Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengetahuan tentang Sejarah Web

Jelas, sejarah Internet dimulai pada tahun 1960-an. Internet telah mengalami banyak perubahan. Sejarah ini dijelaskan dalam artikel berikut.


Saat ini, internet telah menjadi kebutuhan pokok bagi hampir semua orang dari berbagai latar belakang. Pasalnya, hampir setiap aspek pekerjaan dalam kehidupan sehari-hari seseorang telah menggunakan internet.

Mulai dari mencari informasi, resep, pergi ke workshop dan membeli produk tertentu. Banyak yang tidak menyadari bahwa sejarah Internet dimulai pada tahun 1960-an.

Jaringan itu sendiri dapat digambarkan sebagai jaringan global jaringan dengan ribuan jaringan yang saling terhubung dengan kabel serat optik.

Jaringan memiliki potensi untuk menyebar secara global, menyebarkan media dengan cepat, dan secara kolaboratif berinteraksi dengan orang-orang di mana pun lokasi mereka.

Sejarah Web

Ini adalah cerita masa lalu tentang web yang diambil dari berbagai sumber dan dirangkum dalam beberapa poin berikut:

1. Penyebab Pengembangan Web

Penyebab Pengembangan Web

Internet dimulai pada 1960-an sebagai cara bagi peneliti pemerintah untuk berbagi informasi.

Komputer pada tahun 1960-an sangat banyak dan stabil, sehingga untuk menggunakan informasi yang disimpan di satu komputer, seseorang harus pergi ke lokasi komputer atau memiliki tape recorder dari komputer magnetik yang dikirim oleh sistem surat standar.

Alasan lain untuk membangun jaringan adalah pemanasan Perang Dingin. Munculnya satelit Sputnik Uni Soviet mendorong Departemen Pertahanan Amerika Serikat untuk mempertimbangkan kemungkinan cakupan bahkan setelah serangan nuklir. Ini akhirnya mengarah pada pembentukan ARPANET.

ARPANET (Advanced Research Projects Agency Network) adalah jaringan yang akhirnya menjadi apa yang sekarang Anda kenal sebagai internet.

ARPANET telah sukses besar tetapi anggotanya terbatas pada organisasi pendidikan dan penelitian tertentu yang memiliki kontrak dengan Departemen Pertahanan. Menanggapi hal ini, beberapa jaringan telah dibentuk untuk memberikan informasi alternatif.

2. Ulang Tahun Web

Ulang Tahun Web

Sebelumnya, berbagai jaringan komputer tidak memiliki mode komunikasi standar. Menjelang akhir protokol komunikasi baru disebut, yang disebut Transfer Control Protocol / Internetwork Protocol (TCP / IP).

Hal ini memungkinkan berbagai jenis komputer di jaringan yang berbeda untuk ‘berkomunikasi’.

ARPANET dan Defense Data Network akhirnya resmi mengubah status TCP/IP pada 1 Januari 1983, yang membuat seluruh jaringan terhubung dalam bahasa global. Hari ini sekarang dianggap sebagai hari lahir resmi internet.

3. Desainer Internet

Penemu Internet

Teknologi sangat luas dan selalu berubah karena jaringan tidak mungkin ditemukan oleh satu orang.

Jaringan adalah karya banyak ilmuwan, pemrogram, dan insinyur, yang masing-masing mengembangkan fitur baru dan teknologi baru yang akhirnya bergabung dengan jalur informasi yang hebat. ‘saat ini dikenal sebagai Internet.

Jauh sebelum teknologi tersedia untuk membangun jaringan, sebenarnya banyak ilmuwan yang sudah mengantisipasi keberadaan jaringan informasi di seluruh dunia.

Contohnya adalah Nikola Tesla yang “bermain” dengan ide “World Wireless System” di awal 1900-an.

Ada juga visioner Paul Otlet dan Vannevar Bush yang mempelajari sistem pelacakan mekanis pada 1930-an dan 1940-an.

Namun secara umum, tiga nama paling populer di internet adalah JCR Licklider, Leonard Kleinrock, Lawrence Roberts.

Ketiganya adalah mahasiswa dari MIT (Massachusetts Institute of Technology). MIT adalah universitas studi swasta di Cambridge, Massachusetts, yang mencakup lebih dari satu mil di sepanjang Sungai Charles.

4. Cerita Sejarah Internet

Berita Sejarah Web

  • Kisah Internet dimulai ketika JCR Licklider memperkenalkan jaringan komputer global pada tahun 1960-an. JCR Licklider meminta rekan Leonard Kleinrock dan Lawrence Roberts untuk memimpin program ilmu komputer di Advanced Research Projects Agency (ARPA).
  • Pada bulan September 1969, jaringan komputer paket pertama dipasang di UCLA dan dikendalikan oleh Kleinrock. Jaringan pertama hanya digunakan oleh teknisi komputer, insinyur, ilmuwan, dan jurnalis. Tidak ada komputer pribadi di rumah atau kantor pada masa itu, dan siapa pun yang menggunakannya harus belajar menggunakan sistem yang sangat canggih.
  • Pada bulan Desember 1969, jaringan ARPA diperluas untuk mencakup tiga node lagi di Stanford Research Center (SRI), University of California Santa Barbara, dan University of Utah.
  • Jaringan ARPA yang awalnya menggunakan NCP diadaptasi menjadi protokol baru yang disebut TCP/IP pada tahun 1983. TCP mengubah pesan menjadi paket sumber, dan kemudian menghubungkannya kembali menjadi pesan. IP mengelola pemrosesan alamat dan memastikan bahwa paket dirutekan melintasi beberapa node atau melintasi beberapa jaringan multi-jaringan.
  • Jaringan menjadi terkenal dan berkembang pada tahun 1970, ketika 15 node (23 pasukan) terbentuk di banyak tempat, yaitu University of California Los Angeles, SRI, University of California Santa Barbara, MIT, laboratorium Lincoln, University of Utah, RAND, BBN , SDC, Harvard, CMU, UIU (C), Stanford, CWRU, dan NASA / Ames.
  • Pada tahun yang sama, 1971, E-mail diperkenalkan. Email adalah program yang mengirimkan pesan dari penerima ke penerima secara online. E-mail menjadi bentuk komunikasi terbaru dan terpenting saat itu.
  • Pada akhir tahun 1971, sekitar 111 orang telah tersebar di seluruh negeri. Jaringan konversi paket tambahan dibuat antara tahun 1970 dan 1975. Ini termasuk ALOHAnet, Telenet, Cyclades, Tymnet, GE Information Services, dan jaringan SNA IBM.
  • Pada 1980-an, jaringan dengan cepat berubah dari jaringan nasional dasar menjadi jaringan internasional. Pada awal 1980-an, lebih dari 200 penerima terhubung ke ARPANET. Jumlahnya terus meningkat dan mencapai 100.000 pada akhir tahun 1980. Pada tahun 1980-an jaringan komputer juga semakin banyak didirikan.
  • Pada tahun 1981, BITNET (Because It’s Time NETwork) didirikan dan menjadi penyedia email dan transfer file. Pada tahun yang sama, CSNET (Computer Science Network) dibuat untuk ilmuwan universitas yang tidak dapat mengakses ARPANET.
  • Pada tahun 1986, NSFNET didirikan dengan tujuan menyediakan akses ke pusat superkomputer yang didukung NSF. NSFNET dimulai pada 56 kbps di awal 1990-an.Kecepatannya terus meningkat hingga 1,5 Mbps.
  • Pada tahun 1990-an, dunia mulai berubah secara dramatis dalam hal teknologi, dan internet mulai mempengaruhi orang-orang. Salah satu highlights dari tahun 1990-an adalah penciptaan World Wide Web (WWW).
  • Pada tahun 1991, ada lebih dari 1 triliun byte per bulan dan 10 miliar paket per bulan lalu lintas di NSFNET. Terakhir, NSFNET meningkatkan kecepatan koneksinya ke T3 (44.736 Mbps).
  • Pada tahun 1994, lalu lintas ke NSFNET melebihi 10 triliun byte per bulan, dan jumlahnya terus meningkat.
  • Pada akhir 1990-an, hampir seluruh dunia memiliki akses ke Internet.
  • Pada tahun 2002, ada lebih dari 200 juta sistem, dan statistik memperkirakan bahwa pada tahun 2010, sekitar 80 persen populasi dunia akan terhubung ke Internet.
  • Hari ini, 2020, jaringan ada di mana-mana.

Siapa sangka, mungkin saja sejarah internet yang dimulai pada awal tahun 1960-an telah membawa manusia pada teknologi tercanggih seperti sekarang ini.

Dapat dikatakan bahwa internet adalah masa depan yang dapat membawa beberapa manfaat atau konsekuensi negatif, tergantung bagaimana penggunaannya. Yang jelas, bagaimanapun, adalah bahwa jaringan telah mendekati individu dan negara dengan pengetahuan dan informasi yang berbeda.

Baca juga:

Sumber Artikel: blogpress


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news