Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengatasi Mesin Motor Tidak bisa Hidup

kelasmekanik.com – Sepeda motor yang sulit dihidupkan saat diperbaiki terjadi pada sepeda motor yang masih menggunakan model karburator dan biasanya jenis karburator. Sepeda motor Ini adalah tahun produksi terakhir. Karena saat ini jenis sepeda motor sudah banyak menggunakan jenis yang modern yaitu injeksi yang sistemnya sangat rumit.

Selain untuk menghindari atau mencegah mesin menjadi lambat, tipe injeksi memiliki banyak kelebihan. Benar, tipe injeksi jarang terjadi, sulit untuk menurunkan kecepatan, berbeda dengan tipe mesin lama. Namun bagi anda yang masih menggunakan mesin tipe lama dengan karburator, jika anda menemukan mesin yang tidak lemot, anda bisa mengalahkannya dengan cara berikut ini.

Can't run mesin dan cara mengatasinya

Sulit untuk memperlambat penyebab mesin

Mesin yang sulit berputar biasanya menjadi penyebab utama bodi karburator, namun bisa juga disebabkan oleh faktor lain, seperti:

1. Karburator kotor

Pastikan bagian karburator dibersihkan selama perawatan atau servis, hal ini untuk menghindari saat engine test terjadi tanpa penundaan. Jika masih ada kotoran atau kerak di bagian dalam karburator dan pada pilot jet, main jet, dan komponen kecil lainnya, semuanya harus dalam kondisi bersih, bebas dari debu dan kotoran.

2. Saringan udara

Lakukan pembersihan pada material filter/filter udara. Semprotkan sampai bersih dan jika lapisannya tebal dan sulit dibersihkan lebih baik diganti dengan yang baru. Hal ini agar tidak sulit untuk memperlambat mesin nantinya, karena udara yang masuk ke karburator tertutup.


3. Setting udara dan bahan bakar pada karburator tidak sesuai.

Jika proses pembersihan karburator selesai, filter udara juga dibersihkan dan semua komponen disetel kembali ke sirkuit, maka langkah terakhir adalah menguji semua komponen dan mesin.

Nyalakan mesin, tarik throttle dan lepaskan perlahan, lalu perhatikan apakah mesin lambat atau tidak dengan suara mesin, jika tidak, coba sesuaikan di antara keduanya. Pakaian udara dengan Setelah bahan bakar Di karburator. Sesuaikan kedua komponen secara perlahan dengan cara memutar udara main jet dan bensin hingga mendapatkan tarikan throttle yang tepat dan suara mesin yang pas, sehingga didapatkan mesin sepeda motor yang halus.