Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Samsung melindungi data pengguna

Samsung Knox, platform keamanan kelas militer terkemuka di industri Samsung.

Samsung Knox. (Samsung)

Kelasmekanik.com – Seungwon Shin VP dan Head of Security Group, Mobile eExperience Business, Samsung Electronics menunjukkan bagaimana perusahaan Korea Selatan ini memperhatikan keamanan data pengguna.

Menurutnya, sekarang adalah waktu yang sangat tepat bagi para pelaku kejahatan siber. Situasi saat ini sangat cocok untuk siapa saja dengan niat buruk dan pengetahuan teknis untuk menjalankannya.

Peningkatan jumlah pekerja jarak jauh berarti lebih banyak orang bergantung pada Wi-Fi publik yang tidak aman. Platform baru seperti blockchain membuat pengguna yang kurang informasi dan bingung menjadi target penipuan.

Serangan siber sedang meningkat. Dan itu bukan hanya tempat yang kita tunggu. Perang dimulai dengan serangan digital pada infrastruktur penting beberapa bulan sebelum serangan fisik.

Semua peristiwa ini terjadi saat ini di mana kita menggunakan ponsel pintar dalam hidup kita. Smartphone telah menjadi dompet, kunci rumah, dan kartu identitas kita.

Satu gangguan dapat menjadi bencana besar, jadi memastikan keamanan perangkat yang kita miliki adalah penting bagi kita. Mari jelajahi hal-hal yang menjaga perangkat tetap aman sehingga Anda dapat keluar dan menikmati dunia dan hidup dalam damai tanpa khawatir data pribadi Anda jatuh ke tangan yang salah.

Apa yang aman… dan tidak aman

Pada titik ini, Anda mungkin berpikir Anda baik-baik saja karena Anda telah mengambil tindakan pencegahan yang wajar. Namun, ada banyak kesalahpahaman umum tentang keamanan.

Anda tidak mengizinkan aplikasi membagikan nama, email, atau kebiasaan Anda. Mereka bahkan menonaktifkan izin pelacakan aplikasi. Bagus, tapi bukan berarti data pengguna aman. Jangan bingung antara privasi dan keamanan.

Ini seperti menutup tirai rumah jika seseorang mengetuk pintu. Mereka pikir mereka telah memilih ekosistem seluler yang aman, yang mirip dengan taman bertembok.

Tetapi peretas terus beradaptasi dengan target mereka. Wi-Fi tanpa jaminan, penipuan rekayasa sosial—terlepas dari jenis ekosistemnya, ini adalah ancaman nyata.

Anda belum membuka lampiran email yang mencurigakan. Ada serangan ‘zero-click’ yang merusak perangkat, yang bagus tapi tanpa interaksi pengguna.

Itulah yang terjadi dengan Pegasus, spyware yang mengeksploitasi kelemahan dalam sistem pesan populer. Yang diperlukan hanyalah pengguna menerima pesan, dan peretas akan masuk. Rasa aman yang lebih besar daripada kenyataan menyebabkan ketidakpedulian – itulah yang diandalkan oleh penjahat dunia maya.

Sangat mengkhawatirkan untuk berpikir bahwa ada begitu banyak ancaman dan tidak ada tempat yang aman. Tapi itulah yang mengilhami karya Samsung Knox, platform keamanan kelas militer terkemuka di industri Samsung yang disetujui oleh pemerintah di seluruh dunia.

Samsung mendapatkan kepercayaan pada tingkat ini melalui pendekatan multi-segi dan berbagai tingkat perlindungan: kolaborasi terbuka, keamanan perangkat keras dan perangkat lunak terintegrasi, dan perlindungan waktu nyata.

Seungwon Shin, Wakil Presiden dan Kepala Grup Keamanan, Bisnis eExperience Seluler, Samsung Electronics.  (Samsung)
Seungwon Shin, Wakil Presiden dan Kepala Grup Keamanan, Bisnis eExperience Seluler, Samsung Electronics. (Samsung)

Percaya pada kerjasama

Jika ada satu hal yang kami pelajari dari pekerjaan Seungwon Shin dengan INTERPOL, kami lebih kuat dan lebih aman ketika kami bekerja sama. Kepercayaan dibangun melalui kolaborasi terbuka. Itu adalah keuntungan besar dari ekosistem Android.

Siapa pun dapat mengakses kode sumber OS Android, memungkinkannya untuk ditingkatkan secara kolaboratif. Hal ini memungkinkan beberapa pemain terbesar dalam teknologi untuk memeriksa kesenjangan – dan bekerja sama untuk meningkatkan kemampuan mereka.

Samsung bangga dengan model kemitraan dan kolaborasi terbuka ini, di samping upaya internal Samsung untuk terus memperkuat sistem mereka.

Itulah sebabnya Samsung bekerja sama dengan Google dan menyelenggarakan pertemuan keamanan rutin untuk saling berbagi informasi ancaman. Samsung juga bekerja dengan ratusan mitra untuk menstandardisasi keamanan untuk Android.

Perangkat Samsung Galaxy sendiri mendapat manfaat dari komunitas besar yang mendukung ekosistem perusahaan. Samsung bekerja dengan akademisi dan peretas topi putih melalui Program Hadiah Keamanan Seluler untuk mengidentifikasi dan memperbaiki potensi kerentanan melalui pembaruan keamanan rutin, dan telah memberikan lebih dari $3,5 juta untuk menghargai kolaborasi berharga mereka.

Dengan cara ini, kami dapat mengidentifikasi kerentanan dengan lebih baik atau memprediksi masalah sebelum terjadi. Lebih banyak mata, lebih banyak kepala, resolusi lebih baik. Membuka ekosistem Samsung tidak berarti lebih banyak kerentanan, tetapi praktik keamanan yang lebih kuat dan lebih beragam.

Pendekatan aliran top-down terintegrasi

Ini bukan hanya tentang perangkat lunak. Samsung memonitor setiap komponen dari prosesor- Samsung dapat menjadi perusahaan global terkemuka yang merancang dan memproduksi produknya sendiri.

Dengan perangkat keras keamanan yang dirancang khusus dan perangkat lunak independen yang terintegrasi ke dalam portofolio dan rantai pasokan, Anda aman sejak hari pertama menggunakan produk Anda.

Itulah sebabnya Samsung dapat menjamin integritas perangkat: perlindungan menyeluruh di setiap tingkat pengalaman seluler, mulai dari chip dalam produk hingga aplikasi yang Anda gunakan.

Saat orang kembali ke dunia luar, ada bahaya baru yang harus diwaspadai. Itulah sebabnya Samsung baru-baru ini melangkah lebih jauh dengan Knox Vault dengan menggabungkan prosesor aman dengan chip memori aman terbaru untuk melindungi data terpenting Anda (seperti PIN, kata sandi, biometrik, sertifikat digital, dan kunci kriptografi). Untuk memastikan bahwa perangkat tidak pernah jatuh ke tangan yang salah.

Misalnya, jika risiko keamanan yang signifikan terdeteksi pada perangkat, Samsung Knox mengunci layanan sensitif seperti Samsung Pay dan Samsung Pass untuk menyimpan data pengguna dengan benar: hanya untuk mata pengguna.

Perlindungan setiap saat

Jika Anda seperti Seungwon Shin, Anda mungkin tidak terlalu sering mematikan ponsel. Inilah bagaimana beberapa orang mendapat masalah: Beberapa perusahaan percaya bahwa melakukan pemeriksaan keamanan saat telepon dihidupkan sudah cukup. Itu sebabnya Samsung menjaga pengalaman seluler pengguna bahkan setelah diluncurkan. Penyerang tidak beristirahat, jadi kami juga.

Samsung berkomitmen untuk memberikan perlindungan real-time kepada pengguna. Setelah diluncurkan, teknologi Real-Time Kernel Protection (RKP) dan Defeat Exploit (DEFEX) Samsung terus bekerja untuk mendeteksi dan mencegah perubahan yang mencurigakan atau tidak sah pada izin pengguna.

Samsung terus memantau ancaman dan bahkan memiliki respons risiko dan tim manajemen yang menggunakan pembelajaran mesin untuk memprediksi ancaman di masa depan.

Dan sementara banyak orang membeli ponsel baru setiap tahun, banyak yang suka menggunakan ponsel mereka untuk waktu yang lama. Itu sebabnya Samsung merilis pembaruan keamanan reguler untuk memperbaiki kerentanan apa pun lima tahun setelah peluncuran perangkat.

Dalam lanskap keamanan siber yang terus berubah ini, orang-orang yang ingin menggunakan ponsel mereka sebanyak mungkin harus setara dengan orang-orang yang memiliki model terbaru.

Privasi diperlukan, keamanan diperlukan

Gabungkan semuanya dan Anda memiliki pengalaman seluler yang aman bagi para pemimpin dunia. Ini adalah fondasi keamanan yang dibangun di atas kolaborasi terbuka dan validasi industri, didukung oleh perlindungan perangkat keras dan perangkat lunak terkuat yang pernah dibuat. Ini adalah keamanan yang Anda butuhkan.

Hanya dengan keamanan yang komprehensif, siapa pun dapat memberikan privasi transparan pada tingkat yang sesuai dengan prioritas setiap pengguna.

Apa yang Anda lakukan dengan privasi itu adalah pilihan Anda. Anda bebas menciptakan pengalaman seluler Anda sendiri, mengetahui bahwa Samsung selalu ada untuk melindungi Anda.

Dunia lebih terhubung dan lebih berbahaya dari sebelumnya. Tapi ada lebih banyak kemungkinan. Prioritas Samsung adalah melindungi Anda saat Anda menjelajahi pengalaman baru. Dengan Samsung Galaxy, Anda bebas menjalani kehidupan dengan privasi yang Anda inginkan dan keamanan yang Anda inginkan.


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news