Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Metaverse Adalah Dunia Kebijaksanaan Bagi Orang-Orang, Ini Definisinya

Metaverse Decentraland. (Decentraland)

Kelasmekanik.com.com – Apa itu Metaverse, toples baru yang sedang ramai diperbincangkan. Faktanya, metaverse adalah dunia yang ditemukan dalam mengambil bagian yang berbeda dari dunia nyata.

Menurut Wikipedia, meta atau alam semesta adalah bagian dari Web bersama virtual yang dibuat sedekat mungkin dengan dunia nyata pada fase kedua dunia Internet.

Baru-baru ini kata metaverse menjadi topik hangat perdebatan publik. Nama Metaverse mulai berkembang sejak Facebook mengumumkan update ke Meta, istilah Metaverse sudah menjadi tema umum.

Jadi apa Metaverse yang ramai ini? Nama tersebut merupakan tujuan baru bagi perusahaan yang saat ini melebarkan sayapnya dengan menciptakan dunia yang dapat diakses bernama Metaverse.

Facebook bukan satu-satunya perusahaan yang melihat dan mengembangkan metaverse. Dunia nyata ini juga menarik perhatian perusahaan teknologi lainnya.

Namun, hanya Facebook yang mengungkapkan visi, tujuan, dan niat mereka untuk metaverse ini untuk mencuri perhatian dunia.

Istilah Metaverse secara luas mengacu pada konsep dunia yang dapat diakses yang dapat diakses oleh kebanyakan orang meskipun menggunakan alat yang berbeda. Metaverse didefinisikan sebagai situs web yang sepenuhnya tenggelam, yang terlihat mirip dengan dunia nyata, tetapi dibuat dengan komputer.

Gambar situs metaverse.  (Bak pasir)
Gambar situs metaverse. (Bak pasir)

Metaverse sendiri juga merupakan tempat yang tersedia sebagai bentuk digital dari keragaman yang ada di dunia nyata, hubungan interpersonal dan kegiatan ekonomi.

Di Metaverse, orang akan mengadopsi istilah “realitas virtual” (VR) yang ditandai dengan penggunaan dunia yang tersedia secara konsisten.

Facebook bukan satu-satunya perusahaan yang mengembangkan teknologi Metaverse ini. Namun, perusahaan Mark Zuckerberg, sekarang bernama Meta, menjadi salah satu yang paling populer.

Metaverse Decentraland.  (Decentraland)
Metaverse Decentraland. (Decentraland)

Visi Mark Zuckerberg

Mark Zuckerberg mengatakan metaverse adalah revolusi media sosial berikutnya. Untuk melakukan ini, orang perlu memakai headset VR atau kacamata realitas virtual yang menempatkan dunia digital di dunia nyata. Mungkin juga ada hologram seperti kehidupan yang tercerahkan di dunia nyata dari sistem negara modern.

Saat Anda bermain game dengan teman-teman Anda, Anda akan merasa seperti sedang bersama di dunia yang berbeda, tidak hanya di komputer Anda.“kata Zuckerberg.

Dan ketika Anda sedang bertemu dengan metaverse, Anda akan merasa seperti berada di ruangan bersama saling memandang, memiliki sense of space yang sama, tidak hanya melihat jaringan wajah di layar.“Dia melanjutkan.

Bahkan dengan Metaverse ini, arsitek juga bisa mendesain bangunan digital. Tak hanya itu, konser juga bisa digelar tanpa berada di lokasi fisik. Sistem ekonomi baru, berdasarkan cryptocurrency dan koleksi digital yang dikenal sebagai NFT, akan memungkinkan orang untuk membeli dan menjual barang dan jasa.

Metaverse Decentraland.  (Decentraland)
Metaverse Decentraland. (Decentraland)

Akankah Metaverse menggantikan Web?

Mark Zuckerberg menggambarkan Metaverse sebagai “internet yang harus dilakukan”, yang sebenarnya merupakan versi perbaikan dari internet. Pengguna dapat merasakan berbagai pengalaman yang tidak ditemukan dalam aplikasi atau halaman web 2D, yang diulas di The Verge, Rabu (22/12/2021).

Di masa depan, teknologi metaverse ini dapat digunakan untuk memindahkan sesuatu dengan lebih lancar. Contohnya adalah ketika Anda membeli satu pakaian dari satu perangkat dan kemudian mentransfernya ke perangkat lain. Tidak hanya kemeja ringan tetapi juga portabel, dilaporkan bahwa barang-barang besar seperti mobil dapat ditangani dengan cara yang sama.

Secara desain, teknologi metaverse baru mungkin terdengar mustahil. Namun, kita tidak dapat menutup mata terhadap fakta bahwa jaringan terus berkembang. Peristiwa yang dulunya tidak mungkin bisa menjadi kenyataan.

Itulah Metaverse dan visi pengembangannya di masa depan. Bahkan metaverse disebut-sebut merupakan perkembangan internet di masa depan.



Sumber Artikel: https://www.hitekno.com/gadget/2022/02/09/145718/metaverse-adalah-dunia-virtual-yang-sedang-ramai-berikut-penjelasannya