Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Qualcomm mengelola pasar Chip Kelas Premium, Bagian Harga Rendah HP MediaTek Masters.

featured image

logo Qualcomm. (Qualcomm)

Kelasmekanik.com – MediaTek diketahui memimpin pasar chip ponsel Android sebesar 45 persen pada 2021. Mereka mengungguli pesaing utama mereka, Qualcomm, dengan 35 persen pasar.

Faktor-faktor di atas mewakili pangsa pasar secara keseluruhan karena jumlah komponen yang berbeda. Firma riset pasar Counterpoint telah merilis laporan baru-baru ini tentang distribusi komponen yang ditargetkan oleh produsen chipset global.

Berdasarkan data Counterpoint Research, Qualcomm berhasil mengelola pasar chip di kelas menengah dan awal. Mereka memiliki harga pangsa pasar 50 persen di atas US$300 (Rp 4,3 juta).

Namun kisaran harga 700 hingga 799 dollar AS (Rp 10 juta – Rp 11,5 juta) masih dikuasai Samsung dan menguasai 46 persen pasar.

Counterpoint Research mengatakan bahwa pemain seperti MediaTek, Qualcomm, Exynos, HiSilicon, dan Unisoc memimpin dalam rantai pasokan chip global.

Dimensi MediaTek 1300. (MediaTek)
Dimensi MediaTek.(MediaTek)

MediaTek memimpin pasar chip secara umum karena kinerja penjualan yang kuat pada ponsel Android kelas bawah. Artinya MediaTek telah berhasil menguasai pangsa smartphone Android dengan biaya lebih rendah.

Counterpoint Research mengakui bahwa MediaTek memimpin pasar menengah ke harga rendah atau rendah $300. Mereka berhasil menguasai pasar karena permintaan yang kuat untuk chipset Dimensi 700, 800 dan Helio.

Dimensi MediaTek 700. (MediaTek)
Dimensi MediaTek 700. (MediaTek)

Dikutip dari GizmochinaMediaTek telah berhasil merilis chipset 5G murah dengan kinerja kompetitif pada tahun 2021. Seri Dimensions 700 hingga 1200 menawarkan kinerja yang setara dan terkadang melebihi -pesaing pesaing dalam braket harga yang sama.

MediaTek mulai bekerja keras untuk mengambil pasar Android pertama dengan chipset Dimensity 8000 dan 9000 pada tahun 2022. Jika sistem mereka berhasil, MediaTek dapat mengganggu pasar chipset premium Qualcomm tahun ini.



Sumber Artikel: https://www.hitekno.com/gadget/2022/03/21/132616/qualcomm-dominasi-pasar-chip-kelas-premium-mediatek-kuasai-segmen-hp-murah


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news