Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 cara mudah, berikut adalah langkah-langkah untuk mengambil screenshot di laptop Windows 10.

Untuk menghindari kebingungan, pertimbangkan langkah-langkah sederhana di bawah ini.

Laptop dengan Windows 10. (Microsoft)

Kelasmekanik.com – Bagi pengguna laptop dengan sistem operasi Windows 10, apakah Anda sudah tahu cara mengambil screenshot di laptop Windows 10? Jika belum, berarti Anda harus menyimak ulasan berikut agar dapat dengan mudah melakukan screenshot di laptop Anda.

Sebagai sistem operasi, Windows 10 dilengkapi dengan tombol dan aplikasi bawaan yang dapat Anda gunakan untuk mengambil tangkapan layar. Jadi Anda dapat memilih untuk menggunakan tombol pada keyboard atau menggunakan aplikasi default untuk mendapatkan tangkapan layar yang ingin Anda simpan.

Ada beberapa cara untuk mengambil screenshot di laptop Windows 10, antara lain:

Contoh Windows 10 (Pixbay)
Contoh Windows 10 (Pixbay)

1. Tekan tombol Windows + Print Screen

Buka halaman yang ingin difoto di laptop lalu tekan tombol window dan tombol prtsc atau print screen secara bersamaan. Setelah itu, Anda dapat langsung menyimpan tangkapan layar di folder penyimpanan di laptop Windows 10 Anda

2. Tekan tombol prtsc atau layar cetak

Buka halaman yang ingin Anda ambil foto di laptop, lalu tekan tombol prtsc pada keyboard Anda, maka seluruh layar monitor Anda akan disalin ke clipboard.

Kemudian buka saja program Microsoft Paint, lalu klik kanan dan pilih Paste. Setelah itu akan muncul screenshot, Anda bisa langsung menyimpan screenshot dengan mengklik icon disk di pojok kiri atas.

3. Tekan tombol alt + prtsc

Buka halaman yang ingin Anda ambil gambarnya di laptop lalu tekan tombol alt dan tombol prtsc secara bersamaan dan skrip Anda akan disalin ke clipboard.

Untuk menyimpan screenshot, Anda harus terlebih dahulu membuka program Microsoft Paint, lalu klik kanan dan pilih Paste.

Jika tangkapan layar muncul, Anda dapat langsung menyimpannya atau dengan mengklik ikon disk di sudut kiri atas.

4. Peralatan pengangkat

Buka halaman yang ingin Anda ambil fotonya di laptop, lalu buka aplikasi Snap Tools di perangkat Windows 10 Anda. Klik New, maka kursor Anda akan berubah menjadi tanda plus.

Kemudian Anda hanya perlu klik dan drag untuk memindahkan tampilan layar sesuai dengan tempat Anda ingin mengambil screenshot.

Tunggu beberapa saat dan skrip layar akan muncul dan Anda dapat mengklik ikon save snip atau disket untuk segera menyimpan.

Ini adalah beberapa cara mudah yang dapat Anda lakukan di laptop Windows 10 Anda. Nah, dari sekian banyak cara yang disebutkan di atas, cara mana yang kamu gunakan untuk mengambil screenshot? semoga beruntung!

Kontributor: Jeffrey Francisco


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news