Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7+ Cara Menang Laptop Tidak Bisa Unlock (100% Fungsi)

Laptop merupakan salah satu perangkat atau perangkat elektronik yang paling banyak digunakan saat ini. Dapat dikatakan bahwa pengguna laptop lebih banyak daripada pengguna PC. Ini karena laptop lebih mudah dinavigasi ke mana-mana dan kualitasnya lebih baik daripada PC.

Selama ini banyak sekali jenis laptop yang beredar di pasaran, seperti MSI, Asus, HP, Dell, Lenovo, Acer, Axioo dan lain-lain. Namun terlepas dari pilihan banyak orang, terkadang laptop juga mengalami beberapa masalah, seperti laptop saat dihidupkan, dll.

Kasus-kasus seperti itu jarang tersedia, tetapi begitu mereka melakukannya, itu akan sangat sulit. Adapun penyebabnya sendiri sebenarnya sangat kompleks, namun umumnya disebabkan oleh kerusakan hardware pada laptop.

Cara memperbaiki laptop yang tidak mau terbuka

Banyak orang modern mengandalkan laptop untuk kehidupan sehari-hari mereka, seperti berolahraga, belajar, hanya bersenang-senang. Tentu saja ketika laptop tidak dihidupkan, kemungkinan besar Anda tidak akan bisa melakukannya lagi, hingga laptop Anda bisa hidup kembali.

Berkenaan dengan laptop tidak menyala, terjadi berbagai kasus, misalnya:

  • Laptop tidak menyala tapi lampu power masih hidup
  • Laptop hidup tapi layar terkunci
  • Laptop hidup, layar juga hidup tapi tidak ada gambar yang muncul
  • Laptopnya gak bisa dibuka sama sekali
  • Laptop menyala sebentar tetapi mati
  • Laptopnya nyala tapi layarnya hanya abu-abu
  • Laptop masih bisa di hidupkan dan hanya muncul blue screen
  • jj.

Apapun masalahnya, intinya laptop tetap tidak berfungsi normal dan tidak bisa dibuka sama sekali. Dari sini, dalam hal ini kami akan memberikan tutorial atau metode untuk mengatasi laptop yang tidak mau terbuka.

Jadi, pastikan kamu membaca ulasan di bawah ini sampai habis untuk mengatasinya!

Lihat Alat

Hal pertama yang harus dilakukan ketika Anda memiliki masalah dengan laptop Anda yang tidak dapat dibuka, Anda dapat memeriksa perangkat keras dari laptop yang Anda gunakan. Karena kemungkinan penyebab laptop tidak menyala adalah karena sumber listrik.

Berbagai penggantian dapat terjadi, seperti ketika baterai habis atau rusak, charger rusak dan tidak dapat digunakan, konektor daya rusak / tidak terpasang dengan benar, soket bermasalah dan sebagainya. Jadi, pastikan dulu ada masalah dengan sumber listrik laptop atau tidak.

Selain itu, coba lepas dan sambungkan kembali baterai, lalu coba isi daya dan hidupkan kembali. Jika masih tidak menyala, coba baterai lain. Jika tidak ada masalah dengan komponen hardware laptop, seharusnya laptop sudah bisa menyala dengan normal.

Coba Mengisi Daya Dengan & Tanpa Baterai

Selanjutnya, coba gunakan laptop dengan status terisi daya. Cara ini bisa dicoba jika baterai laptop dianggap tidak terpakai (lama), biasanya laptop masih bisa dibuka tapi mati secara otomatis setelah beberapa saat.

Selain itu, Anda dapat mencoba melepas baterai, lalu sambungkan pengisi daya ke laptop dan colokkan soket ke sumber listrik. Setelah itu, coba nyalakan laptop Anda, dan itu juga bisa menjadi cara untuk mengetahui apakah baterai laptop rusak total atau tidak.

Ya, ada kasus laptop tidak hidup karena kehabisan baterai, dan saat pengisian tidak memungkinkan karena pengisi daya rusak. Coba juga cek fitur ini, dengan mencoba menggunakan charger laptop lain yang memiliki tipe konektor charger yang sama dengan laptop kamu.

Namun jika laptop bisa mengatasi hal diatas berarti baterai anda benar-benar rusak, dan solusinya tentunya anda harus mengganti baterai yang rusak dengan yang baru agar laptop anda bisa digunakan secara normal. . Namun, jika laptop tidak terbuka, coba cara di bawah ini.

Periksa Monitor

Jika Anda mendapatkan tanda-tanda kehidupan saat menyalakan laptop, seperti saat lampu listrik menyala, layar abu-abu muncul di layar, atau pembaca mengeluarkan blur. Tentu saja, jika Anda menemukan ini, biasanya tidak ada masalah dengan komponen perangkat keras, dan masalahnya adalah pada browser.

Untuk lebih jelasnya silahkan cek terlebih dahulu apakah layar laptop rusak atau tidak, sebelum menggantinya dengan yang baru. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pertama, coba lepaskan semua perangkat USB atau perangkat eksternal lain yang terhubung ke laptop. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa perangkat tidak menyebabkan komputer untuk memulai atau memulai komputer.
  2. Kedua, jika Anda mendengar suara yang berasal dari laptop, seperti suara kipas yang berputar atau suara bising lainnya, tetapi gambar tetap tidak muncul.
  3. Tidak, jika ada tanda layar terang atau abu-abu muncul di browser laptop, bisa dipastikan bahwa masalah laptop tidak terbuka adalah karena browser laptop rusak. Dalam hal ini, solusinya hanyalah mengganti, atau memperbaiki, jika memungkinkan.

Lakukan Reset Daya

Tips selanjutnya yang bisa kamu coba adalah dengan melakukan power reset. Cara ini digunakan ketika laptop pertama kali tidak dimatikan dengan benar, dan membuat laptop tidak bisa dibuka. Power supply sendiri merupakan upaya untuk memutuskan semua arus listrik yang mengalir dari bagian-bagian laptop.

Cara ini juga berfungsi dengan baik untuk mengatasi laptop yang tidak bisa dihidupkan dan masih menunjukkan tanda-tanda kehidupan di layar monitor, seperti layar biru atau layar kosong yang muncul.

Untuk melakukan ini, silakan lakukan hard reset sebagai berikut:

  1. Nyalakan laptop atau komputer Anda terlebih dahulu, setelah perangkat dihidupkan dan muncul layar biru, silakan tekan dan tahan kembali tombol power sampai laptop mati kembali.
  2. Selanjutnya, lepaskan baterai, dan pengisi daya saat terhubung.
  3. Lepaskan juga RAM, hard disk, SSD, dan komponen lainnya jika memungkinkan.
  4. Biarkan laptop kosong setidaknya selama 30 menit.
  5. Setelah itu, silahkan sambungkan kembali sumber listrik, dan pasang perangkat yang telah Anda lepas tadi.
  6. Terakhir silahkan coba nyalakan laptop seperti biasa.
  7. Semoga berhasil.

Lihat RAM dan memori

Cara ini memang memiliki fungsi saat melakukan power reset. Jadi saat Anda melepas bagian laptop yaitu RAM dan memori, sepertinya ada tanda-tanda komponen tersebut mengalami masalah. Misal RAM/memorinya corrupt atau rusak.

Kemudian, jika bagian tersebut kotor, harap bersihkan dengan kain yang dibasahi minyak kayu putih atau cairan pembersih khusus. Jangan lupa untuk membersihkan RAM tembaga dan HDD/SSD tembaga dengan karet agar lebih sempurna.

Namun bila ditemukan tanda-tanda kerusakan part, seperti retak, RAM/memori rusak, dll, berarti part tersebut tidak dapat digunakan, dan harus diganti dengan yang baru. Jika hal ini terjadi, penyebab utama laptop tidak menyala adalah karena bagian tersebut tidak berfungsi.

Boot Mode Aman

Jika laptop Anda masih terkunci, dan masih menempel pada sinyal atau suara gagal untuk memulai, maka kemungkinan penyebabnya adalah karena masalah sistem yang menghambat proses restart laptop. Satu-satunya cara Anda dapat melakukannya adalah dengan memulai sistem Windows yang aman.

Berdasarkan pengalaman teman saya yang mengalami masalah ini, masuk ke safe mode terbukti efektif dan berhasil. Nah, langkah-langkah untuk melakukannya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama-tama silahkan hidupkan laptop menggunakan tombol power seperti biasa.
  2. Kemudian, setelah layar biru atau ikon laptop muncul, silakan tekan F8 beberapa kali hingga menu muncul.
  3. Selanjutnya, pilih Mode aman pada menu pada halaman yang muncul.
  4. Terakhir, silakan restart perangkat Anda.
  5. Semoga berhasil.

Ubah Bagian Masalah

Jika Anda belum mencoba semua cara di atas, tetapi tetap saja laptop yang Anda gunakan tidak terbuka, ada kemungkinan ada masalah serius pada komponen laptop. Baik itu VGA, Motherboard, Processor dan lain sebagainya.

Kemudian, jika Anda tahu bagian apa yang rusak dan perlu diganti, silakan ganti yang baru. Misalnya “motherboard” laptop Anda rusak sehingga tidak bisa dibuka, oleh karena itu Anda harus memperbaiki atau menggantinya.

Lebih baik lagi, disarankan untuk menggunakan profesional untuk mengganti bagian yang rusak jika Anda tidak tahu cara melakukannya.

Servis Laptop

Dalam kasus terakhir, jika Anda tidak yakin mengapa laptop Anda tidak dapat dihidupkan, silakan bawa ke bengkel laptop terdekat untuk diperbaiki. Langkah terakhir ini wajib Anda lakukan jika semua cara di atas sudah dicoba dan hasilnya sia-sia.

Silahkan bawa ke service laptop terdekat, dan cari masalah pada laptop anda. Nantinya, petugas servis laptop akan menyelidiki penyebab laptop tidak bisa dibuka kuncinya, dan akan dilakukan perbaikan nantinya.

Baca Juga : Cara Menang Laptop Tidak Mau Tutup

Kata terakhir

Itulah pembahasan pertama kami tentang cara mengatasi laptop yang tidak mau terbuka. Cara mengatasi laptop mati yang kita ketahui akan diulas lengkap di artikel ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda untuk mengatasi laptop tidak mau terbuka.

Sekian dari kami, dan terima kasih.

Sumber Artikel: https://www.neotekno.com/cara-mengatasi-laptop-tidak-bisa-menyala/