Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tugas dan Formulir Excel HLOOKUP, Lengkap Cara Menggunakannya

lembar kerja Microsoft Excel. (Pixabay)

Kelasmekanik.com – Pelajari apa itu formulir HLOOKUP Excel dan bagaimana menggunakannya. Tim HiTekno.com telah menyiapkan kursus Microsoft Excel berikut untuk Anda.

Apakah Anda benar-benar akrab dengan formulir HLOOKUP Excel? HLOOKUP adalah singkatan dari fitur Horizontal LOOKUP di Microsoft Excel.

Formulir HLOOKUP dalam program Microsoft Excel digunakan untuk mencari informasi di baris pertama tabel data langsung, dan kemudian menemukan nilai dari sel mana pun dalam satu kolom di tabel data.

Formulir HLOOKUP ditandai = HLOOKUP (see_bot, list_list, line_count_line, [range_lookup]). Lookup_value adalah nilai yang harus Anda cari di baris pertama.

Table_array adalah tabel informasi dimana data dicari. Row_index_num adalah nomor baris di table_array di mana nilai yang sama akan dikembalikan.

Range_lookup memiliki nilai TRUE atau FALSE valid yang menentukan apakah Anda ingin mencari yang sama persis atau mirip.

Microsoft Excel.  (Microsoft)
Microsoft Excel. (Microsoft)

Penasaran bagaimana cara menggunakan formulir HLOOKUP? Jadi, berikut adalah tutorial formulir HLOOKUP Excel yang harus Anda ketahui:

  1. Saat menggunakan fungsi Hlookup / rumus untuk mencari informasi yang akurat, pastikan untuk mengisi RangeLookup dengan nilai FALSE. Hal ini untuk meningkatkan akurasi pencarian kata pada form HLOOKUP yang akan kita gunakan nantinya.
  2. Misalnya, Anda dapat menggunakan formulir = HLOOKUP (A8; A2: E6; 3; FALSE) yang dapat Anda tulis di sel excel Anda. Ingat, setiap formulir di Excel harus dimulai dengan tanda = (sama dengan).
  3. Formulir Hlookup di atas digunakan untuk menentukan level teks yang merupakan nilai cellA8 pada baris pertama tabel referensi A2: E6 yang Anda buat sebelumnya.
  4. Form HLOOKUP ini nantinya akan membutuhkan nilai cellA8 di beberapa cell. Jika nilai cellA8 berada pada kolom 3 pada tabel, maka fungsi Hlookup akan menghasilkan baris ke-3 yang berdekatan/kolom dengan tingkat kualitas teks yang sama dengan nilai cellA8.
  5. Karena menggunakan RangeLookup “FALSE” yang berarti bahwa proses HLOOKUP harus memerlukan nilai yang cukup besar, formulir HLOOKUP menghasilkan pesan kesalahan #NA, karena nilai dengan teks yang sama tidak tersedia.

Ini adalah langkah-langkah yang harus Anda ambil jika Anda ingin menggunakan formulir HLOOKUP Excel di dokumen Anda. Sangat mudah bukan? Semoga berhasil dengan tutorial Microsoft Excel!

Donatur: Jeffry francisco



Sumber Artikel: https://www.hitekno.com/gadget/2022/03/24/152630/fungsi-dan-rumus-hlookup-excel-lengkap-cara-menggunakannya


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news