Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips mengendarai sepeda motor di jalan raya sesuai etika berkendara

Tips mengendarai sepeda motor di jalan raya sesuai etika berkendara

Reporter: Gooto.com

Editor: Rafif Rahedian

Jumat, 21 Oktober 2022 15:00 WIB

Pemudik antrean sepeda motor untuk naik kapal di Dermaga 3 Pelabuhan Bakauheni, Lampung, Lampung, Kamis, 5 Mei 2022. Kementerian Perhubungan memperkirakan arus balik Lebaran 2022 akan mencapai puncaknya pada 6-8 Mei 2022. ANTARA FOTO/Ardianyah

Kelasmekanik.com, Jakarta – Etika berkendara sangat penting untuk keselamatan pengendara sepeda motor dan mobil di jalan. Namun entah kenapa masih sedikit orang yang dengan sengaja melanggar etika dan rambu lalu lintas.

Padahal pemerintah telah menerapkan berbagai undang-undang untuk menjamin keselamatan pengemudi saat berkendara. Hal ini tertuang dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Persiapkan kesempatan ini Gooto.com Membahas tentang etika berkendara bagi pengendara sepeda motor. Berikut ulasannya seperti dilansir dari situs tersebut Dia mengendarai Honda Hari ini, Jumat, 21 Oktober 2022:

Tidak berbicara dengan pengemudi lain

Saran etiket sepeda motor yang pertama adalah untuk tidak berbicara dengan pengendara lain. Dalam pantauan redaksi kami, masih ada beberapa pengendara sepeda motor yang asyik mengobrol sambil mengendarai motornya berdampingan dengan mobil lain.

Hal ini dapat mengganggu pengendara lain di belakang, karena memakan banyak ruang jalan. Pemerintah saat ini telah memberlakukan larangan sepeda motor melakukan hal ini karena mengganggu kenyamanan di jalan raya.

Jangan main gadget

Pengemudi dilarang bermain gadget saat mengendarai sepeda motor atau mobil. Pengemudi sangat tidak disarankan untuk mengobrol atau menjawab panggilan saat mengendarai sepeda motor. Ini karena sangat berbahaya bagi seseorang untuk mengemudi dengan aman.

Saat memainkan gadget, tentu perhatian pengemudi terbagi menjadi dua. Hal ini tidak hanya membahayakan keselamatan Anda sendiri tetapi juga keselamatan pengguna jalan lainnya.

Tidak melintasi trotoar

Beberapa pengendara sepeda motor sekarang memilih untuk menyeberang trotoar untuk memotong jalan dan menghemat waktu. Mereka biasanya melakukan ini ketika situasi lalu lintas padat.

Tapi mengemudi di trotoar adalah pelanggaran lalu lintas. Hal ini secara tegas dilarang karena dapat menghilangkan hak-hak pejalan kaki. Tak hanya melintas, beberapa oknum pengendara juga memanfaatkan jalan setapak sebagai tempat parkir.

Bukan saat merokok

Etika mengendarai sepeda motor yang paling utama adalah tidak mengendarai rokok. Ini membahayakan pengguna jalan lain karena percikan dari abu rokok bisa terbang dan mengenai orang di belakang.

Baca Juga: Honda PCX Chapter Jakarta Motorcycle Society Rayakan HUT ke-11

Ingin mendiskusikan artikel di atas dengan editor? Ayo gabung di grup Telegram Pergi ke


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news