Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips mengendarai motor untuk wanita

Kelasmekanik.com, Jakarta – Sepeda motor kini digunakan oleh banyak orang, termasuk wanita, sebagai sarana mobilitas. Mulai dari mengantar anak ke sekolah, berbelanja, hingga menggunakannya untuk bekerja.

Namun, mengendarai sepeda motor membutuhkan pengetahuan tentang peraturan lalu lintas dan cara berkendara yang benar. Sering kali ada video viral pengemudi wanita atau pengendara sepeda wanita tetapi membahayakan diri mereka sendiri dan orang lain. Beberapa contohnya adalah berbelok ke kiri tetapi tidak tepat pada lampu sein, tidak mengenakan helm dan tidak mengenakan perlengkapan yang memadai, atau berkendara secara berkelompok hingga tiga orang.

Ludi Kusuma, Department Head Safety Riding Promotion, PT Daya Adcipta Motora Sebagian besar pengendara wanita menggunakan sepeda motor jenis matic karena mudah dan nyaman digunakan sehari-hari.

“Apapun jenis motor yang Anda gunakan, mulai dari coupe, matic, hingga sport, tetap ada beberapa hal yang harus diperhatikan wanita saat berkendara,” ujar Ludi.

Ludi memberikan tips berkendara bagi wanita saat menggunakan sepeda motor. Berikut tipsnya:

1. Perlengkapan asramaPengendara sepeda motor wanita harus memperhatikan perlengkapan berkendara seperti helm, jaket dan sarung tangan. Helm berfungsi melindungi rahang dan otak belakang saat berbenturan dengan kepala, jaket berfungsi menahan angin saat berkendara dan mengurangi gesekan jika terjadi benturan dengan bagian tubuh saat terjatuh, dan sarung tangan membantu menyediakan. Untuk kenyamanan genggaman tangan.

2. Jangan gunakan sepatu tinggiJika ingin nyaman saat berkendara, pilihlah sepatu yang senyaman mungkin. Dan Anda bisa menggunakan sepatu datar atau sepatu olahraga. Hindari memakai sepatu hak tinggi seperti wedges dan sejenisnya. Hal ini mempengaruhi keseimbangan pada sepeda motor.

3. Hindari memakai gaunTidak disarankan untuk wanita mengendarai sepeda motor memakai rok. Terlebih lagi, rok ketat yang bisa memengaruhi lebar kaki Anda bisa berhenti tiba-tiba sewaktu-waktu saat Anda berada di jalan yang lambat.

Jika Anda perlu berpakaian di tempat tujuan, Anda harus mengenakan celana yang nyaman terlebih dahulu, lalu ganti pakaian Anda di toilet terdekat.

“Mulai dari persiapan hingga berkendara, wanita harus selalu memperhatikan dan selalu mematuhi rambu-rambu lalu lintas yang ada di sekitarnya, selalu #LookSafe,” ujar Ludi.

Baca juga: Inilah 5 motor Honda terpopuler bagi warga Yogyakarta sepanjang tahun 2022.

Ingin mendiskusikan artikel di atas dengan editor? Mari bergabung dengan grup Telegram Pergi ke


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news