Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga BBM naik, ini tips sederhana biar motor lebih irit.

Harga BBM naik, ini tips sederhana biar motor lebih irit.

Reporter: Gooto.com

Editor: Rafif Rahedian

Senin, 10 Oktober 2022 16:00 WIB

Petugas mengisi bahan bakar pengendara sepeda motor di sebuah SPBU di Jakarta, Selasa, 4 Oktober 2022. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatatkan inflasi sebesar 1,17 persen (month-on-month/MTM), tertinggi sejak Desember 2014. Komoditi utama yang memberikan sumbangan inflasi adalah harga Bahan Bakar Minyak (BBM), beras dan biaya transportasi dalam kota. Antara foto / M Risyal Hidayat

Kelasmekanik.com, Jakarta – Pemerintah Indonesia resmi menaikkan harga BBM bersubsidi pada 3 September 2022. Kenaikan harga BBM menjadi salah satu hal yang membuat pemilik kendaraan, termasuk sepeda motor, sedikit kesulitan.

Pasalnya, pengguna sepeda motor menggunakan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi dibandingkan dengan yang tidak bersubsidi seperti Pertamax. Jadi pengendara sepeda motor harus memperhatikan beberapa tips agar kendaraan Anda lebih hemat bahan bakar.

Persiapkan kesempatan ini Gooto.com Mencoba merangkum tips berkendara agar sepeda motor lebih irit dari sebelumnya. Simak ulasan berikut ini dari website Wahana Honda, Senin 10 Oktober 2022, khusus untuk Anda:

  1. Siapkan kantor

Tips pertama yang harus dilakukan oleh pemilik kendaraan adalah mengatur setelan karburator. Pada bagian ini, bahan bakar diolah sebelum menjadi bahan akhir yang mudah terbakar, yaitu berfungsi untuk mengontrol jumlah bensin yang masuk ke tangki di bagian terapung.

  1. Periksa katup

Juga, pemilik mesin harus memperhatikan atau memeriksa katup. Komponen ini digunakan untuk mengolah ledakan bahan bakar menjadi tenaga mesin. Agar irit, pengguna sepeda motor diminta menyesuaikan kerapatan klep. Namun, tidak disarankan untuk terlalu dekat.

  1. Perhatian kondisi Busi

Kondisi busi bisa membantu masalah kotoran motor. Disarankan untuk membeli lilin berkualitas untuk memaksimalkan proses penyalaan dan pembakaran. Dikatakan lebih efisien.

  1. Periksa kondisi oli

Pentingnya oli untuk sepeda motor sudah bukan rahasia umum lagi. Namun tentunya penggunaan oli dapat mempengaruhi kendaraan menjadi lebih irit. Jika menggunakan oli yang berkualitas, gesekan antar komponen akan lebih mudah dan mesin dapat berjalan dengan lancar.

  1. Komposisi gas

Terakhir, pemilik sepeda motor harus memiliki tips berkendara yang aman dan nyaman. Pengemudi tidak disarankan untuk menekan gas secara tiba-tiba. Karena dapat menambah bahan bakar lebih banyak untuk proses pembakaran. Dengan begitu, mesin Anda akan menjadi lebih kotor.

Baca Juga: Perbanyak Poin di GP Junior Aragon, Ini Kata Fadillah Aditama.

Ingin mendiskusikan artikel di atas dengan editor? Ayo gabung di grup Telegram Pergi ke


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news