Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Masalah yang sering terjadi Mesin 4 Tak dan Cara Mengatasinya

kelasmekanik.com – Mesin 4 tak merupakan mesin yang ramah lingkungan, karena tidak banyak mengeluarkan residu yang mudah terbakar dan tidak menimbulkan bunyi/bunyi seperti mesin. sepeda motor 2 tak. Untuk alasan ini, saat ini, insinyur 4 tak sedang diproduksi lebih dari insinyur 2 tak. Namun meski mesin sepeda motor 4 tak ramah lingkungan dengan tidak mengeluarkan asap tebal atau buruk, terkadang adanya kerusakan sebagian atau penyebab lain dapat menyebabkan emisi gas buang mesin.

Hal ini membuat pengendara sepeda motor merasa tidak nyaman dengan lingkungan dan bahkan mungkin merasa malu. Dan perlu adanya tindakan perbaikan, karena dapat berdampak buruk pada beberapa komponen yang masih dalam kondisi baik jika tidak ditangani.

Penyebab Mesin Uap Pada Mesin 4 Tak dan Cara Mengatasinya

Penyebab mesin hidup

Di bawah ini adalah beberapa kemungkinan saat mesin sepeda motor Anda meledak dan cara mengatasinya:

1. Piston Ring Hit (kedaluwarsa)

Jika Ring Piston mesin Anda tertutup atau tipis dan daya rekat piston/piston tidak normal, akibatnya adalah proses kompresi bocor ke dalam mesin sehingga oli yang digunakan untuk melumasi bagian luar Piston dapat masuk ke area tersebut. silinder dan oli dicampur dengan proses kompresi.

Koreksinya adalah mengganti Ring Piston dengan yang baru, dan memeriksa apakah Piston sudah aus atau tidak karena sering kali Piston Hitting Ring bisa bersamaan dengan saat Piston memakainya.

Baca juga: Penyebab Sepeda Motor Bertahan dan Cara Mengatasinya

2. Mesin Cylinder Hit (pelapisan)

Ketika kita berbicara tentang silinder mesin, kita melihat letak piston mesin, silinder yang menua bisa terjadi karena ada benturan dengan piston atau ringnya. Bilah piston yang rusak dapat menyebabkan keretakan pada silinder mesin, jika tersulut maka oli mesin akan habis, hal ini akan menyebabkan mobil menjadi overheat melalui lubang pembuangan.

Cara mengatasi penyebab mesin mampet karena laras mesin kehilangan tenaga sebesar kotak lubang silinder atau memperbesar lubang silinder agar palang yang ada juga bisa diratakan.

3. Segel Katup Bocor

Hal ini masih berlaku pada mesin, katup atau katup pada mesin berfungsi untuk menyediakan udara untuk pengoperasian api dan untuk mengontrol sisa gas yang mudah terbakar yang harus dibuang (input dan discharge). Kebocoran Valve Seal/Lem dapat menyebabkan pelumas masuk ke ruang bakar sehingga api bercampur oli menimbulkan asap tebal, dan mesin overheat dengan asap.

Cara mengatasinya adalah sesuaikan segel katup dengan katup uji baru dan disetujui untuk kembali normal.

4. Pemasangan Katup Salah

Katup klep ini masih sama dengan pembahasan di atas, jika pemasangan klep salah atau menyimpang bisa menyebabkan klep menyusut. Walaupun sama-sama merupakan katup minum, namun kondisi kedua katup ini tidak boleh terganggu pada saat pemasangan, karena memiliki perbedaan separasi yang tipis, sehingga pemasangannya harus akurat.

5. Kemasan Silinder Rusak

Jika ada asap di dalam asap atau di area mesin, penyebabnya mungkin karena Cylinder Packing rusak atau duduk. Central packing antara konektor cylinder engine head dan “engine block” penghubung ke fire chamber, jika packing rusak, kemungkinan besar akan terjadi kebocoran oli dan udara, sehingga oli yang masuk ke fire chamber bisa masuk. menyebabkan asap masuk ke mesin dan asap sepeda motor.

Cara memperbaikinya adalah dengan mengganti Seal/Packing Cylinder Head dengan yang baru, dan itu pasti sangat sulit.

6. Minyak sangat cepat

Oli memiliki ukuran kekentalan (SAE) tersendiri, jadi anda harus mengetahui jenis listrik dengan daya CC kecil dan besar pasti memiliki kekentalan oli yang berbeda. Minyak yang sangat melembabkan dapat menyebabkannya menembus segel / paket untuk memasuki ruang api dan menyebabkan asap tebal.

Oli mesin terbaik dapat dipilih tergantung pada jenis mesin dan suhu di mana ia berada, jika berada di iklim tropis, oli terbaik memiliki SAE di atas 20 dengan viskositas yang cukup untuk pelumasan. . Detail oli khusus dapat dilihat di bagian wadah oli.

Baca juga: Penyebab Mesin Mati dan Cara Mengatasinya

7. Karburator kotor

Selain menimbulkan asap mesin, bisa juga terjadi di area bagian karburator, api dalam keadaan kotor, sehingga mengeluarkan asap kotor bersamanya.

Solusi penyebab mesin meledak adalah dengan melakukan perawatan secara berkala pada seluruh bagian mesin yang sangat mendukung pergerakan mesin, agar tetap bersih dan bersih setiap saat.

8. Efek Kelelahan

Jika semua bagian penting di atas telah diperiksa dan tidak menunjukkan kerusakan, maka Anda harus mencurigai bagian finishing, karena cairan itu sendiri dapat menyebabkan asap menumpuk di sepeda motor, termasuk cairan dehidrasi dan cairan modifikasi. .

Jika cairan memiliki tulang punggung karena kepulan asap yang tersisa, maka setiap kali asap keluar dari cairan juga akan menjadi hitam karena disebabkan oleh tulang punggung. Solusinya adalah dengan menyeka asap dari permukaan dan lihat perbedaannya.

Knalpot yang dimodifikasi juga dapat menyebabkan asap uap meningkat ketika berwarna hitam, seringkali ini karena lebih banyak bahan bakar yang keluar dari karburator daripada biasanya, karena knalpot kecepatan yang dimodifikasi membutuhkan penyemprot, konsumsi bahan bakar yang tinggi untuk meningkatkan efisiensi kendaraan. , efek dari asap yang memakan waktu.

Jika Anda ingin menghindari asap yang mengepul dari sepeda motor, yang terbaik adalah mengurangi tingkat bahan bakar di karburator atau mengembalikan cairan ke normal.

Semoga tips mengatasi motor rusak ini dapat diatasi, dan Anda mungkin dapat merawat sepeda motor dengan baik.

Sumber Artikel: automilenia


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news