Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab kecelakaan mobil dan cara mengatasinya

autoilenia.com – Memiliki mobil adalah impian semua orang. Membantu mobil memudahkan siapa saja untuk melakukan perjalanan ini, mereka masih memiliki banyak penggemar. Tapi mereka punya Mobil Ternyata, tidak semudah kelihatannya. Untuk menjaga kualitas, Anda harus melakukan perawatan secara terus menerus dan teratur. Salah satu masalah paling umum yang dihadapi orang adalah kerusakan mobil. Penyebab kerusakan mobil ini sangat beragam, namun belum banyak yang mengetahuinya.

Mobil mogok pasti akan menghambat efisiensi waktu dan menguras pikiran dan tenaga Anda. Bayangkan mobil kesayangan Anda tiba-tiba menjadi sulit untuk dijalankan, dan Anda membutuhkan mobil untuk perjalanan yang mengharuskan Anda untuk sampai ke tempat tujuan dengan cepat. Hal ini tentu saja membawa masalah baru dan menggugah emosi.

Hal pertama yang harus dilakukan ketika menghadapi situasi ini adalah tetap tenang dan tidak panik. Karena kepanikan yang biasa terjadi membuat semakin sulit untuk menghadapi dan menyelesaikan masalah. Nah, simak penjelasannya di bawah ini untuk memudahkan Anda mengetahui penyebab mobil mogok. Semoga keingintahuan Anda akan menjawab dan mobil Anda bisa menjadi lebih baik dari Anda saat mogok, oke?

Penyebab kecelakaan mobil dan cara mengatasinya

Mobil mogok.

Mobil bisa sangat membuat frustrasi, terutama jika Anda tidak tahu apa yang menyebabkan mobil Anda mogok dan Anda tidak bisa menyalakannya. Di bawah ini adalah beberapa di antaranya. Karena kerusakan mobildengan orang lain.

1. Ada kerusakan pada catalytic converter

Konverter katalitik adalah salah satu komponen yang mengurangi jumlah gas beracun di dalam mobil. Jika perangkat rusak, bahan bakar akan memiliki terlalu banyak residu yang akan menyebabkan masalah dengan adaptor.

Kerusakan pada catalytic converter akan menyebabkan proses exhaust tidak berfungsi secara normal dan akan memaksa exhaust bekerja lebih banyak karena kelebihan beban. Hal ini pada akhirnya akan menyebabkan mesin mobil mati dan tidak bisa dioperasikan. Oli di gearbox sudah habis

2. Kosong atau oli dari Gear gearbox

Alasan lain untuk kerusakan mobil adalah bahwa gearbox telah kehabisan oli. Suku cadang yang mengontrol pergerakan kendaraan dan merupakan salah satu bagian terpenting dari mobil bisa menjadi salah satu penyebab mobil mogok. Untuk itu, periksa level oli secara rutin agar mobil yang mengganggu Anda tidak mogok. Berapa banyak oli yang dibutuhkan untuk sebuah mobil tergantung dari jenis mobilnya. Untuk mengetahuinya, Anda bisa mengetahuinya di buku panduan kendaraan Anda.

Baca juga: Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter dan Cara Mengatasinya

3. Panas yang berlebihan

Untuk menghindarinya, air radiator di mobil harus lebih sering diperhatikan. Pengemudi yang jarang mengecek ketinggian air di radiator sering mengalami masalah ini. Jika radiator tidak ada air atau habis, sangat wajar jika mobil tiba-tiba mogok dan tidak bisa distarter.

Radiator kering tidak menyebabkan pendinginan pada suhu mesin, yang sangat berbahaya bagi komponen mobil lainnya. Salah satunya adalah pistonnya. Body mobil ini bisa meleleh dan menyebabkan mesin mobil melambat atau bahkan mati.

4. Masalah kelistrikan

Masalah kelistrikan adalah sesuatu yang harus diperhatikan oleh semua pemilik mobil. Masalah kelistrikan yang sering diabaikan atau tidak terlihat adalah gangguan pada alternator. Padahal alternator merupakan salah satu bagian penting dari mobil yang digunakan untuk menyalurkan listrik ke baterai. Jika ini dibiarkan, baterai dapat habis dan rusak karena kekurangan pasokan listrik.

Alternator yang rusak sering mempengaruhi kehidupan mobil. Kebanyakan kegagalan alternator terjadi pada mobil yang berusia lebih dari lima tahun. Kerusakan pada mobil convertible tersebut dikarenakan banyaknya penambahan modifikasi pada mobil, seperti pencahayaan yang berlebihan.

5. Baut

Alasan lainnya adalah kunci. Pemeriksaan atau perbaikan yang dilakukan di bengkel, jika pemasangan baut tidak sempurna maka akan mempengaruhi daya kerja mobil. Baut yang dipasang tidak boleh terlalu longgar atau terlalu kencang.

Pada mesin mobil, ada beberapa pipa yang harus ditekan dengan tekanan yang sama. Jika tidak, hal ini dapat menyebabkan kebocoran pada kompresor dan komponen lainnya, yang akan menyebabkan mobil mogok dan mogok.

Baca juga: Penyebab Mobil Crash dan Cara Mengatasinya

Cara mengatasi kecelakaan mobil

1. Jangan panik

Ketika seseorang memiliki masalah dengan mobilnya, reaksi pertama adalah ketakutan. Guncangan keadaan darurat benar-benar dapat mempersempit dan sulit untuk memikirkan jalan keluar. Jika mobil mogok, tetap tenang dan segera temukan penyebabnya.

2. Isi tangki bahan bakar

Pastikan tangki bahan bakar terisi dengan baik untuk menghindari penyumbatan. Seperti disebutkan di atas, hal utama yang biasanya menyebabkan mobil mogok sebelum memastikan bahwa ada alasan lain adalah pengisian bahan bakar.

3. Periksa sistem pembakaran

Periksa busi mobil. Jika ada lilin yang terbakar atau meleleh karena kepanasan, segera ganti.

Berikut adalah beberapa di antaranya. Penyebab mobil mogok dan cara memperbaikinya Anda bisa menggunakannya sebagai referensi saat mobil mogok. Jika cara-cara di atas gagal mengatasi masalah kerusakan mobil Anda, segera bawa mobil ke bengkel terdekat, ok.


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news