Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alasan memperlambat putaran mesin dan cara mengatasinya

autoilenia.com – Sepeda motor yang sulit dihidupkan saat diperbaiki terjadi pada sepeda motor yang masih menggunakan model karburator dan biasanya jenis karburator. Sepeda motor Ini adalah tahun produksi terakhir. Karena saat ini jenis sepeda motor sudah banyak menggunakan jenis yang modern yaitu injeksi yang sistemnya sangat rumit.

Jenis injeksi memiliki banyak keunggulan selain untuk menghindari atau mencegah mesin menjadi lambat. Memang benar tipe injeksi jarang terjadi, sulit untuk menurunkan kecepatan, berbeda dengan tipe mesin lama. Namun bagi anda yang masih menggunakan mesin tipe lama dengan karburator, jika anda bisa menemukan mesin yang tidak lemot, anda bisa mengalahkannya dengan cara berikut ini.

Alasan memperlambat putaran mesin dan cara mengatasinya

Sulit untuk memperlambat penyebab mesin

Mesin yang sulit untuk idle biasanya menjadi penyebab utama bodi karburator, namun bisa juga karena alasan lain, misalnya:

1. Karburator kotor

Pastikan bagian karburator dibersihkan selama perawatan atau servis, hal ini untuk menghindari saat engine test terjadi tanpa penundaan. Jika masih ada kotoran atau kerak yang menempel di bagian dalam karburator dan pada pilot jet, main jet dan komponen kecil lainnya, semuanya harus dalam kondisi bersih bebas dari debu dan kotoran.

Baca Juga : Penyebab Engine Thrust Hilang dan Cara Mengatasinya

2. Saringan udara

Lakukan pembersihan pada material filter/filter udara. Semprotkan sampai bersih dan jika lapisannya tebal dan sulit dibersihkan lebih baik diganti dengan yang baru. Hal ini agar tidak sulit untuk memperlambat mesin nantinya, karena udara yang masuk ke karburator tertutup.

Baca juga : Penyebab Engine Drag dan Cara Mengatasinya

3. Pengaturan udara dan bahan bakar tidak sesuai pada karburator

Jika proses pembersihan karburator selesai, filter udara juga dibersihkan dan semua komponen dipasang kembali di sirkuit, maka langkah terakhir adalah menguji semua komponen dan mesin.

Nyalakan mesin, tarik throttle dan lepaskan perlahan, lalu perhatikan apakah mesin lambat atau tidak dengan suara mesin, jika tidak, coba sesuaikan di antara keduanya. Pakaian udara dengan Setelah bahan bakar Di karburator. Sesuaikan kedua komponen secara perlahan dengan memutar main jet udara dan bensin sampai Anda mendapatkan tarikan gas dan suara mesin yang tepat dan Anda mendapatkan mesin sepeda motor yang halus.

Begitulah. Cara mengatasi mesin lambat Semoga membantu, serta penyebabnya.


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news