Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Mobil Boros Bensin Bahan dan Cara Mengatasinya Agar Lebih Efektif

kelasmekanik.com – Penyebab kebocoran bahan bakar merupakan salah satu hal yang perlu diketahui pengendara. Konsumsi bahan bakar pada mobil mewah tentunya akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk perawatannya. Meski kendaraan Anda disokong teknologi Electronic Fuel Injection (EFI), masih banyak kendaraan hemat bahan bakar.

Siapa pun dapat mencari mobil hemat bahan bakar ketika mereka mulai membelinya. Sehingga semakin banyak produsen mobil yang dapat menyediakan produk terbaru Mobul yang irit dan irit bahan bakar. Tapi kenapa banyak mobil irit bahan bakar yang dikeluhkan para pengendara?

Secara teoritis, salah satu hal yang menyebabkan mobil kehabisan bensin dengan bahan bakar adalah tekanan yang dalam pada pedal gas. Karena ketika mobil memiliki banyak tenaga, banyak bahan bakar yang harus dikeluarkan.

Itu Harus Hati-hati! Berikut ini adalah penyebab kebocoran bahan bakar:

truk bahan bakar

Berikut adalah beberapa di antaranya penyebab bahan bakar mobil rusak Yang perlu Anda ketahui meliputi:

1. Usia Kendaraan

Seperti kebanyakan mobil, semakin lama mobil digunakan, semakin rendah nilainya. Ini adalah penyebab umum kebocoran bahan bakar di dalam mobil. Inilah yang akan menyebabkan permintaan lemak yang terus meningkat.

2. Filter Udara Kotor

Sedikit yang diketahui, badai yang terkadang jarang terlihat menjadi salah satu penyebab kendaraan hemat bahan bakar. Bersihkan saringan udara sesering mungkin untuk menghindari knocking yang dapat menyebabkan oli cepat habis.

Filter udara di dalam mobil berfungsi untuk menyaring kotoran seperti debu, kertas, dan barang-barang lainnya agar AC di perapian tetap bersih. Tumpukan debu yang jarang ditaburi akan menyebabkan polusi udara mencemari udara dan menyebabkan bahan bakar lebih cepat habis.

3. AC sangat sering dinyalakan

Penyebab lain kerusakan bahan bakar adalah AC yang sangat sering terbuka pada suhu tinggi. Saat AC dihidupkan pada suhu tinggi, kompresor akan berputar lebih cepat dari biasanya. Hal ini pada gilirannya menyebabkan mobil kehabisan bensin lebih cepat dan lebih efisien. Gunakan AC sedang untuk menjaga konsumsi bahan bakar.

Baca juga: Penyebab Kematian Mobil dan Cara Mengatasinya

4. Ban Tinggi

Siapa sangka, hal sepele seperti ini menjadi salah satu penyebab utama kerusakan bahan bakar. Ya. Hanya karena ban kempes, mobil Anda bisa cepat kehabisan bensin. Hal ini karena pelebaran jarak sumbu roda yang menyebabkan gesekan di jalan, sehingga mobil membutuhkan tenaga lebih untuk terus melaju. Hal ini pada akhirnya menyebabkan bahan bakar lebih cepat habis, dari biasanya.

5. Kehilangan Konverter Katalitik

Catalytic converter merupakan salah satu bagian terpenting dari sebuah mobil dengan fungsi yang tidak jauh berbeda dengan filter udara, yaitu menyaring limbah dari gas buang. Penerjemah katalitik yang dihapus akan berdampak signifikan pada efisiensi bahan bakar. Meski pada akhirnya mesin mobil akan lebih irit dan kencang, hal ini pasti akan menyebabkan bahan bakar lebih cepat rusak dan habis.

Proses mengatasi boros bahan bakar agar bekerja lebih baik

Setelah mengetahui penyebab bahan bakar mobil rusak hal lain yang tidak begitu penting dalam mengemudi adalah mengetahui cara menanganinya.

Berikut ini adalah beberapa saran tentang cara mengurangi konsumsi bahan bakar, antara lain:

1. Pemanasan mobil dalam waktu yang sangat singkat

Mobil yang terlalu panas akan menyebabkan bahan bakar cepat habis dan mogok. Panaskan mobil sekitar 1-2 menit sebelum digunakan.

2. Isi BBM di pagi hari

Setiap SPBU menyimpan sejumlah besar bahan bakar di tangki bawah tanah. Di pagi hari, kondisi tanah yang dingin akan membuat suhu bensin semakin kental. Hal ini akan mempengaruhi jumlah bahan bakar yang ditambahkan pada mobil untuk mengisinya lebih banyak dibandingkan dengan pengisian bahan bakar pada siang hari.

Baca juga: Penyebab Kram Mobil dan Cara Mengatasinya

3. Pastikan ban tidak kempes

Seperti disebutkan di atas, ban yang kurang angin dapat menyebabkan pemompaan bahan bakar yang berlebihan. Periksa ban sebelum berangkat, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

4. Servis mobil reguler

Menjaga performa kendaraan dengan mengoperasikan bengkel formal reguler untuk mencegah tabrakan mobil dan kebocoran bahan bakar. Pengecekan dan perbaikan yang terus menerus juga akan membuat kualitas mobil Anda semakin keren.

5. Jaga kebersihan filter udara

Badai merupakan faktor penting yang mempengaruhi kecepatan atau tidak habisnya bahan bakar. Lakukan pembersihan filter secara rutin untuk menjaga mobil tetap irit bahan bakar setiap saat dan tetap bersih.

6. Isi Oli sebelum terlambat

Mengisi oli pada mobil secara berlebihan akan memperburuk performa mobil, dan ini akan membuang bahan bakar. 


Sumber Artikel: automilenia


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news