Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips merawat mobil agar terlihat bagus dan awet

Kelasmekanik.com, Jakarta – Sebagai pemilik kendaraan tentunya sudah menjadi kewajiban anda untuk selalu merawat mobil anda agar performanya baik setiap kali anda mengendarainya. Selain itu, merawat mobil berguna untuk kenyamanan saat berkendara, karena mengurangi gangguan saat berkendara. Apalagi jika menggunakan mobil bekas sangat membutuhkan perawatan, baik mobil matic maupun manual. Oleh karena itu, rawat mobil Anda dengan servis berkala agar selalu dalam kondisi prima.

Diposting oleh Honda Hari Ini, Minggu, 18 September 2022 Berikut cara merawat mobil Anda agar tetap terlihat bagus dan awet:

  1. Pemeriksaan oli rutin

Umumnya, manual merekomendasikan untuk memeriksa oli setiap 10.000 kilometer atau setiap 6 bulan. Namun, jika Anda menggunakan mobil Anda secara teratur dan mengalami lalu lintas yang padat, Anda harus mengganti oli setiap 5.000 kilometer. Selain itu, jika mesin mobil terasa kasar dan warna oli menjadi hitam dan berair, itu tandanya sudah ganti oli.

  1. Periksa kopling dan rem

Disarankan untuk memeriksa mobil setelah 10.000 dan 50.000 kilometer. Perhatikan tarikan kopling yang aus, yang membuat perpindahan gigi menjadi sulit. Kemudian periksa kondisi rem secara berkala. Minyak rem harus diganti setiap 20.000 kilometer.

  1. Ganti air radiator

Mengganti air radiator dengan benar dan tidak sembarangan merupakan hal yang harus diperhatikan dalam perawatan mobil. Hal ini untuk menunjang performa mobil.

  1. Periksa ban dan tekanan

Tekanan ban sangat penting untuk keselamatan. Setidaknya sebulan sekali dan sebelum melakukan perjalanan jauh. Perhatikan juga kondisi ban, jadi jika melihat ada yang aneh atau rusak sebaiknya segera diganti.

  1. Periksa kabel dan lampu secara teratur

Agar nyaman dan tidak ada masalah di jalan, periksa kondisi kabel dan lampu secara berkala. Kabel putus, bahkan putus, dan lampu redup? Jika rusak, segera ganti dengan yang baru dan gunakan suku cadang yang direkomendasikan oleh pabrikan.

  1. Mencuci mobil

Cuci mobil minimal seminggu sekali agar bodi mobil tetap mengkilap dan bebas noda. Jika tidak sering dicuci akan sangat sulit untuk dibersihkan, apalagi mobil yang berwarna putih, noda mudah terlihat. Saat mencuci, gunakan sabun cuci mobil khusus dan gunakan kain lembut agar tidak merusak cat.

  1. Membersihkan kaca

Bersihkan kaca secara rutin menggunakan pembersih kaca khusus dan periksa kualitas air washer. Pastikan karet pada jendela sering dibersihkan dari kotoran dan debu agar tidak merusak kaca.

  1. Membersihkan interior mobil

Untuk menghilangkan cat cepat, bersihkan bagian dalam mobil seperti jok mobil setelah digunakan. Kursi mobil berubah karena keringat atau zat lengket lainnya. Juga, bersihkan kabinet dan karpet untuk mencegah pertumbuhan jamur.

  1. Gunakan bahan bakar oktan tinggi

Terakhir, tips merawat mobil agar performa mesin lebih baik, yakni menggunakan bahan bakar beroktan tinggi atau sesuai rekomendasi pabrikan.

Berikut adalah beberapa informasi tentang cara merawat mobil Anda agar tetap nyaman saat berkendara.



Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news