Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Mengatasi Korupsi / Tidak Bisa Buka File RAR

Ada banyak jenis file penyimpanan, salah satu yang paling populer adalah file RAR. File RAR jenis ini biasanya bukan hanya file penyimpanan atau kompresi, tetapi RAR juga dapat digunakan sebagai file. terlindung untuk melindungi file RAR.

Atau, file penyimpanan RAR terkadang dapat rusak sehingga mencegah file di dalamnya untuk diunduh atau dihapus. file RAR rusak bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor, namun secara umum biasanya disebabkan oleh virus dan sistem pengunduhan file yang tidak sempurna.

Bayangkan saja, Anda mengunduh file RAR yang sangat besar, tetapi akhirnya rusak atau tidak dapat dibuka. Bagaimana perasaanmu? Saya lelah menunggu proses download, tetapi hasilnya tidak berguna, saya tidak bisa membukanya.

Cara Menaklukkan file RAR yang rusak

Namun jangan khawatir, karena dalam hal ini kami akan memberikan tutorial penanganan file RAR rusak sehingga dapat dibuka atau dibuka kembali. Tingkat kerusakan file RAR juga bervariasi, ada yang ringan, ada yang berat.

Jadi dengan cara-cara di bawah ini belum bisa dipastikan 100% berhasil, namun setidaknya cara di bawah ini bisa menjadi salah satu upaya Anda untuk memperbaiki file RAR yang rusak. rusak. Tentunya bagi anda yang ingin mencoba tekniknya silahkan simak komentar dibawah ini.

Simpan File Rusak

Simpan file yang rusak adalah salah satu langkah untuk menjaga alias tidak memaksa file yang corrupt atau tidak bisa dibuka agar bisa di ekstrak. Perlu diketahui bahwa cara ini tidak selalu berhasil digunakan, karena jika kerusakan RAR cukup parah, akibatnya file tidak akan bisa dibuka, dan setidaknya 50% masih normal.

Nah, jika Anda ingin mencobanya simpan file yang rusak silakan ikuti langkah-langkah ini:

  1. Pertama, silahkan cek file RAR yang rusak di penyimpanan laptop atau PC.
  2. Jika sudah menemukannya, silahkan klik kanan pada file tersebut dan pilih Ekstrak file.
  3. Pada halaman berikutnya yang muncul, silakan lihat opsi Simpan file yang rusak.
  4. Setelah itu, klik Oke kemudian tunggu proses ekstraksi file RAR selesai.
  5. Setelah selesai silahkan buka file tersebut dan periksa apakah file yang ada di repositori RAR masih bisa digunakan.
  6. Ini sudah berakhir.

Edit Arsip RAR

Perbaiki basis data di WinRAR adalah peralatan kekurangan yang dapat Anda gunakan untuk memperbaiki dalam penyimpanan RAR yang tidak bisa dibuka atau corrupt. Cara ini sangat disarankan untuk digunakan sebagai langkah perbaikan, jadi jangan berlebihan, cara ini saja.

Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Pertama, silahkan cek file RAR yang rusak di penyimpanan laptop atau PC.
  2. Jika Anda menemukannya, silakan klik dua kali file tersebut.
  3. Setelah itu, Anda akan masuk ke WinRAR. Silakan pilih daftar Peralatan lalu tekan opsi Edit Arsip.
  4. Jika sudah, maka proses perbaikan file RAR akan dimulai, jadi silahkan tunggu prosesnya sampai selesai.
  5. Setelah selesai, coba ekstrak file tersebut.
  6. Semoga berhasil.

perubahan RAR

Cara lain untuk memperbaiki RAR yang tidak bisa dibuka juga rusak adalah menggunakan langkah pemulihan. Melakukan pemulihan Untuk file RAR ini, Anda memerlukan aplikasi tambahanrencana khusus untuk memperbaiki data RAR yang bermasalah.

Salah satu aplikasi yang paling populer dan sangat direkomendasikan adalah Rar Recovery Toolbox. Menggunakannya sendiri tidak sulit, Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Pertama-tama tentunya anda harus mendownload tool Recovery Toolbox Rar terlebih dahulu, gratis.
  2. Jika sudah silahkan install tool tersebut seperti biasa, kemudian silahkan buka program Recovery Toolbox RAR.
  3. Setelah terbuka, silakan klik File gambar di sebelah kanan halaman aplikasi utama, lalu pilih file RAR yang rusak di direktori sumber daya.
  4. Jika demikian, aplikasi akan mulai mendiagnosis masalah dengan file RAR. Proses scan terkadang lama dan terkadang cepat, tergantung ukuran file.
  5. Apalagi setelah proses selesai, Anda akan menemukan halaman Pilih file pemulihan. Di bagian ini, silakan klik Berikutnya sampai akhir.

Periksa kata sandi RAR

Kecuali file RAR yang rusak atau rusakterkadang file tidak bisa dibuka, mungkin karena hal sepele, error kata sandi dalam proses ekstraksi. Kata sandi Ini penting, karena jika salah, akan muncul pesan saat proses berlangsung gagal mengekstrak.

Nah, ada tips untuk mencegah hal ini terjadi gagal mengekstrak. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  1. Pertama-tama silahkan cek kembali password file WinRAR, pastikan sudah benar ya.
  2. Pastikan juga Anda memasukkan kata sandi dengan benar.
  3. Perhatikan penggunaan huruf kapital dalam kata sandi, jadi periksalah.
  4. Terakhir, Anda dapat memeriksa opsi kata sandi agar karakter yang disorot terlihat.

Jika pada akhirnya masih salah, coba tanyakan lagi kata sandikepada orang yang membuat file RAR.

Hapus Antivirus

Benarkah antivirus bisa berpengaruh? Tentu saja, ini opsional, karena hanya jenis file RAR tertentu yang dapat terpengaruh oleh antivirus selama operasi baru file di dalamnya. Biasanya ada dua hal yang biasanya terjadi, yaitu metode ekstraksi gagal atau tidak ada data yang muncul.

File yang berhasil dihapus namun tanpa hasil seringkali terhapus oleh antivirus, karena file tersebut dapat dianggap berbahaya. Jadi, coba matikan sementara antivirus di laptop atau PC kamu, dan jika sudah selesai kamu bisa nyalakan kembali.

Untuk pengguna Windows Defender, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pertama, tekan tombol komponen Windows + saya.
  2. Selanjutnya, masuk ke menu Pembaruan & Keamanan.
  3. Selanjutnya, silakan pergi ke Keamanan Windows lalu tekan Buka Keamanan Windows.
  4. Pada halaman berikutnya yang terbuka, silakan pilih Anti-virus dan ancaman.
  5. Setelah itu, silahkan klik pada pilihan Kelola pengaturan di bawah menu Virus & perlindungan.
  6. Terakhir, silahkan matikan semua pengaturan yang ada di dalamnya.

Tingkatkan WinRAR

Ada beberapa kasus file RAR tidak bisa dibuka karena aplikasi WinRAR yang digunakan tidak kompatibel dengan versi lama. Kasus seperti ini juga sering ada mantan pengguna WinRAR yang sering gagal baru.

Untuk mengatasinya kamu bisa melakukannya perbaikan WINRAR ke versi terbaru sebagai berikut:

  1. Pertama, silahkan hapus WinRAR versi lama di Control Panel.
  2. Setelah itu silahkan kunjungi website resmi WinRAR untuk melihat versi terbaru dari aplikasi tersebut.
  3. Silahkan download WinRAR versi terbaru disana.
  4. Kemudian terapkan seperti biasa.
  5. Ini sudah berakhir.

Edit File Baru

Jika semua cara di atas masih tidak bisa mengatasi file RAR yang tidak bisa dibuka, kemungkinan ada masalah di dalam file RAR itu sendiri. Itu bisa berupa file RAR rusak karena proses download belum selesai, atau mungkin proses copy belum selesai.

Faktanya, kedua faktor ini adalah penyebab paling umum dari file RAR rusak. Karena jika proses unduh, tidak sempurna karena koneksi yang lambat atau tidak stabil. Atau mungkin Anda mengunduhnya setelah proses jeda dan lanjut sangat.

Jika Anda ingin mendownload kembali file tersebut, pastikan koneksi yang Anda gunakan stabil, dan Anda tidak ingin menghapusnya sendiri atau memotong. Pastikan Anda tidak menjeda dan terus mengulangi, agar tidak terjadi rusak lagi.

Plus, jika Anda mendapatkan file RAR itu rusak dari menyalinnya dari flash atau memori penyimpanan lainnya, jadi pastikan bahwa proses pengunduhan benar-benar 100% selesai. Karena jika belum selesai, maka bisa dipastikan filenya akan datang rusak.

Kata terakhir

Itu adalah proses mengedit file RAR yang rusak atau yang tidak bisa dibuka. Perlu juga diperhatikan, jika cara ini tidak berhasil 100% perbaiki RAR rusak, karena potensi masalah berbeda. Jadi jika Anda memiliki saran, silakan tinggalkan komentar di bawah.

Mungkin cukup banyak topik yang bisa dibagikan dalam acara ini. Semoga dapat bermanfaat dan membantu, terima kasih.

Sumber Artikel: https://www.neotekno.com/cara-mengatasi-file-rar-corrupt/