Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab mobil tidak bisa distarter dan cara mengatasinya

autoilenia.com – Menghadapi berbagai masalah pada mobil terkadang menimbulkan kepanikan dan emosi tersendiri ya. Apalagi jika mobil yang Anda kendarai tiba-tiba tidak bisa dihidupkan. Bisa dibayangkan betapa paniknya Anda jika ada keadaan darurat dan tempat di mana Anda harus menstarter mobil Anda.

Tapi jangan khawatir, karena pada artikel kali ini kita akan membahas tentang penyebab mobil tidak bisa distarter, cara mengatasinya dan Anda bisa mempelajari lebih lanjut tentang cara mengatasi mobil yang tiba-tiba tidak bisa distarter saat distarter. ingin menggunakan

Untuk mengatasi masalah ini, hal utama yang perlu Anda lakukan adalah bersikap tenang dan tidak takut. Kepanikan dalam situasi sulit justru membuat semakin sulit mencari jalan keluar. Bernapas untuk ketenangan adalah cara yang pasti untuk menghilangkan rasa takut saat ini.

Karena mobil tidak bisa hidup

starter mobil

Mobil yang tidak bisa distarter Atau aktif, sering untuk waktu yang lama, dan memiliki banyak penyebab. Coba ingat-ingat, dalam beberapa hari atau minggu terakhir, mobil kesayangan Anda mengalami kerusakan ringan?

1. Masalah dengan pos baterai

Mobil yang tidak bisa distarter sering bermasalah dengan pencahayaan. Periksa dan bersihkan baterai segera. Kutub (+) pada aki biasanya paling cepat kotor dan kerak. Kotoran dan kerak yang menumpuk di tiang pasti akan menghambat daya kerja aki, bahkan bisa menyebabkan kerusakan, sehingga mobil sulit distarter atau tidak bisa distarter sama sekali. Memeriksa dan membersihkan aki secara rutin pasti akan mengurangi risiko mobil mogok dan sulit untuk distarter.

2. Dinamo starter

Alasan lain mengapa mobil sulit dihidupkan adalah dinamo starter. Dinamo starter adalah bagian yang berfungsi untuk menggerakkan dinamo mobil untuk menstarter mobil.

Jika dinamo starter rusak, maka secara otomatis starter mobil akan menyala. Untuk mobil manual, masalah seperti itu masih bisa diselesaikan dengan mendorong mobil. Namun untuk mobil matic, solusi satu-satunya adalah dengan membawanya ke bengkel terdekat.

Jika dinamo starter mati, jangan memaksakan diri untuk menstarter mobil, karena justru akan membuat dinamo terlalu panas dan merusak dinamo starter. Kondisi dinamo yang panas dapat menyebabkan beberapa elemen penting di dalam mobil terbakar.

Baca juga: Penyebab Mobil Crash dan Cara Mengatasinya

3. Periksa komponen kelistrikan mobil

Agar mobil dapat menyala dengan sempurna saat distarter, beberapa komponen penting dalam sistem kelistrikan mobil harus selalu dalam keadaan baik. Sebelum memulai perjalanan, lakukan pemeriksaan secara berkala dan berkala terhadap suku cadang penting mobil agar setiap kerusakan dapat dideteksi sejak dini.

Cara mengatasi mobil yang sulit

Sekarang setelah Anda mempelajari beberapa alasan mengapa mobil sulit dihidupkan, baca terus untuk mempelajari cara menangani mobil yang sulit dihidupkan sehingga gangguan ini tidak menghalangi antusiasme Anda untuk mengemudi.

1. Periksa kondisi baterai dan sekering

Jika mobil Anda tidak hidup secara tiba-tiba, periksa aki dan sekringnya. Periksa baterai dengan memeriksa voltase untuk mengetahui kondisi level air. Jika baterai bermasalah, Anda dapat melompat ke mobil lain.

Namun jika jumper sudah dibuat dan mobil tetap tidak bisa menyala, jika ada yang putus atau ada masalah pada sistem kelistrikan, coba perhatikan kondisi sekringnya. Jika sekring putus, solusi yang mungkin adalah membawa mobil ke bengkel terdekat untuk diperbaiki sesegera mungkin.

Baca juga: Penyebab Kecelakaan Mobil dan Cara Mengatasinya

2. Periksa karburator

Karburator yang tersumbat debu dan kotoran akan membuat mobil tidak bisa distarter saat distarter. Periksa karburator untuk memastikan karburator bersih dan tidak ada masalah di dalamnya. Karena karburator yang kotor pada mobil yang menggunakan sistem EFI akan menimbulkan masalah yang serius bagi mobil, salah satunya adalah mobil sulit untuk dihidupkan.

3. Periksa motor starter

Motor starter adalah bagian dari mobil yang digunakan untuk menggerakkan kendaraan pada mesin mobil. Jika motor starter rusak, pasti mobil akan sulit dihidupkan. Periksa unit dinamo dan periksa kebisingan abnormal dari komponen ini. Jika masalah berlanjut dan mobil masih tidak bisa dihidupkan setelah dihidupkan, segera bawa mobil ke bengkel terdekat.

Yah, itu hanya beberapa. Penyebab mobil susah distarter dan cara mengatasinya Tepat. Sebelum panik dan langsung bawa ke bengkel, ada baiknya cek beberapa bagian mobil ya. Jangan lupa untuk memeriksa apakah mobil itu layak jalan sebelum Anda bepergian. Menjaga kebersihan dan kualitas suku cadang di dalam mobil agar mobil Anda tetap aman dan dalam kondisi prima. Selamat mengemudi.