Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Penyebab mengapa mesin mobil terdengar kasar dan berisik


Contoh mesin mobil. Pixabay

Kelasmekanik.com, Jakarta – Merawat suku cadang mesin mobil sangat penting untuk menjaga performa kendaraan tetap baik dan aman serta nyaman saat berkendara. Salah satu indikator mesin mobil yang terawat adalah suara tarikan yang halus.

Jika suara mesin dan throttle terdengar kasar, dapat diketahui bahwa kondisi mobil bermasalah. Apalagi saat dibakar dengan gas, ada suara keras yang terdengar seperti benda logam berbenturan.

Hari ini, Jumat 9 September 2022, berikut penyebab suara mesin mobil keras yang dilansir Suzuki dan cara mengatasinya.

1. Masalah kompresor AC mobil

Masalah ini disebabkan oleh kompresor AC mobil yang rusak dan kekurangan oli. Bisa juga akibat kotoran yang menyumbat bagian dalam kompresor AC. Apalagi jika sudah lama tidak membersihkan AC mobil. Bengkel bisa menyiram dan memeriksa komponen AC mobil.

2. Oli mesin lebih sedikit

Untuk mengatasi suara mesin mobil yang bising akibat oli tentunya dengan melakukan pengecekan pada tangki oli. Jika oli mesin mulai berkurang dan kualitasnya menurun, misalnya keruh dan cair, maka segera ganti oli mesin.

3. Belt kipas rusak

Sabuk kipas pada mesin mobil berfungsi sebagai penghubung antara satu poros dengan poros lainnya yang menghubungkan kipas radiator ke kompresor AC mobil dan alternator. Jika ada masalah dengan sabuk kipas, gejala yang paling jelas adalah mobil mengeluarkan suara keras dan keras saat berakselerasi. Pemicu utama fan belt rusak biasanya karena sudah kendor dan permukaannya kering dan pecah-pecah. Berikan pelumasan yang memadai. Jika masih terdengar, sabuk kipas perlu diganti dengan yang baru.

4. Suspensi mobil rusak

Kerusakan pada bantalan juga dapat menyebabkan mesin mobil berisik. Bagian ini bukan bagian mobil yang bisa Anda perbaiki sendiri. Karena bagian ini memiliki komposisi yang kompleks dan jenis yang sangat berbeda. Jika Anda ingin memeriksa suku cadang bantalan, segera pergi ke bengkel resmi.

5. Katup mesin longgar

Kebisingan pada mesin mobil dapat disebabkan oleh celah katup yang longgar atau terlalu kencang. Pengaturan normal katup mesin biasanya dalam 0,2-0,3 mm. Tetapi ketika gaya penggerak meningkat, celah katup dapat mengendur dengan sendirinya dan menyebabkan batang katup tergerus ke lengan ayun. Inilah yang membuat suara seperti benturan logam saat mesin hidup atau mesin berakselerasi. Segera periksa katup mesin mobil dan pastikan bagian ini tertutup dengan baik.


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news