Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa perbedaan antara mengendarai mobil listrik dan mobil konvensional? Lihat bagaimana ini


Contoh pengisian mobil listrik. shutterstock.com

Kelasmekanik.com, Jakarta – Saat ini, mobil listrik sedang menjadi perhatian di dunia otomotif. Tak heran jika pabrikan mobil kini bekerja keras untuk merancang dan memproduksi kendaraan listrik.

Karena saat ini, mobil listrik dianggap sebagai solusi masalah lingkungan dan kenaikan harga bahan bakar. Apalagi mobil listrik memiliki daya tarik yang canggih dan dengan fitur-fitur terbaru. Tetapi apakah mengendarai mobil listrik berbeda dengan mengendarai mobil konvensional?

Sama seperti mobil konvensional, mobil listrik juga mudah dikendarai. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu diperhatikan saat mengendarai mobil listrik, jika disebutkan Mobil.id Hari ini Senin, 26 September 2022:

1. Tekan tombol start-stop untuk menghidupkan mesin

Pertama, pengemudi perlu menyalakan mesin mobil terlebih dahulu. Cara menyalakannya sederhana, yaitu saat menginjak pedal rem, tekan tombol start-stop. Mesin mobil listrik tidak mengeluarkan suara atau bergetar saat dihidupkan. Sinyal pengapian mobil listrik dapat dilihat pada layar digital yang menyala.

2. Lepaskan tombol rem tangan atau sakelar rem

Pemilik kendaraan listrik harus melepaskan rem tangan terlebih dahulu sebelum mengaktifkan transmisi dan mengemudi. Anda hanya perlu menurunkan tuas rem tangan atau menekan tombol rem parkir elektrik. Namun, ingatlah untuk menekan pedal rem saat melakukan ini agar mobil tidak bergerak.

3. transfer ke tempat d

Setelah rem tangan dilepas dan semua parameter sudah siap, pengemudi bisa mengemudikan mobil listrik. Geser shifter ke posisi D atau tekan tombol transmisi ke posisi D agar kendaraan listrik ini bergerak.

4. Hati-hati saat menginjak pedal gas

Saat ingin mengendarai mobil listrik, pengemudi harus berhati-hati. Mobil listrik tidak memiliki rasio transmisi, sehingga akselerasi lebih cepat dan dapat berlari lebih cepat dalam satu langkah. Oleh karena itu, saat mengendarai mobil listrik, tekan pedal gas secara perlahan untuk memastikan keamanan yang lebih baik.

Baca Juga: Pertamax Lebih Banyak Penyebab Pertal Loss, Begini Cara Mengeceknya

Ingin mendiskusikan artikel di atas dengan editor? Ayo gabung di grup Telegram Pergi ke


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news