Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Battle Realme Pad Mini WIFI vs Nokia T20, duo tablet murah

Lantas seperti apa spesifikasi Realme Pad Mini WIFI vs Nokia T20 ini? Berikut perbandingan keduanya.

Realme Pad Mini WIFI vs Nokia T20. (HiTekno.com)

Kelasmekanik.com – Realme Pad Mini WIFI dan Nokia T20 hadir untuk menyegarkan pasar gadget Indonesia di segmen tablet terjangkau. Realme Pad Mini WIFI vs Nokia T20 Menarik melihat perbandingan keduanya.

Kedua label murah ini menyasar segmen pasar entry level. Nokia T20 adalah tablet bermerek Nokia kedua setelah kurang lebih tujuh tahun di pasar tablet. Sedangkan Realme Pad Mini WIFI merupakan produk tablet pertama dari Realme.

Battle Realme Pad Mini WIFI vs Nokia T20 Soal harga, Realme Pad Mini WIFI lebih terjangkau. Dari segi desain, keduanya memiliki tampilan yang menyasar anak muda.

Dari segi desain, Realme Pad Mini WIFI terlihat sangat sederhana. Realme Pad Mini memiliki WIFI masih dengan bezel tebal. Kamera depan juga ditempatkan di layar dan bukan di layar. Bagian belakang dihiasi dengan modul kamera persegi panjang yang menampung satu kamera.

Realme Pad Mini WIFI, tersedia dalam warna Biru dan Abu-abu. Sedangkan Nokia T20 mengadopsi desain minimalis khas Skandinavia. Tubuh terbuat dari aluminium. Perangkat ini dikatakan tahan debu dan air dengan sertifikasi IP52. Nokia T20 hadir dalam varian warna Ocean Blue

Lantas seperti apa spesifikasi Realme Pad Mini WIFI vs Nokia T20 ini? Inilah pertarungan Realme Pad Mini WIFI vs Nokia T20 yang telah dirangkum HiTekno.com untuk Anda.

Spesifikasi Realme Pad Mini WIFI vs Nokia T20

Realme Pad Mini WIFI vs Nokia T20.  (HiTekno.com)
Realme Pad Mini WIFI vs Nokia T20. (HiTekno.com)

Secara keseluruhan, ketebalan WIFI Realme Pad Mini adalah 7.66mm. Dimensinya 211,84 x 124,48 x 7,66 mm dan beratnya 327 gram. Realme Pad Mini hadir dengan layar LCD 8,7 inci, resolusi 1340 x 800 piksel, dan rasio layar-ke-tubuh 84,59 persen. Layarnya sendiri memiliki tingkat kecerahan maksimal hanya 360 nits, membuat layar nyaman dilihat di bawah sinar matahari langsung.

Ada mode kenyamanan mata yang dapat mengurangi jumlah cahaya biru untuk mencegah ketegangan mata. Ini juga menawarkan mode membaca di mana tablet tampak berwarna abu-abu saat membaca teks atau buku digital. Anda juga dapat menggunakan mode gelap untuk membuat teks menjadi putih dengan latar belakang hitam.

Nokia T20 berukuran 157,5 mm x 247,6 mm x 7,8 mm dan berat 465 gram. Nokia T20 memiliki panel IPS LCD diagonal 10,4 inci dengan resolusi 1.200 x 2.000 piksel dan rasio layar 5:3. Layar ini mendukung fitur pemutaran video hingga resolusi 2K dan memiliki tingkat kecerahan hingga 400 nits.

Dimana, setiap detail layar terlihat jernih dan impresif. Belum lagi layar tablet ini memiliki sertifikasi low blue light sehingga aman bagi mata setiap pengguna. Dari segi chipset, Realme Pad Mini WIFI ditenagai oleh chipset Unisoc T616 pada 12 nm. Chip ini memiliki CPU dengan kecepatan clock hingga 2 GHz dan GPU Mali G57.

Unisoc T616 pada Realme Pad Mini dipasangkan dengan dua pilihan RAM dan penyimpanan, yakni 3/32 GB dan 4/64 GB. Pengguna dapat memperluas penyimpanan mereka menggunakan kartu microSD hingga kapasitas 1TB. Nokia T20 ditenagai oleh chipset Unisoc T610 dengan clock 1,8 GHz.

Chipset tersebut disandingkan dengan RAM 4GB dan media penyimpanan 64GB yang dapat diperluas hingga 512GB melalui kartu microSD. Jadi Anda tidak perlu khawatir jika Anda mendorong ponsel Anda secara maksimal karena chipset ini sangat kuat.

Kamera dan fitur lainnya Realme Pad Mini WIFI vs Nokia T20

Realme Pad Mini Realme Pad Mini dibanderol dengan harga Rp 2 jutaan.  (Lazada Filipina)
Realme Pad Mini Realme Pad Mini dibanderol dengan harga Rp 2 jutaan. (Lazada Filipina)

Dari sektor kamera, Realme Pad Mini WIFI memiliki kamera belakang 8 MP. Fitur pendukung fotografi yang disertakan oleh Realme untuk tablet ini adalah HDR, Panorama view, Expert, Portrait mode, Burst, Filters, Bokeh beauty mode control. Kamera depan memiliki resolusi 5 MP (F/2.2).

Realme menyertakan banyak fitur termasuk mode potret, mode kecantikan, deteksi wajah, filter, kontrol efek bokeh. Nokia T20 memiliki kamera depan 5MP di sisi panjang, sehingga terlihat seperti webcam di laptop.

Untuk kamera belakang, Nokia T20 hadir dengan lensa 8 MP disertai dengan lampu kilat LED di sudut kiri atas. Selain itu, Realme Pad Mini WIFI dan Nokia T20 juga menyertakan fitur menarik di tablet baru ini. Dari segi kapasitas baterai, Realme Pad Mini WIFI memiliki kapasitas baterai 6.400 mAh dan dikatakan mampu menonton video YouTube online selama 12 jam terus menerus.

Ada fitur pengisian cepat 18W untuk pengisian cepat. Realme Pad Mini juga memiliki fitur Reverse Charging untuk mengisi daya smartphone atau perangkat lain. Fitur lain yang melengkapi Realme Pad Mini antara lain port USB Type-C, audio jack 3.5mm, Bluetooth 5.0, dual stereo speaker dengan sertifikasi Dirac sehingga audio yang dihasilkan dikatakan lebih jernih.

Tablet ini menjalankan sistem operasi (OS) Android 11 dan antarmuka Realme UI for Pad. Nokia T20 memiliki baterai 8.200mAh yang mampu bertahan 7 jam untuk rapat online, 10 jam untuk menonton video, atau 15 jam untuk menjelajah internet. Ada juga fitur pengisian cepat 15W yang memungkinkan pengisian cepat.

Fitur pendukung lainnya pada tablet ini antara lain fitur biometrik face unlock, mode penggunaan tablet khusus Google Kids Space untuk anak-anak, sertifikasi ketahanan terhadap debu dan peringkat IP52. Untuk output audio, terdapat dukungan teknologi OZO Audio, speaker stereo ganda, mikrofon ganda, serta konektor USB Type-C dan jack audio 3,5mm.

Nokia T20 sudah menjalankan sistem operasi (OS) Android 11, yang mendapat tiga tahun pembaruan keamanan dari Google dan dua tahun pembaruan Android.

tablet nokia t20.  (nokia)
tablet nokia t20. (nokia)

Harga

  • Realme Pad Mini WiFi 3GB + 32GB: Rp 2,4 juta
  • Realme Pad Mini WiFi 4GB + 64GB: Rp 2,8 juta
  • Nokia T20: Rp 2,7 juta

Pertempuran itu untuk Realme Pad Mini WIFI vs Nokia T20. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Jadi pilihannya tergantung kebutuhan dan budget Anda.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news