Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mitsubishi Xpander CVT Transfer Tak Perlu Ganti Oli, Ini Deskripsinya

Mitsubishi Xpander baru-baru ini mengalami transformasi besar di industri dapur. Sangat bagus dengan bagian transmisi atau girboks otomatis. Perangkat yang berguna untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda kini menggunakan tipe Continuous Variable Transmission (CVT). Tak hanya lebih dari kenyamanan berkendara, Mitsubishi menyatakan CVT di Xpander tidak perlu dimodifikasi untuk melakukan penggantian oli.

TSELISO TS’OANE

  • Transmisi Mitsubishi Xpander baru

    Transmisi non-kontinu (CVT)

  • Benarkah Mitsubishi Xpander CVT tidak perlu ganti oli?

    Mitsubishi telah menggunakan oli dengan masa pakai yang lama, tidak perlu diganti

  • Bagaimana dengan pengobatan CVT?

    Perangkat CVT Mitsubishi Xpander dapat bertahan hingga 3 tahun penggunaan atau 100 ribu km tanpa masalah.

  • Sebelum melanjutkan, ada baiknya Anda mengetahui jenis transmisi CVT yang dimaksud. Transmisi otomatis CVT memiliki sistem operasi yang berbeda dengan Xpander sebelumnya, yaitu otomatis standar (AT). CVT mengoperasikan tenaga transmisi roda melalui sabuk logam yang menghubungkan puli khusus.

    Kedua puli ini (puli penggerak dan puli penggerak) dapat diperbesar dan diperkecil sedemikian rupa sehingga mengubah perbandingan antara puli secara terus menerus. Perubahan rasio ini pada akhirnya memungkinkan tenaga dari mesin didistribusikan lebih lambat saat kecepatan meningkat. Karena perubahan rasio tidak berjalan dengan mengganti gunting, tidak ada sentakan saat rasio berubah seperti transmisi otomatis biasa. Alhasil, ubahan akselerasi juga sangat efisien dan nyaman.

    Mitsubishi menjelaskan dalam tekanan cetak, perubahan puli dimungkinkan dengan sistem pompa fluida. Pada dasarnya cairan yang dimaksud adalah minyak atau salep khusus CVT. Ya, pada transmisi CVT, oli tidak berperan sebagai pelumas atau pendingin seperti mesin, melainkan merupakan bagian dari sistem operasi komponen tersebut.

    Transmisi Mitsubishi Xpander

    Karena memiliki fungsi yang penting, Mitsubishi memadukan CVT-nya dengan oli dan masa pakai yang lama, tidak perlu diganti. “Mobil Mitsubishi memiliki transportasi tak terbatas dan perawatan jangka panjang. Jadi tidak ada perawatan khusus dan tidak ada penggantian oli,” kata Boediarto selaku General Manager After Sales PT Mitsubishi Motors Krama Judah Sales Indonesia (MMKSI).

    Menurut Mitsubishi dalam keterangannya, hal ini dimungkinkan karena transmisi CVT pada mobil mereka dibuat dengan masa pakai yang lama. Bahkan perangkat CVT dapat memakan waktu 3 tahun atau 100 ribu kilometer penggunaan tanpa masalah.

    Meski dikatakan awet dan tidak ada perawatan khusus, pengguna kendaraan bertransmisi CVT ini tetap harus menjalani pemeriksaan rutin setiap kilometer yang ditetapkan, dan layanan pemantauan status transmisi CVT secara berkala.

    “Pemeriksaan rutin dilakukan 20 ribu kilometer di konvensi resmi Mitsubishi untuk mengetahui statusnya, sesuai dengan kuantitas dan kualitas transmisi CVT,” tambah Boediarto melalui pesan singkat belum lama ini.

    Baca juga: Meski ada diskon PPnBM, makanya Mitsubishi New Xpander tetap perlu diperhatikan.

    Mesin Mitsubishi Xpander

    Oli CVT sebagai bagian integral dari transmisi kompleks ini juga merupakan salah satu yang teruji kuantitas dan kualitasnya. Selama layanan normal, jumlahnya akan ditimbang dengan cermat. Tak hanya itu, tim mekanik di lembaga pendidikan resmi juga akan mengecek apakah ada celah air yang keluar dari gearbox.

    “Pemeriksaan kebocoran oli CVT dan pengujian volume oli CVT pada kasus khusus tergantung dari jenis kendaraannya. Mesin Mitsubishi dilatih untuk melakukan pengujian tersebut,” tambah Boediarto.

    Nah, menurut Mitsubishi, transmisi oli tidak perlu disetel oleh mereka yang kendaraannya digunakan dalam kondisi normal. Namun, jika kendaraan tersebut sering digunakan atau dianggap berat, misalnya sebagai kendaraan kerja, maka Xpander disarankan untuk mengganti oli CVT beberapa kali selama 40 ribu kilometer.

    Kehadiran transmisi CVT untuk Mitsubishi Xpander, membuktikan bahwa kemajuan teknologi kini diterima secara luas di masyarakat. Bahkan, dua kembaran Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia sudah mengatur tugas pemindahan perangkat ke CVT juga. Bagaimana dengan mobil Anda, apakah sudah menggunakan transmisi CVT? Temukan kendaraan CVT di OTO.com. (Van / Raju)

    Baca juga: Mitsubishi New Xpander Ultimate Test Drive: Beberapa Perubahan, Cocok untuk Semua Level Baru

    Sumber Artikel: https://www.oto.com/berita-mobil/transmisi-cvt-mitsubishi-xpander-tak-perlu-ganti-oli-ini-penjelasannya


    Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news