Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Detail Pasar Smartphone di Q2 2022, Pemimpin Samsung dan Apple

Pada Q2 2022, pasar smartphone global menurun secara signifikan.

S Pen pada Samsung Galaxy S22 Ultra. (Samsung)

Kelasmekanik.com – Samsung dan Apple masih menjadi produsen smartphone dengan pangsa pasar terbesar di kuartal kedua 2022 (Q2 2022). Firma riset Canalys memberikan data tentang pertumbuhan pasar smartphone pada periode April hingga Juni 2022.

Menurut Canalys, pasar smartphone global telah mengalami penurunan tajam pada Q2 2022. Dibandingkan dengan kuartal yang sama tahun lalu, hanya Samsung dan Apple yang menunjukkan pertumbuhan.

Produsen yang menduduki posisi lima besar, yakni Xiaomi, Oppo dan Vivo mengalami penurunan tajam. Xiaomi mengalami perlambatan pertumbuhan sebesar 22% dibandingkan tahun lalu.

Oppo dan Vivo mencatatkan penurunan masing-masing sebesar 19 persen dan 10 persen. Dikutip dari GSMArena, China telah mengumumkan beberapa kebijakan lockdown pada kuartal kedua tahun 2022.

Ini akan mengganggu pasar smartphone. Kebijakan tersebut juga berdampak pada produk dalam negeri yang memiliki pangsa pasar besar di China.

Pasar smartphone global pada kuartal kedua tahun 2022. (Saluran)
Pasar smartphone global pada kuartal kedua tahun 2022. (Saluran)

Analis memperkirakan bahwa kekurangan rantai pasokan akan terus menjadi masalah mendesak bagi industri, karena pesanan pasokan terus berkurang.

Pemasok khawatir tentang lebih dari pasokan. Samsung mengirimkan 61,8 juta unit smartphone pada kuartal kedua 2022, menguasai 18 persen pangsa pasar.

Contoh iPhone 13 (pixabay)
Contoh iPhone 13 (pixabay)

Apple memegang pangsa pasar 14 persen dan menempati peringkat kedua dengan total 49,5 juta unit yang dikirimkan. Xiaomi dan Oppo masing-masing mengirimkan 39,6 juta dan 27,3 juta unit pada Q2 2022, sementara Vivo berada di posisi kelima dengan total pengiriman 25,4 juta unit.

Tidak hanya Canalys, perusahaan riset lain seperti Counterpoint dan TrendForce memprediksi pasar smartphone global akan melambat tahun ini.


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news