Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perancang chip MediaTek menunjukkan fleksibilitas profesi, peluang karier, dan kompleksitas.

Perancang chip MediaTek mengundang Anda untuk menggali lebih dalam dan mengungkap beberapa seluk beluk yang terkait dengan dunia desain chip.

Chip MediaTek. (Teknik Media)

Kelasmekanik.com – Wei Liang Lien, Direktur Divisi Desain RF MediaTech, berbagi pengalamannya sebagai desainer chip. Bagaimana dengan peluang kerja desainer chip dan masalah yang sering Anda hadapi sebagai desainer chip MediaTek?

Ini menyoroti kutipan dari artikel Bloomberg setahun yang lalu, ketika perancang chip MediaTek berada di tengah krisis chip. Dia kemudian bertanya-tanya apa yang dia lakukan sebagai desainer chip MediaTek.

Memang, dunia desainer sirkuit terpadu (IC) tidak hanya untuk orang biasa, tetapi juga untuk para aspiran yang sedang mengevaluasi apakah akan masuk ke ranah tersebut.

Wee Liang Lien mengajak kita untuk menggali lebih jauh dan menemukan beberapa nuansa yang terkait dengan dunia desain chip.

Mengatasi meningkatnya kompleksitas desain chip

Kemajuan teknologi pemrosesan dan pengemasan microchip telah menciptakan beberapa inovasi terpenting dalam kehidupan manusia. Desain chip juga memainkan peran penting dalam inovasi ini, paling tidak dalam membantu mewujudkan “system-on-chips” (SoCs) yang semakin kompleks.

Di SOC, berbagai jenis blok sirkuit harus terintegrasi dengan baik di lingkungan “master digital”, yang merupakan karakteristik perangkat, terutama untuk desain digital, kepadatan pengepakan tinggi, dan pasokan 1 V.

Kondisi ini pasti menyebabkan sirkuit analog mengalami penurunan rentang dinamis dan peningkatan kebisingan sirkuit, yang menyebabkan masalah integritas sinyal dan kesulitan memenuhi spesifikasi kinerja.

Namun, terlepas dari masalahnya, output harus tetap tinggi bahkan dalam kasus catu daya dan fluktuasi suhu. Di sisi lain, desain sirkuit terpadu (IC) frekuensi radio (RF) rentan terhadap parasit chip dan interferensi elektromagnetik.

Untuk mengatasi hal ini, inovasi berkelanjutan diperlukan untuk mencapai SoC yang sangat terintegrasi untuk sirkuit analog/RF di samping sirkuit digital.

Bagaimana menjadi desainer chip yang baik?

Bagaimana menjadi desainer chip yang baik.  (MediaTech/Wei Liang Lien)
Bagaimana menjadi desainer chip yang baik. (MediaTech/Wei Liang Lien)

Menurut Wei Liang Lien, perancang chip yang sukses, yang sebagian besar adalah insinyur listrik atau elektronik, memiliki karakteristik berikut.

  • Mereka terus mencari peningkatan dan inovasi: selain mengembangkan diri secara profesional, mereka mencari cara untuk meningkatkan sirkuit di setiap generasi baru, tentu saja dengan kinerja yang lebih baik dan konsumsi energi serta biaya yang lebih rendah.
  • Penyedia Solusi: Sering kali kinerja sebuah chip mungkin tidak sesuai dengan tingkat desain dan desainer diminta untuk menemukan akar masalahnya. Analisis masalah ini adalah bagian dari keahlian yang dapat diandalkan oleh perancang chip.
  • Hati-hati: Seorang desainer chip ditandai dengan memperhatikan detail dan menghindari kesalahan desain. Karena, memperbaiki bug dapat merugikan perusahaan jutaan dolar dan membuang waktu yang berharga untuk membuat ulang dan membuat ulang topeng fotolitografi.
  • Kerja tim: Mereka sering mengambil bentuk tim. Karena kerumitan pekerjaannya, desainer chip sering diisi oleh tim insinyur. Dengan cara ini kerjasama tim menjadi sangat penting.

Mengapa desainer chip menyukai pekerjaan mereka?

Desainer chip jarang berganti pekerjaan karena berbagai alasan di luar spesialisasi mereka, termasuk:

  • Menerapkan apa yang Anda pelajari: Insinyur desain menerapkan teori yang diajarkan di perguruan tinggi seperti analisis sirkuit, desain sistem, desain IC digital/analog/RF, perangkat fisik, dll. Dalam profesi, ungkapan “menghubungkan titik-titik” membawa penggunaan praktis dari berbagai konsep yang diterima di sekolah.
  • Semakin lama bertahan, semakin berharga: pembuatan chip, karena prosesnya sangat mahal, kesalahan desain tidak tertahankan. Jadi untuk mendapatkan pengalaman “sukses pertama kali” sangat dibutuhkan.
  • Ini adalah perasaan yang luar biasa setelah produk akhir Anda ditampilkan di toko: para insinyur sangat senang melihat hasil kerja keras mereka sebagai produk akhir yang dapat mereka pamerkan kepada teman dan keluarga mereka.
  • Tantangan Teknis: Kemajuan berkelanjutan dalam teknologi semikonduktor menghadirkan tantangan desain baru, bahkan untuk lini produk yang sama.

Desain chip sebagai pekerjaan

Diagram Venn dari profesi.  (MediaTech/Wei Liang Lien)
Diagram Venn dari profesi. (MediaTech/Wei Liang Lien)

Wee Liang Lien menciptakan diagram Venn, yang telah lama digunakan untuk membujuk siswa belajar teknik sebagai karier. Diagramnya sama seperti di atas, tetapi di sini kata “insinyur” diganti dengan “perancang chip”:

Ada anggapan bahwa desainer chip tidak menerima dolar tertinggi dibandingkan dengan beberapa profesi lain. Namun, keinginan untuk menciptakan solusi inovatif dan meningkatkan kehidupan setiap orang adalah yang membuat desainer chip menjadi kepuasan kerja yang tidak dapat diukur secara finansial.

Prospek desain chip di Singapura

Pada tahun 2020, semikonduktor tercatat sebagai salah satu sektor “jasa esensial” yang tetap beroperasi selama pandemi Covid-19. Di tahun Pada tahun 2022, kami juga mendengar bahwa beberapa investor berencana untuk membangun fasilitas canggih di Singapura. Ini menunjukkan pertumbuhan industri semikonduktor yang stabil di Singapura.

Ini, tidak diragukan lagi, akan menarik lebih banyak perusahaan desain semikonduktor untuk mendirikan cabang untuk melengkapi ekosistem. Permintaan untuk desainer chip di wilayah tersebut akan meningkat seiring waktu.

Kesimpulannya, desainer chip adalah pahlawan tanpa tanda jasa selama 50 tahun terakhir yang telah berkontribusi pada modernisasi komputasi, komunikasi, transportasi, hiburan, dan perawatan kesehatan.