Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memahami Internet

Seiring waktu, Internet terus tumbuh dan berkembang dan telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari masyarakat.

Internet menawarkan berbagai konten dan informasi, mulai dari menonton film hingga program hiburan lainnya, menawarkan lokakarya, memesan, dan berbelanja. Tapi, tahukah Anda apa itu internet dan bagaimana cara kerjanya?

Memahami Internet Secara Umum

Memahami Internet Secara Umum

Jaringan adalah jaringan global yang menghubungkan sistem komputer di seluruh dunia. Jaringan ini mencakup beberapa jalur bandwidth tinggi yang membentuk tulang punggung Internet.

Pengertian Internet Menurut Para Ahli

Beberapa komentar Web dari sejumlah pakar dan sumber adalah sebagai berikut:

1. Onno Purbo (oleh Prihatna, 2005)

Menurut Onno Purbo, jaringan sebenarnya merupakan jaringan yang terintegrasi dengan berbagai aplikasi seperti E-mail, Web, dan VoIP, yang bertujuan untuk mempermudah komunikasi.

2. Oetomo (2002)

Oetomo mengatakan jaringan sedang menunggu “jaringan internasional“, didefinisikan sebagai jaringan komputer besar (sangat besar) dengan jaringan kecil yang saling berhubungan.

3. Harjono (2009)

Jaringan adalah kumpulan jutaan komputer di seluruh dunia, yang dapat terhubung atau terhubung karena memiliki media berbasis satelit, kabel/fiber optik, dan telekomunikasi.

4. Ramdhani (2003)

Jaringan Ramdhani merupakan sistem internasional yang menggunakan Transmission Control/Internet Protocol (TCP/IP) untuk menghubungkan komputer di seluruh dunia.

Jaringan ini memiliki jaringan pemerintah, pendidikan, bisnis, publik dan pribadi, dari area lokal hingga ke seluruh dunia. Teknologi penghubung dapat berupa jaringan nirkabel, elektronik atau optik.

5. Sebero (2011)

Untuk Cyberro, internet adalah singkatan dari “Jaringan yang saling terhubung“, yang berarti jaringan komputer yang menghubungkan jutaan komputer di seluruh dunia dan mengelola semua jenis layanan dan perangkat informasi, seperti aplikasi dari World Wide Web (WWW), hypertext terkait dokumen, berbagi file, dan email.

6. Supriyanto (2006)

Jaringan adalah jaringan terbesar yang menghubungkan berbagai jenis komputer di dunia dan memiliki fungsi dan fungsi yang berbeda.

Koneksi ini menggunakan alat komunikasi satelit canggih dan kabel yang menggunakan protokol komunikasi standar yang disebut TCP/IP (Transmission Control/Internet Protocol).

7. Heywood (1996)

Internet adalah istilah teknologi yang menghubungkan sejumlah besar komputer dan jaringan di seluruh dunia.

Internet adalah jaringan komputer yang memungkinkan pengguna komputer untuk terhubung dengan komputer lain di berbagai belahan dunia.

9. Alan (2005)

Jaringan adalah sistem jaringan komputer global yang memungkinkan pengguna komputer lain mengakses informasi dari komputer lain (dan terkadang berkomunikasi langsung dengan pengguna).

10. Sorban (2005)

Jaringan didefinisikan sebagai sekelompok jaringan komputer yang terhubung dan memungkinkan komunikasi elektronik. Jaringan ini mungkin memiliki fasilitas akademik, komersial atau pemerintah, dan mungkin memiliki dua komputer permanen.

11. Raner

Jaringan adalah jaringan komputer global yang menyediakan berbagai layanan informasi dan komunikasi, dengan jaringan yang menggunakan metode komunikasi umum.

12. Tukang tembikar

Internet adalah jaringan global yang memfasilitasi komunikasi global dan akses ke sumber data melalui jaringan swasta, publik, bisnis, pendidikan, dan organisasi pemerintah.

Cara Kerja Internet

Dari sudut pandang fisik, Internet memanfaatkan alat dari situs jejaring sosial yang ada. Namun secara teknis, Jaringan menggunakan sekelompok protokol yang disebut Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP).

Dua koneksi teknologi internet terbaru saat ini adalah ekstranet dan intranet, dengan menggunakan protokol TCP/IP. Website itu sendiri memiliki dua komponen utama, yaitu:

1. Protokol Jaringan

Protokol Jaringan

Prinsip-prinsip seperti paket TCP/IP memberikan pedoman yang harus diikuti pengguna untuk melakukan tugas. Tanpa aturan umum ini, mesin tidak akan dapat berkomunikasi.

Protokol juga bertanggung jawab untuk menerjemahkan pesan teks alfabet menjadi simbol elektronik yang dapat dikirim melalui Internet, dan kemudian kembali untuk membaca teks alfabet.

2. Perangkat Keras

Peralatan

Perangkat keras adalah komponen terbesar kedua dari Internet, yang mencakup segala sesuatu mulai dari komputer atau ponsel cerdas yang digunakan ke Internet, hingga kabel yang berjalan dari satu perangkat ke perangkat lainnya.

Jenis perangkat keras lainnya termasuk radio, satelit, server, menara seluler, dan router.

Berbagai jenis Perangkat Keras ini adalah tautan di seluruh jaringan. Perangkat seperti komputer, smartphone, dan laptop adalah endpoint (klien), sedangkan perangkat penyimpanan data disebut server.

Kabel transmisi data dapat berupa sinyal nirkabel dari satelit atau 4G dan menara telepon atau kabel seperti kabel dan serat optik.

Metode komunikasinya adalah sebagai berikut:

  • Proses transfer informasi dari satu perangkat ke perangkat lain tergantung pada perubahan paket. Setiap komputer yang terhubung ke Internet diberikan alamat IP unik yang memungkinkan perangkat untuk diidentifikasi.
  • Beberapa perangkat yang mencoba mengirim pesan ke perangkat lain mengirimkan informasi melalui Internet dalam bentuk “paket” yang dapat dikontrol dengan mudah. Masing-masing paket ini diberi nomor port yang akan ditautkan ke item terakhir (atau “pelanggan”).
  • Paket dengan alamat IP dan nomor port yang unik dapat dikonversi dari teks alfabet ke simbol elektronik dengan berpindah melalui tahapan model OSI dari bagian atas aplikasi ke bagian bawah badan.
  • Setelah itu, pesan dikirim melalui Internet dan diterima oleh router ISP. Router akan memeriksa alamat lokal yang ditetapkan untuk setiap paket dan menentukan ke mana harus mengirimnya.
  • Akhirnya, paket mencapai akhir (fungsi) dan bergerak mundur dari bagian bawah model OSI ke bagian atas aplikasi. Selama proses ini, detail transit (nomor port dan alamat IP) dilepaskan ke dalam paket, memungkinkan data untuk ditulis ulang secara alfabetis dan menyelesaikan proses transfer.

Kelebihan Web

Kelebihan Web

  1. Agar masyarakat dapat mengakses berbagai informasi, pengetahuan dan pendidikan.
  2. Tingkatkan komunikasi dan berbagi file atau informasi lainnya dengan mudah.
  3. Hal ini dapat memungkinkan seseorang untuk melakukan pekerjaan sendiri, dan dapat membantu untuk memfasilitasi kerjasama antara keluarga, kota, provinsi, atau negara.
  4. Beri lebih banyak orang kesempatan untuk menjual produk dan menghasilkan uang secara online.
  5. Menawarkan sumber hiburan tanpa batas, mulai dari video, film, musik, hingga jutaan game.
  6. Kemampuan untuk meningkatkan dampak pesan serta memungkinkan organisasi lain menjangkau khalayak yang lebih luas dan meningkatkan jumlah donasi.
  7. Ini memiliki akses ke Internet of Things (IoT), yang memungkinkan peralatan dan perangkat rumah untuk terhubung dan dikendalikan dari komputer atau smartphone.
  8. Itu dapat menyimpan data dan berbagi file dengan mudah dengan penyimpanan cloud.
  9. Ia mampu memantau dan mengelola rekening Anda dengan cepat dan mudah, seperti rekening bank atau utang kartu kredit.

Saat ini, Internet telah menjadi pusat sosial, perusahaan, dan independen yang dapat diakses oleh jutaan orang di seluruh dunia. Istilah Internet dan World Wide Web sering digunakan secara bergantian, tetapi mereka tidak sama.

Kesadaran Internet mengacu pada sistem komunikasi global (termasuk alat dan peralatan), sedangkan jaringan adalah layanan berbasis Web.

Baca juga:

Sumber Artikel: blogpress


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news