Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menangkan SD Card Tidak Bisa Diformat Write Protected

Kartu SD atau kartu memori saat ini banyak digunakan oleh pengguna perangkat, seperti penyimpanan tambahan di luar. Kartu SD banyak digunakan untuk mereka yang memiliki memori internal terbatas atau kapasitas penuh, karena membutuhkan banyak penyimpanan.

Umumnya, SD card atau kartu memori hadir dalam tiga jenis, SDSC dengan kapasitas maksimal 4 GB. Kemudian SDHC dengan kapasitas maksimal 32 GB. Yang terakhir adalah SDXC paling kuat, yaitu 3 TB.

Ukuran SD Card sendiri sangat kecil, namun fungsinya sangat kompleks, dimulai dari penggunaan untuk menyimpan file atau data digital. Biasanya dalam format video, foto atau gambar digital, audio digital, file digital, dan sebagainya.

Kartu SD Tidak Dilindungi Tulis Dilindungi

Namun, selain manfaat kompleks seperti yang disebutkan di atas, kartu SD terkadang memiliki masalah seperti kartu SD tulis keamanan. Masalah ini biasanya muncul ketika Anda ingin memformat kartu memori di ponsel atau desktop Anda.

Banyak dari Anda mungkin pernah mengalami masalah ini, tetapi Anda tidak tahu apa artinya kesalahan menulis dilindungi itu. Hanya kesalahan Ini berarti kartu SD Anda terkunci, sehingga Anda tidak dapat memformat, menghapus data, atau menambahkan data.

Tulis dilindungi biasanya terjadi karena sejumlah alasan termasuk kunci gembok atau kunci Kartu SD belum dibuka, jadi aktif menulis Kartu SD tidak dapat digunakan. Selain itu bisa juga disebabkan oleh pabrik biasa atau kelemahan.

Nah, untuk mengatasinya, Anda bisa mengikuti tata cara yang sudah kami rangkum di bawah ini.

Buka kunci Kartu SD

Pertama-tama, penyelesaian kartu memori tidak dapat dikonfigurasi karena kesalahan menulis dilindungi adalah untuk membuka kunci kartu memori. Banyak pengguna kartu SD sering lupa untuk membuka kunci, karena itu adalah lokasi tombol kunci sulit untuk melihat pada awalnya. karena terletak di samping kartu memori.

Jika kartu SD masih terkunci, maka berfungsi menulis dari kartu SD tidak akan berfungsi. Nah untuk mengatasinya silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Pertama, lihat tombolnya kunci di samping kartu memori atau adaptor.
  2. Perhatikan tombolnya, jika lalu lintas diarahkan ke kunci, berarti terkunci.
  3. Jika demikian, silakan buka kuncinya atau pindahkan ke lokasi yang tidak terkunci.
  4. Selesai, dan pesan yang dilindungi akan hilang.

Ya, Anda mungkin perlu menyadari bahwa aktivasi kartu SD yang terkunci adalah untuk mencegah kemungkinan kerusakan karena faktor eksternal. Misalnya karena pengaturan pengguna yang salah, atau karena virus. Selain itu, terkadang karena kartu SD yang terkunci muncul kesalahan menulis dilindungi.

Kartu SD Garansi

Cara kedua untuk menaklukkan teks aman adalah dengan memverifikasi kartu memori Anda. Jika Anda sudah mencoba cara pertama tetapi tidak berhasil, mungkin satu-satunya hal yang dapat terjadi pada kartu SD Anda adalah rusak dari pabrik biasa, sehingga muncul masalah. tulis keamanan.

Bagaimana cara memperbaikinya, silakan pergi ke lokasi tempat Anda membeli kartu SD. Kemudian jelaskan masalah kartu SD yang Anda hadapi. Kemudian jika masalahnya disebabkan oleh kerusakan pabrik, penghitung akan sering menggantinya dengan yang baru.

Namun, perlu diingat bahwa kartu SD Anda memiliki garansi dan masih dalam garansi. Jika belum, Anda bisa mencoba cara berikut ini.

Lihat Konektor Kartu SD

Perangkat di luar seperti kartu SD, ia memiliki konektor yang berfungsi sebagai konektor. Konektor biasanya memiliki warna kuning cerah. Silakan periksa bagian untuk melihat apakah ada debu atau kotoran, karena jika kotor kadang-kadang dapat menyebabkan kesalahan.

Salah satu cara paling efektif untuk memecahkan masalah kartu SD tulis keamanan adalah membersihkan selang dengan karet atau menyekanya dengan kain yang dibasahi cairan pembersih atau bisa juga dengan minyak kayu putih.

Metode ini bekerja pada kartu SD yang sebenarnya adalah pelat penghubung kotor yang menyebabkan kinerja koneksi. Namun, jika Anda telah melakukan ini tetapi belum berhasil, Anda harus mencoba metode berikut.

Gunakan Regedit

Regedit adalah program utilitas yang memiliki fungsi untuk mengatur pengaturan sistem operasi Windows, dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya. sepatu bot. Di Regedit juga ada perintah perlindungan karya cipta fungsi penguncian menulis kartu memori dan aksesori tertentu.

Penyelesaian masalah perlindungan karya cipta Anda dapat mematikan fitur ini, dengan cara ini:

  1. Pertama, tekan tombol komponen Windows + R untuk membuka jendela Jalankan.
  2. Jenis berikutnya Regedit lalu tekan oke.
  3. Kemudian buka HKEY_LOCAL_MACHINE> SISTEM> CurrentControlSet.
  4. Yang berikutnya, silakan, pergi ke paket Kelola Kebijakan Perangkat Penyimpanan.
  5. Klik dua kali pada pengaturan Tulis Dilindungi.
  6. Setelah terbuka, silakan ketik dan edit kualitas Itu berubah 0.
  7. Kemudian tekan tombol okedan selesai.
  8. Coba periksa kartu memori Anda, mungkin sudah benar lagi.
  9. Setelah itu, coba sd card Anda, itu harus benar lagi.

Gunakan CMD

Prompt Perintah atau CMD Anda dapat mencoba menggunakannya untuk menyelesaikan pesan kartu memori yang muncul tulis keamanan. Tentu Anda tahu bahwa CMD adalah alat yang ampuhyang dapat digunakan untuk menjalankan program apapun.

Untuk melakukannya, ikuti saran berikut:

  1. Anda harus terlebih dahulu menghubungkan kartu memori menggunakan Card Reader.
  2. Selanjutnya, silakan tekan tombol komponen Windows + R untuk membuka jendela Jalankan.
  3. Setelah itu di bagian Open silahkan ketik cmd lalu tekan OKE.
  4. Jika demikian, silakan ketik bagian disk lalu tekan Enter.
  5. Anda kemudian akan menginstal Diskpart, langkah selanjutnya silahkan ketik Listdisk lalu Masuk.
  6. Kemudian setelah jenis itu Pilih Disk 1 kemudian Instal Ulang (Konversi Disk 1 ini dengan kartu SD ke Diskpart).
  7. Jika Anda telah mengetik hapus fitur hanya baca disk lalu Masuk lagi.
  8. Tunggu sampai muncul pesan secara efektif.
  9. Keluarkan kartu SD dari pembaca kartu, lalu coba berubah pikiran.
  10. Saya selesai, semoga berhasil.

Format Melalui HP

Paling kesalahan menulis dilindungi Anda sering terhubung untuk memformat kartu SD di komputer atau laptop dengan sistem operasi Windows. Jadi, terkadang berhasil jika Anda mencoba memformat kartu memori dengan ponsel Android.

Berikut beberapa langkah yang bisa Anda lakukan:

  1. Pertama, masukkan kartu SD yang rusak ke telepon Anda.
  2. Kemudian terbuka Manajer file ke HP-mu.
  3. Setelah itu, tekan dan tahan opsi penyimpanan eksternal atau kartu SD hingga opsi konfigurasi muncul.
  4. Jika Anda adalah pengguna ponsel Xiaomi, Anda dapat melihat opsi konfigurasi di pengaturan, lalu pilih hapus kartu SD seperti di bawah ini.
  5. Jika Anda telah memilih opsi konfigurasi untuk memulai konfigurasi format kartu SD.
  6. Tunggu hingga proses selesai.

Gunakan Format Tingkat Rendah

Faktor bentuk ini bukan metode standar, karena bentuk tingkat rendah adalah pendekatan konservatif di luar yang bisa membersihkan sampai ke akarnya. Jadi, buat kartu SD Anda juga belum diproses tulis keamanan Saya menggunakan cara terakhir ini.

Jadi, inilah cara melakukannya:

  1. Tolong cari dulu Alat Format Tingkat Rendah Goggle HDD. Atau bisa kunjungi linknya disini.
  2. Cabut perangkat.
  3. Setelah mengunduh perangkat HDD Low Level Format, silakan buka perangkat.
  4. Selanjutnya, sambungkan kartu SD Anda ke komputer atau laptop menggunakan Card Reader.
  5. Maka Anda hanya perlu mengikuti panduan konfigurasi yang tercantum dalam aplikasi.
  6. Proses ini biasanya memakan waktu hanya beberapa menit tergantung pada kapasitas dan jumlah data pada kartu SD Anda.

Nah, mungkin cukup sekian teks resolusi SD card yang tidak bisa diformat, write protected. Silakan ikuti semua prosedur yang telah kami sebutkan di atas. Namun, jika masalah tidak teratasi, Anda harus mengembalikan kartu SD Anda dengan yang baru. Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih.

Sumber Artikel: https://www.neotekno.com/sd-card-tidak-bisa-diformat-write-protected/