Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Telkomsel mengklaim sistem aman yang tidak terkait dengan kebocoran data kartu SIM.

Menanggapi dugaan kebocoran informasi kartu SIM tersebut, pihak Telkomsel menyatakan bahwa itu bukan dari mereka.

Logo baru Telkomsel. (Telkomsel)

Kelasmekanik.com – Telkomsel telah memastikan bahwa sistem tersebut aman dari peretasan. Mereka juga mengakui, data miliaran kartu SIM yang diperdagangkan bukan dari Telkomsel.

Pada Kamis (1/9/2022), Vice President Corporate Communication Telkomsel, Saki Hamsat Bramono, membenarkan bahwa data transaksi terhadap para peretas itu bukan berasal dari sistem.

Berdasarkan hasil pemeriksaan internal pertama dari Telkomsel, kami dapat memastikan bahwa data yang diperdagangkan tidak berasal dari sistem yang dikelola oleh Telkomsel.” kata Saki, Kamis (1/9/2022).

tersebut Suara.comTelkomsel memastikan bahwa semua informasi pelanggan yang tersimpan dalam sistem Telkomsel aman dan rahasia.

Menurut Saki Hamsat Bramono, Telkomsel secara konsisten menerapkan prosedur operasi standar bersertifikat untuk perlindungan data pelanggan dan pengoperasian sistem keamanan sesuai dengan peraturan yang berlaku di industri telekomunikasi di Indonesia.

Deskripsi Kartu SIM Telkomsel. [Dok Telkomsel]
Deskripsi Kartu SIM Telkomsel. [Dok Telkomsel]

Kami siap berkoordinasi langsung dengan semua pihak terkait untuk bersama-sama mengejar hal tersebut sesuai dengan ketentuan terkait.” dia berkata.

Sebelumnya, dilaporkan sekitar 1,3 miliar data kartu SIM seluler diperdagangkan di Internet di Indonesia. Data tersebut antara lain nomor telepon dan NIK pemegang nomor.

Beberapa pakar keamanan siber yang menguji sampel yang diberikan oleh peretas, yang memiliki data tersebut, mengatakan bahwa data tersebut akurat.

Sementara itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika membantah bahwa itu bukan sumber bocoran informasi. Kementerian mengatakan akan melakukan audit untuk memverifikasi informasi kartu SIM.

Ditjen Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri membantah tudingan kebocoran informasi dari sistem.

Telkomsel keberatan jika informasi kartu SIM bocor dari mereka. Telkomsel memastikan sistem aman dan tidak terjadi pelanggaran. (Suara.com/Dicky Prastya)