Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perataan Kata (Antara Huruf, Baris, Paragraf)

Word merupakan alat pengolah kata dari Microsoft Office yang selama ini mampu menjadi alat pengolah kata terbaik. Hal ini dibuktikan dengan pengenalan penggunaan Firman dari zaman dahulu hingga sekarang.

Keberhasilan Voice menjadi aplikasi pengolah kata terbaik di PC tentunya tidak lepas dari banyaknya fitur yang mempermudah proses dokumen. Salah satunya adalah fitur positioning Bidang pengaturan.

Dengan fitur ini, Anda dapat mengubah letak dokumen teks agar tidak rusak. Setidaknya ada 3 pilihan penempatan yaitu spasi antar kata/huruf, spasi antar baris dan spasi antar paragraf. Lihat cara meletakkannya di bawah ini.

Cara Menempatkan Kata atau Huruf Kata demi Kata

Untuk membuat setiap teks dan paragraf terlihat rapi dan mudah dibaca, Anda mungkin perlu menyesuaikan spasi atau kepadatan huruf dan kata. Untuk mengaturnya, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka dokumen Word yang ingin Anda edit.
  2. Baris atau ruang paragraf di mana Anda akan mengatur posisi kata dan huruf.
  3. di tab Rumahklik anak panah yang sebagian Telepon.Sebuah jendela akan muncul Teleponbuka tab Canggih.
  4. Klik opsi Menukarkan untuk memperbaiki pemisahan huruf dan kata.Dengan pemilihan Menukarkan Setelah itu akan ada tiga pilihan yang bisa kamu gunakan yaitu Normal (Pengaturan reguler), pilihan diperluas (buat jarak antar karakter), dan opsi Kental (Jarak antara huruf lebih dekat).

Setelah itu, Anda juga akan menemukan kolom Oleh: di sebelah kolom Menukarkan. Kolom Ka Proses ini untuk mengatur lokasi tempat yang Anda inginkan. Apakah kamu bingung? Lihat contoh di bawah ini:

Pada Gambar 1, kami memilih opsi Normal (reguler)
  • Pada Gambar 2, kami memilih opsi Diperpanjang, Oleh: 5 pt. Artinya, spasi di antara huruf-huruf itu ke samping di kejauhan 5 poin.
  • Pada Gambar 3, Anda memilih opsi Disingkat, Oleh: 2 pt. Artinya, spasi di antara huruf-huruf itu di samping di kejauhan 2 poin.

Cara Mengonversi Spasi Baris ke Suara

Selain jarak antar kata atau huruf, Anda juga harus memperhatikan jarak antar baris agar setiap baris dokumen Word Anda terlihat rapi dan rapi. Berikut langkah-langkah untuk mengaturnya:

  1. Buka alat Word, lalu buka dokumen Word Anda.
  2. Blokir beberapa atau semua baris yang ingin Anda atur.
  3. Klik opsi Paragraf dan Pertukaran Baris di menu serapana.Silakan pilih lokasi yang Anda inginkan.
  4. Jika tidak ada ruang yang tersedia di menu yang muncul, silakan tekan opsi Opsi Pengangkatan Garis.Sebuah jendela akan muncul serapanakemudian sebagian Menukarkansesuaikan posisi yang Anda inginkan di kolom halo:.
  5. Cara Mengubah Area Taman di Word

Agar setiap paragraf dokumen terlihat rapi dan rapi, Anda perlu mengatur jarak antar paragraf dokumen. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Blokir beberapa atau semua paragraf di dokumen Word Anda.
  2. di tab Rumahklik pada ikon Pertukaran baris dan paragraf di menu serapana.Daftar akan dibuat untuk menyesuaikan lokasi baris dan paragraf.
  3. Klik Masuki Tempat Sebelum Taman untuk menambah jarak sebelum paragraf (paragraf di atas).
  4. Klik Masukkan Tempat Setelah Paragraf untuk menambah jarak setelah paragraf (di bawah paragraf).

Jika Anda merasa spasi antar paragraf masih kurang tepat, Anda dapat mengubahnya dengan memilih opsi Opsi Pengangkatan Garis. Kemudian di jendela yang muncul, silakan atur pertama le Kamora di menu Menukarkan.

Baca juga Cara Mengatur Margin dengan Word

Nah untuk cara menempatkan tempat di Word bisa menggunakan cara diatas di semua jenis Word, mulai dari Word 2007, 2010, 2011, 2013, 2016, 2017, 2020, Word 365, dan versi lainnya.

Sumber Artikel: https://www.neotekno.com/cara-mengatur-spasi-di-word/