Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara membuat PowerPoint menarik, sederhana dan cepat

Microsoft PowerPoint. (Microsoft)

Kelasmekanik.com.com – Membuat PowerPoint yang menarik adalah kunci produktivitas. Cara membuat PowerPoint menarik sebenarnya tidak sulit. PowerPoint yang menarik diperlukan untuk menarik perhatian. Hal ini dilakukan agar semua konten yang disajikan dapat tersampaikan dan didengarkan secara akurat oleh audiens.

PowerPoint adalah program komputer yang dikembangkan oleh Microsoft. Alat ini banyak digunakan terutama oleh kalangan perkantoran dan pengusaha, pendidik, pelatih dan mahasiswa. PowerPoint sering digunakan sebagai metode presentasi.

PowerPoint dapat menjadi alat produksi baik hardcopy maupun softcopy. Namun masih banyak yang belum memahami cara mengupgrade fitur PowerPoint. Berikut cara membuat PowerPoint menarik seperti HiTekno.com disertakan untuk Anda.

Cara Membuat Point Point yang Kuat

1. Buat Slide Terbuka Presentasi

Cara membuat Power Point menarik adalah dengan membuat slide yang menarik untuk presentasi. Karena awal presentasi adalah kesempatan Anda untuk menarik perhatian audiens.

Gunakan warna-warna yang atraktif, unik, dan atraktif namun tetap eye-catching. Jika awal presentasi Anda bagus, maka orang akan tertarik untuk terus memperhatikan presentasi berikutnya.

2. Gunakan Tema Umum

Gunakan theme atau custom theme dari Power Point. Tentu saja, Microsoft memiliki tema bawaan yang dapat Anda gunakan secara gratis. Namun jika Anda sedang kesepian dan ingin tampil beda, Anda bisa menggunakan artikel asli atau artikel gratis dari situs penyedia tema Power Point.

Tidak hanya gaya warna-warni dan pilihan font, tema ini hadir dengan ide untuk desain slide. Anda juga dapat menghemat waktu ekstra untuk membuat setiap presentasi dari awal dan fokus pada konten Anda di drama.

Gambar Presentasi PowerPoint.  (Pixabay)
Gambar Presentasi PowerPoint. (Pixabay)

3. Hemat waktu dengan master slide

Slide Master adalah fitur yang menjaga kestabilan bagian slide seperti font atau gaya teks, gambar, warna latar belakang slide, dan lain sebagainya.

Cara membuat Power Point yang menarik dapat menghemat waktu anda karena slide master dapat memberikan template sesuai selera anda dalam waktu singkat.

Dengan begitu, Anda tidak perlu menghabiskan banyak energi untuk mengatur setiap slide karena sejak awal selalu sama. Anda dapat menemukan cara untuk membuat menu “tampilan” Power Point yang menyenangkan dengan detail yang ditunjukkan pada gambar.

4. Terapkan Kebijakan Warna

Skema warna sangat cocok untuk menciptakan harmoni dan profesionalisme dalam produksi Anda. Dengan warna yang senada, tentunya slide Anda akan terlihat menarik dan menawan.

Anda dapat menggunakan skema dengan menggunakan skema yang benar yang disediakan oleh PowerPoint.

5. Gunakan Visi yang Menakjubkan

Slide adalah salah satu bentuk komunikasi visual. Jadi, gunakan ilustrasi, gambar, dan alat bantu visual lainnya untuk membantu audiens memahami maksud Anda dengan cepat.

Pendekatan PowerPoint yang kreatif juga dapat menggunakan gambar-gambar kreatif yang dapat menggelitik, menawan hati, dan membuat audiens tetap tertarik dengan penyajian presentasi tersebut.

6. Desain dari PowerPoint Designer

Fitur terbaru dari Microsoft PowerPoint adalah pembuat PowerPoint yang mampu membuat gambar dan teks terlihat berbeda dan tidak mengganggu. PowerPoint Designer akan otomatis ditampilkan saat Anda menyisipkan atau menyisipkan gambar ke dalam slide.

7. Ubah ukuran slide

Saat Anda membuka Microsoft PowerPoint, Anda akan langsung melihat tayangan slide dalam ukuran 4:3. Dan tanpa berpikir dua kali Anda akan menggunakan slide ini tanpa berpikir dan mengisinya dengan detail produksi. Juga, Anda dapat menyesuaikan ukuran sesuai dengan kebutuhan produksi Anda.

Sebelum Anda memasukkan informasi atau objek apa pun ke dalam slide, Anda dapat melompat ke menu “file”, pilih “pengaturan halaman”, masukkan panjang slide yang diinginkan, lalu klik “ok” untuk mengubah ukuran slide. Suka. .

8. Kurangi masalah

PowerPoint dimaksudkan untuk meringkas presentasi Anda dengan poin-poin. Mulai saat ini, Anda mungkin dapat mengingat penjelasan yang perlu Anda jelaskan, dan hadirin dapat mencatat.

Oleh karena itu, batasi jumlah item pada slide Anda sebanyak mungkin. PowerPoint adalah bantuan Anda untuk mengucapkan kata-kata, bukan produk itu sendiri.

9. Bandingkan

Yang membedakan adalah komponen CRAP yang merepresentasikan Variation, Repeat, Equation, dan Proximity. CRAP sendiri adalah sebuah konsep yang diartikulasikan dengan baik oleh Robin Williams dalam bukunya The Non Designer’s Design Book dan The Non Designer’s Presentation Book.

Kontras itu sendiri membantu membuat ilustrasi, kontras, dan membuat segalanya lebih menarik. Anda dapat membuat perbedaan dengan memberikan ukuran, warna atau tampilan yang berbeda.

10. Gunakan video

Cara membuat PowerPoint menarik, terkadang Anda bisa menggunakan video dalam presentasi sehingga dapat menciptakan suasana baru dan tidak monoton.

Sekarang Anda tahu cara membuat PowerPoint yang hebat.

Asisten: Pasha Aiga Wilkins



Sumber Artikel: https://www.hitekno.com/gadget/2022/02/11/141253/cara-membuat-powerpoint-yang-menarik-mudah-dan-cepat