Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bisa Retak MasterPrints, Seberapa Amankah Pemindai Sidik Jari di HP?

Siapa sangka fitur pemindai sidik jari ini berbahaya jika memiliki lubang keamanan.

Contoh sidik jari. (Pixbay/Artis Digital)

Kelasmekanik.com – Setelah sekian lama, pattern lock to PIN kini telah resmi ditambahkan ke pemindai sidik jari di beberapa ponsel modern.

Seperti namanya, pemindai sidik jari ini memungkinkan pengguna untuk membuka kunci menggunakan sistem sidik jari. Tak hanya di bagian samping, kini hadir pemindai sidik jari di layarnya juga.

Sayangnya, meski bertugas sebagai sistem keamanan, siapa sangka fitur pemindai sidik jari ini memiliki lubang keamanan yang memang berbahaya.

Potensi lubang keamanan pada pemindai sidik jari diungkap oleh tim di New York University dan Michigan State University di laman New York Times.

Studi tersebut menunjukkan bahwa pemindai sidik jari pada ponsel ini dapat dengan mudah ditipu oleh teknologi yang disebut Master Prints, yang dikembangkan beberapa waktu lalu.

Contoh sidik jari.  (Pixbay/ar134005)
Contoh sidik jari. (Pixbay/ar134005)

Dengan menggunakan simulasi pada komputer dengan master print, perangkat yang dilindungi oleh pemindai sidik jari dapat dengan mudah dibuka kuncinya dengan algoritme khusus.

Setelah penelitian tentang pemindai sidik jari pada ponsel dengan lubang keamanan dipublikasikan, beberapa pengembang seperti Google dan Apple dengan cepat mengatasi masalah tersebut.

Meskipun sudah ditangani oleh dua vendor HP populer ini, celah keamanan yang mengganggu ini bisa sangat merepotkan karena bisa muncul lagi.


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news