Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Desktop AMD Ryzen 7000 Series, Prosesor Gaming dengan Arsitektur Zen 4 Resmi Dirilis

Desktop AMD Ryzen 7000 series. (AMD)

Kelasmekanik.com – AMD telah resmi meluncurkan prosesor baru mereka untuk pasar desktop. Yakni, AMD Ryzen 7000 Series yang merupakan arsitektur terbaru untuk perangkat desktop, Zen 4;

Dilengkapi dengan arsitektur Zen 4, prosesor desktop AMD Ryzen 7000 Series ini dikatakan dapat memberikan performa tinggi bagi para gamer, penggemar dan pembuat konten.

Prosesor AMD ini mengandalkan kinerja hingga 16 core, 32 thread, dan node proses TSMC 5nm berkinerja tinggi yang dioptimalkan, prosesor AMD Ryzen 7000 Series menghadirkan kinerja superior dan efisiensi energi terdepan.

Dibandingkan dengan generasi sebelumnya, prosesor AMD Ryzen 7950X memberikan performa single-core hingga +29%, komputasi hingga 45% lebih cepat untuk membuat konten dalam POV Ray, performa game hingga 15% lebih cepat dalam judul tertentu, dan hingga 27% watt lebih baik dalam performa gaming5.

Platform desktop terluas AMD hingga saat ini adalah platform Socket AM5 baru, dengan dukungan jangka panjang hingga tahun 2025.

AMD Ryzen 7000 Series menghadirkan kinerja gaming terdepan, kekuatan luar biasa untuk pembuatan konten, dan skalabilitas superior dengan AMD Socket AM5 yang baru.Kata Moshkalani, Wakil Presiden Senior dan Manajer Umum, Unit Bisnis Pelanggan, AMD.

Dengan prosesor desktop Ryzen 7000 Series generasi berikutnya, kami dengan bangga menjanjikan kepemimpinan dan inovasi yang berkelanjutan dalam menghadirkan pengalaman PC terbaik bagi para gamer dan kreator.Dia melanjutkan.

Prosesor desktop AMD Ryzen 7000 series

AMD Ryzen 7000 Series dengan Zen 4. (AMD)
AMD Ryzen 7000 Series dengan Zen 4. (AMD)

AMD Ryzen 7000 Series sekali lagi menghadirkan peningkatan IPC dua digit di atas “Zen 3” 6, yang semakin memperkuat rekam jejak inovasi, kinerja, dan arsitektur “Zen” pemenang penghargaan.

CPU 5nm x86 kinerja tinggi pertama di dunia, Ryzen 7000 Series ditenagai oleh arsitektur “Zen 4”, memberikan akselerasi luar biasa untuk pembuatan konten mutakhir dan kinerja gaming.

Di bagian atas tumpukan, prosesor 16-core AMD Ryzen 9 7950X memberikan kinerja pembuatan konten hingga 57% lebih baik dalam V-Ray Render versus Competition 7.

Sementara itu, prosesor 6-core AMD Ryzen 5 7600X menghadirkan kinerja gaming rata-rata 5% lebih cepat di judul-judul tertentu dibandingkan prosesor gaming unggulan4.

Peningkatan kinerja yang mengesankan juga disertai dengan peningkatan efisiensi energi yang mengesankan; Prosesor AMD Ryzen 7950X lebih hemat energi hingga 47% dibandingkan para pesaingnya.

Selain core, Prosesor AMD Ryzen 7000 Series memiliki fitur die I/O 6nm yang semuanya baru, encode/decode9 video yang dipercepat perangkat keras, pemrosesan grafis yang disederhanakan, dan dukungan multi-display.

Di seluruh CPU, sejumlah teknologi baru yang digunakan dalam prosesor mobile AMD yang paling efisien memungkinkan prosesor Desktop Ryzen 7000 Series untuk bekerja lebih efisien daripada sebelumnya.

Prosesor Desktop AMD Ryzen 7000 Series diharapkan akan tersedia mulai 27 September untuk pengecer besar dan pengecer di seluruh dunia mulai dari $299.

Perbarui soket AMD AM5

AMD Ryzen 7000 Series dengan Zen 4. (AMD)
AMD Ryzen 7000 Series dengan Zen 4. (AMD)

Dengan diperkenalkannya prosesor desktop Ryzen 7000 Series, AMD meluncurkan platform Socket AM5 baru, yang menawarkan fitur konektivitas canggih seperti memori DDR5 saluran ganda.

Platform AM5 mencakup hingga 24 jalur PCIe 5.0, menjadikannya platform desktop terluas AMD hingga saat ini. Dukungan untuk teknologi baru dan yang sedang berkembang seperti PCIe Gen 5 dan memori DDR5 memberi pengguna lebih banyak pengaruh dengan solusi Socket AM5, mendukung ketahanan platform jangka panjang AMD hingga tahun 2025 dan seterusnya.

Motherboard seri Socket AM5 yang baru memiliki empat chipset baru yang menyediakan fitur dan fleksibilitas yang kuat bagi pengguna. Empat fitur chipset

  • AMD X670 Extreme: Menawarkan konektivitas terbaik dan kemampuan overclocking ekstrim dengan dukungan PCIe 5.0 untuk grafis dan penyimpanan11
  • AMD X670: Mendukung kipas overclocking dengan dukungan PCIe 5.0 untuk penyimpanan dan grafis opsional
  • AMD B650E: Dirancang untuk pengguna kinerja dengan dukungan penyimpanan PCIe 5.0 dan dukungan grafis opsional
  • AMD B650: dirancang untuk pengguna akhir dengan memori DDR5 dan dukungan PCIe 5.0 opsional

Motherboard baru akan tersedia mulai bulan September dengan harga $125, dengan chipset AMD X670 dan X670E tiba pada bulan September, dan chipset AMD B650E dan B650 tiba pada bulan Oktober.

Teknologi AMD Expo

Platform Zen 4. (AMD)
Platform Zen 4. (AMD)

Baru untuk prosesor Desktop Ryzen 7000 Series dan dioptimalkan untuk motherboard AMD Socket AM5, teknologi AMD EXPO menawarkan kepada pengguna pengaturan profil lanjutan untuk overclocking memori DDR51111.

Dioptimalkan untuk gaming berperforma tinggi, konsumen akan merasakan performa gaming hingga 11% lebih cepat dengan teknologi AMD EXPO di F1 202212.

Teknologi AMD EXPO dirancang untuk mencapai performa gaming yang lebih cepat dengan profil overclocking yang telah dikonfigurasi sebelumnya11 dan mudah diterapkan.

Penggemar PC dapat menemukan spesifikasi modul terbaik yang mendukung teknologi AMD EXPO dalam laporan sertifikasi mandiri publik, yang dengan jelas menunjukkan jadwal lengkap modul, komponen, dan konfigurasi sistem yang digunakan untuk melengkapi spesifikasi memori. AMD menyediakan teknologi EXPO kepada mitra memori industrinya tanpa royalti atau biaya lisensi.

Teknologi AMD EXPO hadir ke pasar dengan prosesor AMD Ryzen 7000 Series, dengan penawaran dari ADATA, Corsair, GeIL, G.SKILL dan Kingston. Tersedia lebih dari 15 kit memori yang mendukung teknologi AMD EXPO, dengan kecepatan memori hingga DDR5-6400.


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news