Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab mobil mogok dan cara mengatasinya

Kelasmekanik.com – Memiliki mobil adalah impian semua orang. Kendaraan roda empat yang efektif membantu memudahkan perjalanan ini bagi siapa saja, dan tetap memiliki banyak penggemar. Tapi mereka punya Mobil Ternyata, tidak semudah kelihatannya. Untuk menjaga kualitasnya, Anda harus melakukan perawatan secara terus menerus dan teratur. Salah satu masalah paling umum yang dihadapi orang adalah kerusakan mobil. Penyebab kecelakaan mobil ini sangat beragam, namun tidak banyak orang yang mengetahuinya.

Mobil yang mogok pasti akan menghambat efisiensi waktu Anda dan menguras pikiran serta tenaga Anda. Bayangkan jika mobil kesayangan Anda tiba-tiba berhenti berjalan, dan Anda perlu menggunakan mobil untuk sampai ke tempat tujuan dengan cepat. Hal ini tentu saja membawa masalah baru dan mengaduk emosi.

Hal pertama yang harus Anda lakukan saat menghadapi situasi ini adalah tetap tenang dan jangan panik. Karena kepanikan yang biasa terjadi membuat kita semakin sulit untuk menghadapi dan menyelesaikan masalah. Nah simak penjelasan dibawah ini untuk memudahkan anda mengetahui penyebab mobil mogok. Semoga rasa penasaran anda terjawab dan anda bisa mengatasinya saat mobil anda mogok.

Penyebab mobil mogok dan cara mengatasinya

Mobil mogok.

Kerusakan mobil bisa sangat membuat frustrasi jika Anda tidak tahu apa yang menyebabkan mobil Anda mogok dan Anda tidak bisa menyalakannya. Di bawah ini adalah beberapa di antaranya. Karena mobil mogokdengan orang lain.

1. Terjadi kerusakan pada catalytic converter

Catalytic converter adalah salah satu komponen dalam mobil yang membantu mengurangi emisi dengan mengurangi emisi. Jika perangkat rusak, bahan bakar akan memiliki residu terlalu banyak yang akan menimbulkan masalah.

Kerusakan pada catalytic converter akan menyebabkan proses exhaust tidak berfungsi normal dan akan memaksa exhaust bekerja lebih karena kelebihan beban. Hal ini pada akhirnya menyebabkan mesin mobil mati dan tidak berjalan. Gearbox kehabisan oli.

2. Oli gearbox kosong atau kedaluwarsa

Penyebab lain kerusakan mobil adalah karena girboks sudah kehabisan oli. Ini bisa menjadi salah satu penyebab keausan mobil yang mengontrol pergerakan kendaraan dan merupakan salah satu bagian terpenting dari mobil. Untuk itu, periksalah level oli secara berkala agar mobil Anda terhindar dari kerusakan yang mengganggu. Berapa banyak oli yang dibutuhkan sebuah mobil tergantung pada jenis mobilnya. Untuk mengetahuinya, Anda bisa mencari tahu di manual kendaraan Anda.

Baca juga: Penyebab Mobil Tidak Mau Nyala dan Cara Mengatasinya

3. Panas berlebih

Untuk menghindarinya, air radiator pada mobil harus diperhitungkan. Pengemudi yang jarang mengecek ketinggian air di radiator sering mengalami masalah ini. Jika radiator kekurangan atau kehabisan air, wajar jika mobil tiba-tiba mogok dan tidak bisa dijalankan.

Radiator yang kering tidak menyebabkan pendinginan suhu mesin, yang sangat berbahaya bagi komponen mobil lainnya. Salah satunya adalah piston. Bagian-bagian mobil tersebut dapat meleleh sehingga menyebabkan mesin mobil melambat atau bahkan mati.

4. Masalah kelistrikan

Masalah kelistrikan adalah hal yang harus diperhatikan oleh semua pemilik mobil. Masalah kelistrikan yang sering diabaikan atau disepelekan adalah kerusakan pada alternator. Padahal alternator merupakan salah satu bagian penting pada mobil yang berfungsi menyalurkan listrik ke aki. Jika hal ini dibiarkan, baterai bisa rusak dan pecah karena catu daya tidak mencukupi.

Alternator yang rusak seringkali mempengaruhi umur mobil. Kebanyakan kerusakan alternator terjadi pada mobil yang berumur lebih dari lima tahun. Kerusakan alternatif disebabkan oleh banyaknya modifikasi pada mobil, seperti penambahan lampu yang berlebihan.

5. Baut

Alasan lainnya adalah kuncinya. Pemeriksaan atau perbaikan yang dilakukan di bengkel, jika pemasangan baut tidak sempurna akan mempengaruhi performa mobil. Baut yang dipasang tidak boleh terlalu kencang atau kencang.

Pada mesin mobil, ada beberapa baut yang harus disambung dengan tekanan yang sama. Jika tidak, hal ini dapat menyebabkan kebocoran pada kompresor dan komponen lainnya hingga menyebabkan mobil tidak berfungsi dan mogok.

Baca juga: Penyebab Mobil Bangkrut dan Cara Mengatasinya

Cara mengatasi mobil rusak

1. Jangan panik

Ketika seseorang mengalami masalah dengan mobilnya, reaksi pertama adalah panik. Kepanikan yang terjadi dalam keadaan darurat akan membuat pikiran Anda sempit dan sulit memikirkan jalan keluar. Jika mobil mogok, tetap tenang dan segera temukan penyebabnya.

2. Isi tangki bahan bakar

Untuk menghindari penyumbatan, pastikan tangki bahan bakar terisi dengan baik. Seperti yang sudah disebutkan di atas, hal utama yang biasanya menyebabkan mobil mogok sebelum dipastikan ada penyebab lain adalah pengisian bahan bakar.

3. Periksa sistem pembakaran

Periksa busi mobil. Jika ada busi yang terbakar atau meleleh karena terlalu panas, segera ganti.

Inilah beberapa di antaranya. Penyebab kecelakaan mobil dan cara mengatasinya Anda bisa merujuknya saat mobil mogok. Jika cara-cara di atas gagal mengatasi masalah kerusakan mobil Anda, segera bawa mobil ke bengkel terdekat.


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news