Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips mengendarai sepeda motor saat melintasi rel kereta api


Pengendara sepeda motor melintasi pembatas gerbang di perlintasan kereta api Kiarakondong, Burung, 13 Januari 2017. TEMPO/Prima Mulia

Kelasmekanik.com, Jakarta – Beberapa sepeda motor mungkin telah melewati atau melewati gerbang kereta api. Tempat tersebut masih menjadi salah satu tempat yang sering terjadi kecelakaan.

Biasanya terjadi karena kelalaian dan kesalahan mendasar pengendara sepeda motor. Bahkan saat ini masih sering terlihat orang-orang yang mengendarai sepeda motor menaiki rel kereta api meskipun ada jeruji atau gerbang yang menghalangi jalan.

Apalagi jika perlintasan kereta api tidak dibebani palang atau gerbang. Ini tentu berisiko. Meski dikelola oleh relawan, tetap saja sangat berbahaya.

Pengendara sepeda motor harus mengikuti beberapa tips untuk menghindari kecelakaan fatal di rel kereta api. Berikut redaksinya Gooto.com Berikut beberapa tips mengendarai sepeda motor saat melintasi gerbang kereta api:

  1. Hati-hati

Langkah pertama yang harus dilakukan pengemudi adalah bersabar dan menjaga kondisi aman. Jika kereta lewat, Anda harus tetap waspada. Lihat kanan dan kiri dulu sebelum akhirnya melintasi rel kereta api.

  1. Jangan berhenti di tengah rel

Selain itu, pengemudi harus memperhatikan etika berkendara. Pengendara sepeda motor tidak boleh berhenti di tengah kereta sambil menunggu kereta lewat. Karena kita tidak tahu kapan kereta akan lewat. Oleh karena itu, lebih baik bagi pengemudi untuk berhenti di tempat yang aman.

  1. Perhatian dan kewaspadaan

Saran ketiga adalah agar pengendara sepeda motor tetap waspada saat melewati perlintasan kereta api. Pintu kereta dijaga oleh petugas, tetapi Anda harus waspada. Karena petugas masih manusia, bisa ceroboh.

  1. Berhenti, jangan terlalu dekat

Warga yang mengendarai sepeda motor diminta untuk tidak parkir terlalu dekat dengan gerbang dan pagar. Pasalnya, angin yang bertiup akibat kecepatan kereta api bisa berbahaya. Tubuhmu bisa dipukul dengan batu-batu kecil. Jadi pastikan Anda parkir di tempat yang sangat aman.

  1. Kendalikan mesin

Hal terakhir yang perlu dilakukan pengendara adalah mengendalikan sepeda motor. Karena saat ini banyak rel kereta api yang bobrok dan tidak diperbaiki. Dengan cara ini, Anda harus mengontrol mesin untuk melewati persimpangan dengan benar.



Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news