Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

HP lama ini membuat nostalgia, dan netizen mengingat fitur-fiturnya yang menarik

“Tidak ada pinjaman dan tidak ada kuota untuk menonton TV,” kenang netzine.

Ponsel lawas dengan fitur TV ini akan membuat netizen bernostalgia. (Instagram/Nostalgia Sekolah Lama)

Kelasmekanik.com – Ada masa ketika ponsel memiliki “fitur menyenangkan” untuk dapat menonton TV kapan saja menggunakan antena. Kemunculan ponsel lawas ini sempat mencuri perhatian netizen.

Akun Instagram @nostalgiajadul membagikan postingan tentang ponsel jadul yang terkenal dengan harga murah.

Di masa lalu, beberapa ponsel Cina telah mengambil fitur TV analog sebagai nilai tambah. Namun, ponsel dalam gambar (Cross Mobile) adalah merek Indonesia pertama.

Cross Mobile berubah nama menjadi Evercos pada tahun 2013. Jika Anda masih ingat, ponsel dalam negeri dan ponsel buatan China memproduksi perangkat dengan fitur unik, salah satunya adalah TV analog.

Produk-produk ini mengalahkan popularitas BlackBerry yang diluncurkan di Indonesia antara 2010 dan 2013. Ada perangkat dengan keyboard QWERTY yang mirip dengan Blackberry tetapi dengan harga yang lebih terjangkau.

Ponsel lawas dengan fitur TV ini akan membuat netizen bernostalgia.  (Instagram/Nostalgia Sekolah Lama)
Ponsel lawas dengan fitur TV ini akan membuat netizen bernostalgia. (Instagram/Nostalgia Sekolah Lama)

Beberapa merek HP seperti Cross Mobile, Mito, Nexian, CSL Blueberry, Polytron dan Asiaphone telah memproduksi ponsel dengan fitur TV analog.

Tidak hanya model keyboard QWERTY, beberapa ponsel dengan tampilan candy bar juga dilengkapi TV analog.

Fitur ini sangat berguna bagi anak-anak yang tidak memiliki televisi di tempatnya. Sementara ponsel andalan saat ini memiliki fitur tersembunyi seperti wadah stylus pen, ponsel jadul juga dilengkapi dengan fitur tersebut.

Bedanya, unit khusus antena mini yang bisa ditarik, bukan stylus. Ada fitur khusus di lini HP lama. Ada yang keras, keras, dan ada yang tuli.

Ponsel lawas dengan fitur TV ini akan membuat netizen bernostalgia.  (Instagram/Nostalgia Sekolah Lama)
Ponsel lawas dengan fitur TV ini akan membuat netizen bernostalgia. (Instagram/Nostalgia Sekolah Lama)

Jika smartphone saat ini harus memiliki kuota data untuk menonton TV online, ponsel di atas tidak membutuhkan hal seperti itu. Perangkat dapat digunakan untuk mengatur TV setelah melepas antena atau jika jack headphone dicolokkan ke ponsel.

Namun, penghentian layanan TV analog oleh pemerintah (digantikan oleh TV digital) akan membuat fitur ini tidak tersedia untuk beberapa tahun ke depan.

Seberapa canggih ponsel Anda sekarang, di mana Anda bisa menonton TV menggunakan antena?@iye*_sa*pul*oh9 berkata.

Pada saat tinggiKomentar oleh @pa*le*_19*9.

Saya juga berada di sebuah rumah kos. Kalau di kost tidak ketemu TV yang sama, nonton sendiri di kamar, suaranya keras sekali lagi,@inda*_h*ura_*ho ingat.

Anehnya dia tidak bisa menonton TV pinjaman dan kuota.. hehe@t*iy*ag*s berkomentar. Apakah Anda pernah melewatkan ponsel lama dengan fitur TV analog, apakah Anda memilikinya?


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news