Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa saja eSIM yang digunakan iPhone 14, berikut penjelasan lengkap cara kerjanya.

iPhone 14 dan iPhone 14 Plus. (Apel)

Kelasmekanik.com – Apple merilis iPhone 14 tanpa mendukung slot kartu SIM, menggunakan SIM sebagai gantinya. Tapi apa itu eSIM dan bagaimana cara kerjanya?

Apple juga memanfaatkan peluncuran iPhone 14 untuk mempromosikan penggunaan teknologi SIM kepada pengguna di Amerika Serikat (AS).

tersebut Suara.com, iPhone baru ini tidak lagi memiliki slot SIM card seperti kebanyakan smartphone. Sebagai gantinya ada EC.

Anda juga perlu mengunduh profil Esim selama penyiapan. Jadi eSIM apa yang digunakan iPhone 14?

Apa itu eSIM?

SIM tertanam, atau sering disebut eSIM, adalah chip yang dapat diprogram pada ponsel cerdas, tablet, atau jam tangan pintar Anda.

Tujuannya sama dengan SIM fisik, kecuali bahwa itu adalah operator independen dan sebagai gantinya dapat diprogram melalui perangkat lunak.

Dengan ponsel cerdas yang kompatibel dengan eSIM, beralih penyedia lebih mudah daripada menemukan dan memasang kartu SIM fisik.

Dikutip dari halaman. Otoritas Android.Pada Jumat (9/9/2022), Anda dapat dengan mudah menemukan file konfigurasi dan mengaktifkannya di perangkat.

Contoh kartu SIM.  (Pixbay)
Contoh kartu SIM. (Pixbay)

Penyedia umumnya menyebut ini sebagai profil eSIM dan menyajikannya sebagai kode QR yang dapat dipindai untuk diunduh.

Perangkat dengan fungsi ECM memiliki chip kecil yang disolder langsung ke papan sirkuit utamanya.

Sebagai perbandingan, bahkan standar nano-SIM baru yang lebih kecil dari tahun 2012 memiliki jejak fisik yang lebih besar.

Apa kelebihan dan kekurangan menggunakan ECM?

Secara teori, eSIM akan memungkinkan Anda untuk menyimpan beberapa operator di ponsel cerdas Anda dan dengan cepat beralih di antara mereka.

Ini berarti Anda dapat beralih di antara selusin paket yang berbeda dalam hitungan menit, yang sangat berguna jika Anda bepergian ke luar negeri dan memerlukan kartu SIM lokal sementara.

Selain aspek kenyamanan, kehadiran ECM juga dapat menciptakan persaingan untuk perangkat yang lebih kecil dan berfitur lengkap.

Bagaimanapun, banyak produsen mengutip lokasi yang sama dan alasan tahan air untuk melepas jack headphone 3,5 mm. Untungnya, ada beberapa kerugian untuk beralih dari fisik ke eSIM.

Satu-satunya kelemahan eSIM adalah tidak semua operator mendukungnya, seperti yang akan kami jelaskan di bagian selanjutnya.

Untuk memperbaikinya, pembuat smartphone menyertakan slot SIM fisik selain dukungan SIM.

Anda sering dapat menggabungkan keduanya dan menggunakan dual-SIM yang berbeda secara bersamaan.

Perlu diingat bahwa perangkat SIM, seperti SIM fisik, dapat dikunci ke jaringan operator tertentu.

Itulah penjelasan lengkap cara menggunakan SIM di smartphone, nantinya iPhone 14 juga menggunakan teknologi ini. (Suara.com/Dythia Novianty)


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news