Windows 10.

Pasalnya, Windows 10 memiliki keamanan bernama Windows hello dimana sistem keamanan ini akan membuat pengguna lebih cepat, nyaman dan mudah saat login ke dalam perangkat.

Satu-satunya cara adalah dengan melakukan pemindaian wajah atau jari. Fitur backup security terbaru ini dibuat secara biometrik yang menjadi salah satu keunggulan Windows 10.

Dengan sistem keamanan ini, beberapa orang yang tidak memiliki laptop atau PC dapat dengan mudah membuka kunci perangkat.

Sehingga kerahasiaan dokumen yang tersimpan di dalamnya lebih terjamin dari sebelumnya. karena orang memiliki sidik jari dan wajah yang berbeda, meskipun mereka kembar identik.

Dengan 10 keunggulan Windows 10 di atas, tentunya menjadi bukti bahwa sistem operasi ini lebih baik dari versi sebelumnya.

Selain itu, kompleksitas teknologi yang ditawarkan oleh Windows 10 juga memungkinkan pengguna untuk menggunakan komputer atau komputer yang mereka gunakan.

Selain itu, dengan sistem yang lebih baru dan lebih aman, pengguna menjadi lebih tenang saat meninggalkan PC dengan dokumen yang lebih penting di dalamnya.

Baca juga:

Sumber Artikel: blogpress


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news